12 Pemain Dota 2 Terbaik di SEA - Asia Tenggara Tahun 2021

12 Pemain Dota 2 Terbaik di SEA Tahun 2021

Beberapa pemain muda Dota 2 Asia Tenggara (SEA) telah menunjukkan keterampilan terbaik dan mengangkat level permainan mereka ke tingkat lebih tinggi. Ada yang unjuk gigi dengan permainan tajam maupun kecermatan pengambilan keputusan dan menunjukkan pemahaman menyeluruh tentang permainan dan meta. Selain itu, beberapa pro player veteran juga tampil konsisten.

Perkembangan scene pro DOta 2 di region SEA selalu menarik diikuti. Dengan kembalinya The Dota Pro Circuitmemberikan platform bagi para pemain di Divisi Bawah dan Atas untuk benar-benar menunjukkan bakat dan keterampilan mereka kepada komunitas global Dota 2. Berikut adalah 11 pemain Dota 2 SEA yang tampil brilian pada tahun 2021.

a dota 2 wallpaper 05b05

600px DPC 2021 SEA lightmode c349c

Pemain Dota 2 Terbaik di SEA pada tahun 2021

10. Armel

Menuju tahun 2021, Armel Paul "Armel" Tabios, bisa dibilang sebagai midlaner terbaik di Asia Tenggara, berkat penampilannya yang luar biasa pada tahun 2019 dan 2020. Armel pun berhasil menjaga konsistensi permainannya pada tahun 2021. TNC Predator tetap menjadi tim kuat di SEA namun sayang mereka gagal mencapai TI10. Meski begitu, Armel tetap menjadi pemain midlane yang andal sepanjang tahun.

armel dota 2 9d36a

Dalam pertandingan di mana dia berhasil unggul, Armel akan dengan mudah membawa tim memimpin di peta, tetapi ia juga sering tertantang dalam pertarungan skill atau adu mekanik, apakah dengan beberapa permainan clucth, rotasi dari support, atau gank di sekitar peta, dia memastikan untuk selalu membuat kehadirannya dikenal dalam permainan, terutama ketika dia menggunakan hero signature-nya seperti Puck atau Templar Assassin.

Kini setelah bergabung ke Fnatic, Armel belum mencapai permainan terbaiknya. Dia masih memiliki kapasitas menunjukkan skill dan itu hanya soal waktu sampai ia menemukan ritmenya dalam lineup baru.

BACA JUGA: Main 77 Game Pub Dalam Delapan Hari Terakhir, Ana Bakal Comeback?

9. Skem
Rolen Andrei Gabriel "skem" Ong mungkin telah memainkan beberapa role berbeda dan menjadi kapten regunya untuk meraih banyak kemenangan di tahun 2021. Sebelum tahun ini, pemain Filipina itu telah berpindah dari satu tim ke tim lain di SEA bahkan pernah bermain untuk tim Amerika Utara Complexity Gaming hingga bernaung bersama OB.Neon.

skem 3 c77f0

Bersama SKem, performa OB Neon meningkat tajam di DPC 2021-22, lolos ke Major dan menampilkan penampilan luar biasa untuk menempati posisi 5-6. Sayangnya, itu adalah puncak mereka. OB.Neon merosot di musim berikutnya, gagal lolos ke TI10, setelah itu skem bergabung dengan BOOM Esports.
Bersama BOOM Esports, Skem tampil sangat baik, memenangkan 16 dari 19 seri, membawa BOOM menjadi salah satu tim terbaik di kawasan ini menuju 2022. Skem telah membuktikan kapasitasnya menjadi kapten dan menunjukkan penguasaannya pada dukungan seperti Weaver dan Enchantress.

8. Raven
Marc Polo Luis "Raven" Fausto bisa dibilang salah satu carry klasik di region SEA. Pemain carry paling berpengalaman di wilayah ini, dan tetap menjadi salah satu kekuatan untuk Fnatic pada tahun 2021. Permainan carry-nya yang mulus sangat menyenangkan untuk ditonton. Dalam permainan Fnatic rata-rata, Raven tenang melakukan farming saat timnya bermain di seluruh peta, memberikan ruang untuknya dan akhirnya membuat lawan kewalahan. Pola farming dan pengambilan keputusan menjadikan Raven salah satu carry terbaik di wilayah ini.

raven dota 2 03450

Sementara Fnatic mungkin tidak mencapai penyelesaian yang diinginkan di TI10, pilihan tim untuk mempertahankan carry bintang mereka menunjukkan kepercayaan pada pemain dan dapat terbukti bermanfaat saat kita memasuki tahun 2022.

