[Guide] Panduan Wild Rift Untuk Pemula: Lane dan Peran Champion

Seperti apa lane meta yang sering digunakan para pemain Wild Rift?
Tips Wild Rift lanes dan peran champion

Bagi para veteran game MOBA lainnya seperti Mobile Legends, sistem Wild Rift ini akan sedikit berbeda, baik itu dari segi meta, champion, role, dan lainnya.

Panduan ini akan sering menggunakan kata-kata APC, ADC, roam, dan lainnya. Bagi yang tidak mengerti, sebaiknya kamu cek dulu daftar istilah Wild Rift

Berikut penjelasan mengenai tipe champion dan peran champion berdasarkan lane di Wild Rift. 

Kenali Tipe Champion

Setiap champion dalam Wild Rift memiliki tipe khusus. Mengetahui tipe champion bisa membantu kamu mengetahui skill unggul mereka dan dicocokan dengan gaya bermain kalian. Beberapa champion bisa dimasukkan ke dalam lebih dari satu kategori. 

Berikut ini enam tipe Champion dalam Wild Rift:

  • Assassin: champion lincah yang spesialisasi di dive, kills, dan combo skill. (Contoh: Ahri, Camille, Fiora, Xin Zhao, Yasuo, Zed, Fizz, Vayne)
  • Fighter: champion melee dengan kombinasi skill offensive dan defensive. (Contoh: Blitzrank, Camille, Fiora, Yasuo, Malphite, Jax, Garen, Zed)
  • Mage: Champion dengan skill ranged, spesialisasi di  AP (Ability Power) atau magical damage. (Contoh: Ahri, Annie, Ezreal, Fizz, Lux, Teemo, Ziggs, Twisted Fate)
  • Marksman: Champion dengan AD (Attack Damage) atau physical damage yang sangat tinggi, namun lemah di defense.(Contoh: Ashe, Ezreal, Jhin, Jinx, Teemo, Vayne, Miss Fortune)
  • Support: Fokus memberikan dukungan untuk tim dalam bentuk buff dan heal, atau mengacaukan musuh dengan ability CC (crowd control). (Contoh: Braum, Janna, Lux, Nami, Soraka)
  • Tank: Champion front-line dengan defense tebal. Umumnya merekalah yang mengawali team fight. (Contoh: Alistar, Braum, Dr. Mundo, Garen, Gragas, Malphite) 

Lane dan Peran Champion di Wild Rift

league of legends lane

Selain tipe, setiap champion memiliki peran masing-masing yang nantinya digunakan untuk menentukan arah lane dalam game. Di Wild Rift, sebenarnya tidak ada role yang mutlak untuk setiap champion. Peran tiap champion bisa berubah tergantung situasi kondisi,  strategi, ataupun gaya bermain yang digunakan. Tapi untuk membantu para pemain pemula, kalian bisa ikuti guide berikut ini.

Jadi, ada lima role / peran champion di Wild Rift: Mid, Top, Jungler, ADC, dan Support.  Nah dari sini, kalian bisa mulai memahami tugas mereka di setiap lane. Dalam Wild Rift, lane akan dibagi menjadi: Mid Lane, Top Lane, dan Bottom Lane. Setiap lane akan dikelilingi dengan area Jungle

Mid Lane

ahri league of legends

Untuk Middle Lane, pemain bisa menggunakan variasi champion. Umumnya pemain menggunakan APC (Ability Power Carry) seperti mage, dan juga assassin. Walau memang kadang ada ADC (Ability Damage Carry) juga, jadi tergantung dengan gol masing-masing.

Tujuan mereka adalah farming dan mendapatkan kills dari minion sebanyak mungkin. Dengan ini, mereka akan mendapatkan gold dan terutama experience. Mereka juga bisa membantu laner lain dikala membutuhkan bantuan.

Champion midlane umumnya adalah tipe snowball. Artinya, sekali musuh kill kamu sekali, maka hal itu akan terjadi lagi dan lagi. Jadi, pastikan selalu waspada dengan posisi setiap lawan. 

