Barcelona Siap Terjun Ke Dunia Esports, Kolaborasi dengan Tencent Untuk Konten League of Legends

by Ligagame
barcelona-kolaborasi-dengan-tencent

Klub sepak bola asal Spanyol, FC Barcelona mengumumkan akan menjalin kerja sama strategis dengan perusahaan konglomerat teknologi dan gaming terbesar dari Cina, Tencent. 

 

Kolaborasi ini merupakan prakarsa Barcelona untuk melebarkan sayap dalam bisnis olahraga elektronik (esports), salah satu industri global yang berkembang pesat beberapa tahun ini. Meski telihat adanya dampak ekonomi dari pandemi COVID, pasar esports tetap bertumbuh dan menghasilkan pendapatan sekitar 1,05 miliar USD di tahun ini. 

Namun, ini bukanlah pertama kalinya Barcelona menjelajahi dunia esports. Sebelum kolaborasi tersebut, klub sepak bola ini sudah mempunyai dua tim esports yang sempat bertanding dalam Rocket League dari Psynoix dan eFootball PES 2020 dari Konami. 

Menurut Barcelona, kerja sama dengan Tencent ini akan mengembangkan dan membangun eksistensi esports untuk organisasi sepak bola tersebut. Kolaborasi ini akan menghadirkan “turnamen esports, edukasi esports, dan pertukaran industri di kedepannya, dengan tujuan menjelajahi serangkaian potensi antara esports dan olahraga tradisional.”

BACA JUGA: 10 TURNAMEN ESPORTS TERBESAR DI DUNIA DENGAN JUMLAH PENONTON TERBANYAK DI TAHUN 2020

Menurut laporan dari millenium.gg, di awal tahun ini, Josep Maria Bartomeu sebagai Presiden dari klub Barcelona memang berencana untuk memasuki pasar esports melalui kerja sama dengan properti esports besar di Cina. Namun dalam upaya memperluas jejak esports nya, Bartomeu menekankan bahwa Barcelona tidak akan berpartisipasi dalam game yang mengandung kekerasan realistis, seperti Counter Strike: Global Offensive. Game seperti League of Legends, yang lebih fokus ke teamwork dan strategi, adalah salah satu pilihan utama Barca. 

Kolaborasi dengan Tencent ini tentunya merupakan langkah pertama klub Barcelona dalam mengembangkan bisnis esports mereka di Cina. Sebagai perusahaan terbesar di industri esports Cina (dan dunia), Tencent menguasai saham Riot Games, 83 persen Clash Royale, 40 persen Fortinite, dan masih banyak lagi. 

 


Bagaimana menurut kalian? Setelah kolaborasi kedua Tencent dengan Barcelona, kira-kira kejutan apa yang akan dihadirkan berikutnya?

BACA JUGA: RIOT GAMES DAN SPOTIFY KERJA SAMA UNTUK KONTEN EKSKLUSIF LEAGUE OF LEGENDS

Untuk berita esports terbarunya, jangan lupa follow Ligagame Esports

Tertarik nonton turnamen esports? Subscribe Facebook dan Youtube Ligagame Esports saja yuk! Bakal ada siaran gaming baru setiap hari yang pastinya gak membosankan!

smartfren-ies-ligagame

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!