7. Xepher
Kenny "Xepher" Deo mungkin tidak seeksplosif beberapa pemain posisi empat lainnya di luar sana, tetapi ia terus menjadi salah satu pendukung paling andal. Selain skill individu, koordinasi yang baik dengan rekan kompatriotnya Whitemon berjalan mulus untuk bertukar posisi dengan sesama pemain Posisi 5. Dengan hero pool luas dan spesialisasi pada hero tertentu Xepher bisa memberi keuntungan bagi tim dalam fase draft. Xepher memainkan Treant Protector atau Lion yang tidak mengharuskannya terlihat mencolok dan melakukan pekerjaannya dengan tenang, konsisten, dan sempurna. Tetapi pada kesempatan langka, Xepher harus menunjukkan keahliannya dengan Rubick atau Earthshaker.

Xepher DOTA 2 b2bf9

Pengetahuan yang ditunjukkan Xepher tentang permainan selain penampilannya di tahun 2021 membuatnya menjadi bagian penting dari kesuksesan T1 tahun ini. Dia sangat disiplin dalam menjalankan perannya, terlepas dari tugas yang dihadapi - mempertahankan tower, mengisisiasi war, atau menyelamatkan teman.

6. Tims
Timothy John "Tims" Randrup membuktikan keunggulannya sebagai pemain posisi empat. Sementara sebagian besar veteran dibayangi oleh rekan-rekan mereka yang lebih muda, Tims bertahan dan melanjutkan permainan berkelas.

Tims neon d57f8

Dengan menjadi master dalam perannya, Tims mampu membantu rekan laningnya dan memberikan ruang ke jalur lain dengan rotasinya. Tims mengalami tahun yang mengecewakan dengan TNC Predator, karena tim tidak memenuhi syarat untuk TI10, setelah itu, ia meninggalkan organisasi yang telah dibelanya selama lima tahun.
Kini bersama BOOM Esports, Tims unjuk kemampuan terbaiknya dan berusaha untuk melanjutkan perfoma demi target juara dan lolos ke TI di tahun 2022.

BACA JUGA: Inilah Pro Player Dota 2 yang Paling Bersinar di Tahun 2021

5. 23savage
Nuengnara "23savage" Teeramahanon telah memberikan beberapa penampilan spektakuler untuk Fnatic pada tahun 2020. Namun ada pertanyaan tentang konsistensinya dan apakah ia bisa bersinar dalam situasi tekanan tinggi. 23Savage menjawab dengan tegas 'ya' saat ia tumbuh secara dramatis tahun ini dengan penampilan yang sangat andal, menjadikannya pemain carry SEA terbaik tahun 2021.

23 savage dota 2 fd852

Sebagai carry, 23savage memiliki semua atribut yang diperlukan. Dia memainkan laning dengan sempurna, memaksimalkan farming, menghindari gank musuh dengan posisi yang bagus, dan memberikan semacam penampilan teamfight yang dicari semua tim dari carry. Tapi apa yang membuatnya benar-benar luar biasa adalah secara ajaib menyulap farming bahkan ketika timnya berada dalam posisi yang sangat tidak menguntungkan. Sering kali musim ini, T1 harus mengandalkan 23savage jika mengalami kesulitan pada mid game, dan lebih sering daripada tidak, pro player Thailanfd itu menjawab panggilannya.

4. Yopaj
Tampil di TI10 dan memberikan beberapa permainan gemilang, Erin Jasper "Yopaj" Ferrer muncul menjadi midlaner elite di SEA. Yopaj adalah salah satu midlaner paling mematikan dan konsisten, menghancurkan lawan satu demi satu. Keterampilan mekaniknya tidak dapat disangkal, tetapi yang membedakannya dari pemain lainnya adalah kemampuan permainan solo.

yopaj boom esports 36a29

Sudah menjadi tugas Yopaj untuk menghancurkan lawannya di midlane di banyak game OB.Neon dan BOOM Esports dan kemudian pemain terus bergerak di sekitar peta, mengumpulkan pembunuhan demi pembunuhan. Bagi sebagian orang, melakukan manuver balik yang luar biasa, pertarungan tim yang menakjubkan permainan yang digabungkan dengan beberapa pembunuhan solo yang spektakuler adalah kejadian yang jarang terjadi, tetapi bagi Yopaj, itu adalah hal yang biasa.

Satu-satunya alasan dia tidak menempati peringkat lebih tinggi dalam daftar ini adalah kurangnya gelar utama secara keseluruhan pada tahun 2021. Yopaj kini bermain untuk BOOM Esports yang sedang dalam performa bagus dengan meraih empat kemenangan dalam empat seri di DPC 2021-22. Dia telah mengamankan beberapa kemenangan turnamen pihak ketiga dengan lineup baru. Akan menarik untuk melihat apakah itu berarti kesuksesan di DPC pada tahun 2022.

3. Whitemon
Kemajuan Matthew "Whitemon" Filemon pada tahun 2021 sangat menginspirasi untuk ditonton. Dia datang ke tahun sebagai pemain yang relatif tidak dikenal dan muncul sebagai pemain posisi lima yang membuat iri setiap carry. Selain kecemerlangan individu dalam fase laning, Whitemon menampilkan indra keenam untuk mendeteksi rotasi dan gank dan telah membuat permainan support advance seperti menangkal dan rotasi tepat waktu menjadi sebuah pertunjukan seni.

