Istilah LoL Wild Rift Penting Yang Wajib Kamu Tahu

Apa perbedaan APC dan ADC? Arti dari Baron Nashor?
daftar-istilah-wild-rift

Seperti halnya dengan game MOBA lain, League of Legends Wild Rift memiliki banyak istilah dan bahasa (slang) yang perlu dimengerti. Sebagian besar dari istilah ini didapatkan dari League of Legends (versi PC nya), namun karena gameplay Wild Rift yang lebih pendek / cepat, beberapa istilah dalam LoL tidak / jarang sekali digunakan dalam Wild Rift. 

Kata-kata ini akan membantu kalian saat berkomunikasi dengan tim dalam game, nonton gameplay Wild Rift, atau bahkan membaca guide. Berikut ini beberapa istilah penting yang sering digunakan oleh pemain dan komunitas LoL Wild Rift. 

Daftar Istilah & Bahasa Di Wild Rift

Abilities

abilities di wild rift

Tombol QWER dan Ward pada layar (lihat gambar).

Champions

Karakter atau hero dalam Wild Rift.

AA (Auto Attack)

Auto Attack adalah basic attack yang dimiliki oleh setiap champion. 

AD

AD (Attack Damage) adalah physical damage yang diberikan umumnya menggunakan senjata melee atau ranged. Attack damage bisa dikurangi dengan Armor.

ADC

ADC Attack Damage Carry adalah para champion yang berperan sebagai carry karena memiliki AD yang lebih besar dibandingkan champion lain. Umumnya adalah champion marksman dengan tujuan utama menghasilkan damage melalui range auto attack. Champion ADC cukup rapuh dari segi defense dan sangat bergantung dengan item untuk menghasilkan DPS yang tinggi di late game. Karena ketergantungan ini, mereka cenderung membutuhkan gold yang lebih banyak dibandingkan champion lain.

AP

AP (Ability Power) adalah magical damage yang umumnya diberikan oleh mage atau ability pasif. Magic Damage bisa dikurangi dengan Magic Resist.

APC 

Mirip dengan ADC,  Ability Power Carry (APC) adalah hero yang berperan sebagai carry karena memiliki AP yang lebih besar dibandingkan champion lain. 

Mana

Mana adalah sumber daya yang dimiliki champion untuk menggunakan ability. Setiap kali digunakan, mana akan berkurang, tapi juga akan beregenerasi seiring waktu.

True Damage

True damage adalah damage yang tidak bisa dimitigasi atau dihentikan.  Seratus persen dari true damage akan dikenakan ke target. True damage lebih jarang muncul dibandingkan AD dan AP damage. Damage ini sangat berguna untuk menghabiskan champion bertipe tank yang umumnya lebih kebal terhadap normal atau magic damage.

Lethality

Lethality adalah stats penetrasi armor yang berskala dengan level champion. Lethality memungkinkan champion untuk menghasilkan damage yang (sedikit) lebih tinggi ke lawan yang tidak menggunakan armor. Misalnya, lethality paling berguna saat digunakan melawan musuh squishy dibandingkan tank. 

Item yang memberikan lethality (contoh: Duskblade) sangat berguna untuk champion tipe assassin untuk menghasilkan burst damage. 

Auto Reset / Auto Attack Reset

Auto reset / auto attack reset adalah ability yang meng-reset auto attack (AA). Tidak semua champion memiliki ability auto reset ini. Umumnya auto reset sering digunakan untuk mempercepat auto attack. 

Recast

Ability yang bisa digunakan beberapa kali. 

Lifesteal (LS)

Dengan status lifesteal, champion akan mendapatkan HP / health saat menghasilkan damage dengan auto attack.

Grievous Wounds

Efek debuff yang mengurangi persentase healing dari champion. 

On-hit

Efek tambahan yang berlaku pada auto attack / ability tertentu. Efek ini ada banyak macam dan tergantung dengan item, buff, ability, dan lainnya.

CDR / Cooldown Reduction

Mengurangi cooldown untuk ability, dibatasi hingga 40%.

CC

CC adalah Crowd Control dan memberikan efek untuk membatasi pergerakan lawan. Ada dua tipe CC:

  • Soft CC = efek slow, silence, dll. Soft CC tidak menghentikan pergerakan lawan.
  • Hard CC = efek roots, stuns, knockups, knockbacks, dll. Hard CC menghentikan pergerakan lawan.

Tenacity

Stat yang mengurangi durasi efek CC. 

Turret / Tower

Bangunan yang menembak laser untuk melindungi ketiga lane. Turret akan memprioritaskan damage ke minion, tapi tetap akan memberikan damage ke champion musuh saat mereka memberikan damage ke salah satu champion tim.

Kite

Kite / kiting memiliki arti menjaga jarak dengan musuh saat menyerang mereka. Mekanisme ini digunakan untuk memaksimalkan movement dan sekaligus damage pada lawan. 

Skill / mekanisme ini sangat penting di setiap game, terutama saat kamu dikejar oleh musuh. Untuk pemain yang jago menggunakan kiting, mereka bisa auto attack musuh sambil melarikan diri (dibandingkan dengan pemain yang melarikan diri ke tower / base untuk menyelamatkan nyawa). 

