PUBG Mobile Dibanned, Tencent Rugi 34 Miliar USD Dalam Dua Hari

| LigaGame

Share This

pubg-mobile-dibanned-tencent-rugi

Tahun ini merupakan waktu yang sangat buruk untuk perusahaan teknologi raksasa Cina Tencent. Baru saja bulan lalu, perusahaan tersebut mengalami penurunan nilai pasar drastis setelah Amerika Serikat memblokir penggunaan aplikasi WeChat milik Tencent karena alasan keamanan nasional. 

Beberapa hari lalu, pemerintah India mengumumkan secara resmi untuk memblokir PUBG Mobile di India. Hanya dalam jangka waktu dua hari, perusahaan teknologi tersebut kehilangan lebih dari 34 miliar USD (sekitar 500 triliun rupiah) dari nilai pasarnya. 

BACA JUGA: PUBG MOBILE DI BANNED DI INDIA, SERTA 117 APLIKASI LAINNYA DARI CINA

Selain PUBG Mobile, beberapa game populer dari Tencent seperti Chess Run, Arena of Valor, dan Ludo World juga di banned oleh pemerintah India, dan tentunya berkontribusi terhadap penurunan nilai pasar saham perusahaan tersebut. 

 

PUBG Mobile merupakan salah satu game mobile paling populer di India dengan jumlah sekitar 30 juta pengguna aktif harian. Sejak perilisan di tahun 2018, game ini menjadi bahan bincangan banyak orang. Saking populernya, di India terdapat restoran bertema PUBG.

Berdasarkan Senso Tower, di bulan Agustus India memiliki 4,38 juta unduhan. Angka ini meliputi seperempat dari pemain PUBG Mobile di seluruh dunia. 

Namun dari segi penghasilan, negara Cina menempati kedudukan teratas dengan kontribusi sebesar 154,5 juta USD atau 60% dari pendapatan Tencent melalui PUBG di bulan Agustus. Sedangkan India hanya berkontribusi sekitar 1% atau 1,5 juta USD. Walau dalam nilai persentase tidak terlihat banyak, nilai saham Tencent terbukti terus merosot sejak pemblokiran game battle royale tersebut.

Untuk sementara ini, PUBG Mobile masih bisa dimainkan dalam ponsel yang sudah ada aplikasi game tersebut. Namun, PUBG Mobile sudah dihapus dari Apple Store dan Google Play Store India. Dalam beberapa waktu ke depan, ISP India akan diblokir.

BACA JUGA: PUBG MOBILE ANTI-CHEAT: LEBIH DARI 2 JUTA AKUN DAN 1,4 JUTA PERANGKAT DI BANNED


Untuk berita esports terbarunya, jangan lupa follow Ligagame Esports

Tertarik nonton turnamen esports? Subscribe Facebook dan Youtube Ligagame Esports saja yuk! Bakal ada siaran gaming baru setiap hari yang pastinya gak membosankan!

 

pubg-mobile-ligagame-esports

Follow Us