Whitemon The International 2021 c9aee

Meskipun bermain di peran posisi 5 dan farming yang relatif rendah, Whitemon masih sering mengubah arah permainan di tahun 2021 dengan penyelamatan penting dengan hero seperti Abaddon, inisiasi perubahan permainan dengan Lion atau bahkan dengan kehadiran laning yang mengesankan di Enchantress. Bersama Xepher, Whitemon melakukan pekerjaan mengagumkan yang membuka jalan bagi keberhasilan T1 di tahun 2021.

2. Kuku
Carlo “Kuku” Palad mulai kesohor saat mengalahkan OG dengan Huskar-nya di playoff TI6 menjadi salah satu pembawa obor paling terkemuka di Asia Tenggara. Posisinya sebagai kapten T1 membawa konsistensi pada tahun 2021. T1 kedodoran saat Kuku tidak bisa ikut ke Singapore Major, menunjukkan betapa pentingnya peran pemain Filipina dalam lineup.

kuku T1 75753


Selanjutnya T1 berhasil tampil di WePlay Anmajor dan berangkat ke The International 10, menyuguhkan permainan yang memukau publik global.
Sikap ramah dan rendah hati membuat Kuku disebut Guru dan dipercaya untuk semua draft. Meskipun T1 tidak selalu memiliki tahapan laning terbaik, mereka secara luar biasa mampu membalikkan keadaan selama pertarungan tim, mengeksekusi comeback yang mulus seperti yang dilakukan T1 benar-benar luar biasa. Penting untuk memiliki kapten yang baik, seseorang yang tahu persis apa yang perlu dilakukan. Untuk T1, Kuku adalah pemain cerdas yang sangat penting dalam melakukan comeback yang begitu dramatis.

1. Karl
Karl menjadi sorotan dalam penampilan gemilang T1 pada tahun 2021. Sepanjang tahun ini, Karl mendorong batas dengan upayanya yang agresif namun penuh perhitungan untuk mengejar dan mendapat kill musuhnya. Ini sebagian besar waktu 'make or break' di midlane dan dia sering benar-benar licin dengan hero seperti Batrider atau Puck, memungkinkan T1 tenggelam ke zona nyaman mereka.

karl T1 b76ac

Karl tidak hanya melakukan pekerjaan yang luar biasa di midlane pada fase laning, tetapi ia juga mengatur tempo fase awal hingga pertengahan permainan dengan rotasinya terbukti sangat penting untuk rencana permainan tim.
Seperti pemain T1 lainnya, Karl juga salah satu yang terbaik di wilayah ini dalam hal memahami situasi dalam permainan. Seiring berjalannya waktu, keterampilannya semakin matang, menjadikannya pemain terbaik SEA di tahun 2021.

Honorable Mention

DJ - Fnatic
Dibandingkan dengan standar biasanya, Djardel Jicko B. "DJ" Mampusti, tidak memiliki tahun yang hebat di kancah Dota 2. Meskipun dia berhasil menampilkan beberapa pertunjukan yang memukau sepanjang tahun, DJ kurang berhasil menjaga konsistensi permainan. Penyebab utama di balik penurunan performa yang tiba-tiba ini adalah peralihannya ke posisi lima dari peran awal tahun ini. Akibat peralihan ini, ia tidak dapat memanfaatkan kemampuannya yang terkenal untuk membuat permainan dan mengatur tempo pada posisi keempat.

DJ fnatic 49d04

Namun demikian, berkat semua pengalaman yang diperolehnya selama bertahun-tahun, DJ masih menjadi salah satu dari lima pemain terbaik di wilayah ini dan terbukti sangat penting dalam memungkinkan Fnatic lolos ke TI10. Terbukti dalam perubahan roster setelah TI10, DJ tetap bertahan di Fntic untuk musim DPC 2021.

inYourDream - Galaxy Racer
Setelah hengkag dari T1 di tahun 2020, Muhammad "inYourDream" Rizky bergabung dalam project team Zero Two untuk engikuti beberapa turnamen hingga pergantian tahun. Memasuki DPC 2021, IYD berlabuh ke tim Galay Racers.

inYourdreaM sea 1a555

Bersama Jocham, dua indopride berkiprah di lower division. Galaxy Racers berhasil mengukir prestasi saat menjuarai BTS Pro Season 7 pada Agustus 2021. Setelah organisasi melakukan merger, tim Galaxy Nigma akan bersaing di DPC 2021-22 SEA.

Ikuti terus info terbaru seputar Dota2 dan berita esports terlengkap di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya: 

Team Liquid Jadi Yang Pertama Lolos ke Major DPC 2021-22 

 
 
LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!