Trade

Trade adalah pertukaran damage antara champion (umumnya terjadi saat fase Laning). Intinya, trading terjadi saat champion kamu dan champion lawan saling memberikan damage ke sesama. Trading adalah salah satu mekanisme yang digunakan di Wild Rift untuk menetapkan dominasi lane. 

Shove

Mendorong gelombang minion secepat mungkin ke bawah turret musuh.

Dive 

Attack champion dibawah tower musuh untuk mendapatkan kills.

Peel

Menjauhkan musuh dari rekan tim, umumnya dengan menggunakan CC.

Epic Monster

Neutral monster yang membantu tim mendapatkan lead (keuntungan dalam bentuk exp atau gold). Epic monster dibagi menjadi tiga: Dragons, Herald, dan Baron.

Herald

Herald adalah neutral monster yang tim bisa bunuh untuk mendapatkan Eye of the Herald. Tim yang mendapatkan kill bisa memilih satu orang untuk mengambilnya dan menggantikan ward dengan Eye of the Herald. Dengan ini, pemain bisa recall lebih cepat.  Eye of Herald nantinya bisa di summon untuk membantu push turret. 

Baron (Baron Nashor)

Neutral monster yang menggantikan Herald di game. Saat dibunuh, Baron akan memberikan buff ke seluruh member tim dalam bentuk bonus attack dan AP untuk beberapa menit. Teammate dengan buff ini juga akan menghasilkan aura yang memberikan buff ke minion untuk bonus Attack, Attack Speed, Movement Speed, dan Resistance. Buff akan hilang saat kamu mati. 

Dragons

Neutral monster yang memberikan bonus stat atu efek tergantung dengan tipe dragon. 

Early Game / Fase Laning

Awal game di mana seluruh turrets masih berdiri. Dalam fase ini, champion jungler umumnya gank beberapa kali untuk memberikan lead pada teammate.

Mid Game

Fase game di mana turret pertama mulai roboh dan tim regrup kembali untuk menghancurkan turrets dan beberapa dragon. Waktu ini umumnya digunakan untuk laner (champion non-jungler) untuk mulai kill monster jungle. Sedangkan jungler mulai membunuh minions dari lane.

Late Game

Fase di mana hampir semua turrets roboh. Sebagian besar champion mulai mendapatkan seluruh item yang dibutuhkan. Tim mulai beraksi untuk mengakhiri pertandingan.

Tank

Champion dengan base stats yang kuat dan umumnya dibuild dengan item defensive. Tujuan utamanya adalah memblokir damage dari musuh dan mengacaukan mereka dengan CC. Tank umumnya kuat di early-mid game, tapi saat champion DPS mulai mendapatkan item buildnya (seperti champion ADC), maka mereka mulai 'tak berguna.'

Bruiser

Champion dengan HP cukup tebal (tanky) dan DPS cukup tinggi, kuat di early - mid game tapi memiliki mobilitas yang terbats. Champion ini lebih offensive dari tank, tapi tentunya lebih mudah dibunuh juga. 

Duelist

Champion 1v1 yang kuat dilengkapi dengan ability defensive, namun defensenya sendiri cukup rapuh. Duelist dikenal juga sebagai Split Pusher, umumnya solo lane dibandingkan ikut serta dalam teamfight karena defensenya yang lemah. (tapi bukan berarti mereka tidak bisa masuk dalam teamfight ya).

Poke Mage

Champion AP / mage yang memiliki AOE ability long range / berjarak jauh. 

Burst Mage

Champion AP / mage yang memiliki AOE ability short range / berjarak dekat, namun menghasilkan damage tinggi dengan combonya. 

Battle Mage

Champion AP yang memiliki ability short range / berjarak dekat, tapi sangat unggul dalam DPS dibandingan burst. 

Assassin

Champion yang memiliki mobilitas tinggi dan sering digunakan untuk 1v1 carry lawan dan langsung melarikan diri. Defensenya benar-benar rapuh, jadi bisa dikatakan sebagai champion 'squishy.'  

Enchanter

Champion healer atau support dengan defense rendah. Champion ini akan menjaga tim untuk tetap hidup dan umumnya dikombinasikan dengan ADC dalam lane. 

Gank

Secara mendadak & diam-diam attack lawan.

Roam

Saat champion non-jungler gank lane lain.

Istilah Lane Dalam Wild Rift

league of legends wild rift lane

Top Lane (Herald / Baron Lane)

Jalur disamping Herald atau Baron. Umumnya tank, duelist, dan bruiser diarahkan ke lane ini.

Mid Lane 

Jalur di area tengah. Umumnya assassin dan mage diarahkan ke lane ini karena jaraknya dengan tower lebih dekat, sehingga lebih aman untuk mereka saat laning. 

Champion di lane ini biasanya akan Roam untuk membantu top, bottom, atau jungle. 

Bottom Lane (Bot Lane / Dragon Lane)

Jalur disamping Dragon. Umumnya ada champion ADC dan support karena jaraknya yang dekat memungkinkan mereka untuk membantu jungler melawan Dragon di awal game. 

Jungle

Area ini dikelilingi dengan monster jungle. Tugas jungler adalah menghancurkan camp monster di area antara lane. 


 Nah, ini dia beberapa istilah penting yang perlu kamu tahu saat memainkan Wild Rift. Disarankan main satu dua kali dulu untuk lebih mengerti. 

Untuk berita dan tips Wild Rift baru, jangan lupa ikuti Ligagame Esports ya!

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!