Contoh champion untuk mid lane: Ahri, Annie, Fizz, Lux, Orianna, Twisted Fate, Yasuo, Zed, Ziggs 

Top Lane / Baron Lane: Tank atau Bruiser

dr mundo wild rift

Untuk top lane, kalian mau fokus menggunakan champion dengan defense dan damage tinggi / ADC. Champion APC jarang sekali atau bahkan hampir tidak pernah digunakan untuk top lane. 

Champion di top lane ini cenderung diam di lane sepanjang game, lalu membantu split push dan mendapatkan objektif seperti Herald dan Baron.

Contoh champion untuk top lane: Dr. Mundo, Garen, Fiora, Malphite, Teemo, Nasus, Tryndamere

Jungle: Jungler

camile wild rift jungle
Miss Fortune | Sumber Gambar: Riot Games

Seperti halnya dengan top lane, sebagian besar jungler adalah champion ADC. Lebih tepatnya, champion dengan mobilitas tinggi, kemampuan utnuk clear jungle dengan cepat, dan memiliki potensi snowball.

Di early game, mereka akan fokus memperoleh lead dari farming (bunuh monster Jungle untuk mendapatkan EXP & gold). Peran utama mereka adalah membantu para laner mendominasi lane dengan ganking. Selain itu, mereka juga memiliki tugas untuk mendapatkan kill dari epic monster di sungai, seperti Dragon, Herald, dan Baron.

Peran jungler juga membutuhkan spell khusus bernama Smite untuk membantu membersihkan jungle.

Contoh champion untuk jungle: Camile, Master Yi, Gragas, Olaf, Shyvana, Vi, Xin Zhao

Bottom Lane / Dragon Lane: Support dan ADC

miss fortune wild rift bottom

Berbeda dengan lane lain, khusus di bottom, hampir setiap pemain selalu menggunakan champion ADC (Attack Damage Carry) + Support. ADC memiliki peran utama dalam menghasilkan damage di tim. Mereka akan bergantung dengan AA damage untuk mengalahkan minion, monster, dan champion lawan.

Support akan membantu ADC untuk carry, dan bakal paling banyak roam di Wild Rift. Untuk support, jangan sekalipun mengambil last hit dari creep. Berikan seluruh kills untuk ADC!

Selain itu, Support juga merupakan champion yang akan menjadi pendukung utama untuk seluruh tim. Mereka harus memastikan champion lain melaksanakan perannya secara efektif dalam setiap fase game. Cara mereka support pun ada banyak macam dari peel, heal, shield (untuk tank), hingga memberikan vision.

Contoh champion ADC: Ashe, Ezreal, Jhin, Jinx, Miss Fortune, Varus, Vayne

Contoh champion support: Alistar, Braum, Blitzcrank, Nami, Janna, Soraka

Cara Membedakan Top dan Bottom Lane di Map Wild Rift

Berbeda dengan versi PC League of Legends, di Wild Rift sistem map nya diputar, jadi terkadang top lane bisa ada di bagian bawah map dan bottom lane di bagian atas (tergantung dengan blue team / red team). Untuk menentukan lokasi top lane dan bottom lane, kamu bisa perhatikan simbol di tanah pada awal game. Agar lebih jelas, kalian bisa cek gambar dibawah ini.

cara menentukan top atau bottom lane wild rift
Cara menentukan top atau bottom lane di wild rift

Meta Lane Yang Sering Digunakan dalam Wild Rift

Berbeda dengan MLBB, di mana pemain sering menggunakan 1-3-1 meta atau 1-2-2. Di Wild Rift, umumnya menggunakan 1-1-2-1 meta, yang berarti satu champion untuk top, 1 champion untuk mid, 2 champion untuk bottom, dan 1 champion untuk jungle (Seperti yang sudah dibahas diatas).


Untuk sementara, itu dulu guide Wild Rift mengenai pembagian lane dan role untuk setiap champion. Pastinya, bakal ada tips Wild Rift lagi, jadi follow Ligagame Esports terus ya!

BACA SELANJUTNYA:

Wild Rift Patch 1.0: Persiapan Untuk Open Beta, Champion Baru, Penalti AFK

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!