Bukan Cuma di Indonesia Aja, Depth Esports Putus Kontrak Roster CSGO Karena Perilaku Tidak Terpuji!

Perbuatan tercela bisa dilakukan siapa aja, bahkan pro player dari Amerika Serikat!
by Seno Aji
Depth Esports

Masih ingat kasus tentang tindakan tidak terpuji yang baru-baru ini menimpa beberapa atlet esports dan organisasi esports di Indonesia? Ternyata hal ini enggak cuma terjadi di Indonesia lhi! Baru-baru ini sebuah organisasi esports di Amerika Serikat baru saja memutuskan kontraknya dengan seluruh roster Counter Strike: Global Offensive (CS:GO) yang dimilikinya karena perbuatan toxic dan rasis.

Depth Esports, sebuah organisasi esports yang berbasis di Amerika Serikat baru saja melepas roster CS:GO yang mereka miliki. Roster Depth Esports yang sedang berlaga di FACEIT Pro League (FPL) ini dilepas karena perbuatan tidak terpuji, yaitu perilaku toxic dan rasis yang dilakukan oleh oknum mantan pemain mereka.

Tuduhan ini bukanlah sebuah tuduhan kosong belaka. Anggota komunitas CS:GO di Amerika Serikat bahkan memberikan bukti-bukti yang menunjukkan kesalahan mereka. Perlakuan toxic dan rasis ini bahkan sampai di-iya-kan oleh Jonathan "EliGE" Jablonowski yang bermain untuk Team Liquid. EliGE mengatkan bahwa mereka (oknum mantan pemain Depth Esports) adalah orang-orang paling toxic dan rasis yang pernah saya kenal di hidup saya”.

BACA JUGA: Tim CSGO Paper Rex Bubar, Roster CSGO Pindah ke Divisi Valorant

Sebelum pernyataan resmi pemutusan kontrak yang dilakukan oleh Depth Esports terhadap rosternya keluar, FACEIT selaku penyelenggara FACEIT Pro League langsung mengambil keputusan tegas. Melalui Product Lead for FPL Circuit NA, yaitu Amir, FACEIT langsung melarang roster Depth Esports yang bermasalah tersebut untuk berkompetisi tanpa adanya kemungkinan untuk kembali bertanding di FACEIT Pro League pada masa depan.

Nama-nama pemian yang dilepas oleh Depth Esports adalah sebagai berikut

  • Ethan “reck” Serrano
  • Shane “shane” Dressler [Dilarang dan dikeluarkan dari FPL Circuit]
  • Derek “dare” Brown [Dilarang dan dikeluarkan dari FPL Circuit]
  • Wyatt “snav” Phillippi [Dilarang dan dikeluarkan dari FPL Circuit]
  • Kyle “KEL” Murray

Menurut laporan dari komunitas CS:GO di Amerika Serikat, beberapa mantan member Depth Esports ini memang sudah terkenal rasis dan toxic sejak mengikuti FPL Circuit Amerika Utara. EliGE bahkan memberikan beberapa bukti yang menguatkan pernyataannya tentang sifat toxic dan rasis yang diterima oleh pemain lainnya di FPL Circuit.

Amir lalu menambahkan beberapa pernyataan atas kasus ini, yaitu

  1. FPL sudah menerima beberapa laporan tentang kasus ini sejak September 2020, tetapi kekurangan buki.
  2. Ketika ada laporan tentang tindakan toxic dan rasis, pelapor tidak dapat memberikan bukti screenshoot, sehingga FACEIT kesulitan untuk memproses kasus tersebut.
  3. Mengapresiasi yang dilakukan oleh EliGE karena telah berani terbuka dan memberikan bukti untuk memberikan titik terang dan bukti atas kasus dan tuduhan ini.
  4. FPL mengakui bahwa hak tersebut adalah kesalahan dan keluputan mereka. FPL berjanji akan memperketat pengaturan dan pengawasan terhadap perilaku-perilaku toxic dan rasis serta hukuman dan peraturan yang akan diterima oleh pemain jika melakukan tindakan toxic dan rasis.

Tetapi tidak semua pemain Depth Esports mendapatkan tuduhan ini, salah satu member yang tidak bersalah dari roster ini adalah Ethen “reck” Serrano. Tetapi Jonathan – Pendiri dan CEO Depth Esports mengatakan meskipun reck tidak bersalah, dia memilih untuk memutus kontrak semua pemain dalam roster ini untuk mencegah permasalahan lebih lanjut.

dpth esports rekt innocence a328b

Meskipun kasus yang terjadi di Indonesia enggak separah kasus Depth Esports, tetapi perlu diingatkan kembali, bahwa sikap, sopan santun, dan emosi sebagai pemain professional tidak boleh menciderai kompetisi dan kesenangan yang dihadirkan oleh esports manapun. Meski seseorang lebih jago/sedang kalah banget, menjaga sikap saat berkompetisi menjadi lebih penting dari apapun!

Ikuti terus info terbaru seputar CSGO dan berita esports terlengkap di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian! 

Baca selanjutnya: Alliance Akhirnya Gabung Scene Valorant di Eropa

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!