Pernyataan tecoNe, Pro Player Asal Turki Atas Tuduhan Skandal Money Laundering

tecoNe pro player Valorant asal Turki dibebaskan dari tuduahn skandal money launderig

'Saya korban dalam hal ini, bukan tersangka,' kata sang streamer paling populer yang sempat menjadi tersangka skandal pencucian uang oleh Pemerintah Turki. Gökay “tecoNe” Noğayer terpaksa meninggalkan Beşiktaş Esports dan non-aktif dari scene kompetitif lantaran menjadi tersangka skandal streamer Twitch.

 Ada beberapa pembaruan setelah pemerintah Turki menahan 40 orang karena terlibat dalam skandal " Twitch Bit" yang dikategorikan sebagai pencucian uang atau money laundering.  Seiring jalannya proses penyelidikan, tecoNe mengeluarkan pernyataan kepada publik terkait pengalamannya dan statusnya yang tidak bersalah.

Mantan pemain profesional yang harus keluar dari Beşiktaş Esports karena terlibat dalam skandal tersebut, tidak menyebutkan apa pun tentang pacarnya dan mantan pemain BBL Queens Dilara Toprak, yang juga merupakan salah satu dari 40 orang yang ditahan. Sebaliknya, dia mempertahankan ketidakbersalahannya sambil menekankan bahwa karena rincian penyelidikan bersifat pribadi, dia tidak dapat membahas proses hukum.

besiktas esports valorant turki 1da28

“Seperti yang saya katakan dalam video yang saya unggah di awal seluruh acara ini, saya adalah korban dalam hal ini, bukan tersangka,” tulis tecoNe. “Saya sangat yakin bahwa proses hukum yang sedang berlangsung akan membuktikan tanpa diragukan lagi. Fakta bahwa saya dibebaskan dari tahanan setelah pernyataan saya semakin menguatkan hingga sejauh ini. ”

BACA JUGA: Dapat Buff, Ares Jadi Senjata Terkuat di Valorant Episode 4

TecoNe juga menyebutkan bagaimana kasus ini telah merusak reputasinya dan dia berencana untuk melakukan “proses hukum yang diperlukan” terhadap mereka yang membuat klaim yang tidak benar tentang keterlibatannya.

 tecone statement 0d972

 Kasus ini bergulir pada Oktober 2021 lalu. Beberapa pemain dan streamer Twitch Valorant Turki diduga terlibat dalam skandal pencucian uang. Berdasarkan petunjuk awal, Riot Games kemudian melakukan  proses investigasi dan mengambil langkah yang diperlukan sesuai laporan.

Pada 6 Oktober 2021, data situs web Twitch bocor secara online. Kebocoran tersebut mengungkap beberapa detail penting seperti kode sumber untuk situs web dan versi ponsel dan konsolnya. Itu juga mengungkapkan total pendapatan dari banyak pembuat konten terkemuka di situs streaming tersebut.

Dalam informasi yang bocor, banyak yang memperhatikan bahwa pembuat konten Turki yang lebih kecil menghasilkan uang dalam jumlah yang mencurigakan, khususnya dari donasi di Twitch.

Dari pengembangan dan penyeldikan, pihak berwenang Turki kemudian menetapkan 40 tersangka yang terlibat dalam skandal pencucian uang besar. Modusnya, para scammers kartu kredit mengalirkan donasi atau sumbangan kepada Streamer melalui Twitch. Agak tak mencurigakan, nominalnya pun tidak mencolok, Meski begitu, walau receh tapi sering, aktivitas ini pun dicurigai. Menurut kabar, para streamers yang menerima donasi akan mengirim kembali 50-70% dari pendapatan yang mereka dapat dari para scammers. Wah, bisa aja ya modusnya! 

Nah, buat kalian yang mau menjadi streamers (atau caster) jangan lewatkan event seru pekan ini di SEA Esports Championship Valorant! Saksikan dan dukung perjuangan BOOM Esports dan ONIC Esports di SEA Esports Championship 2022. Saksikan laga VALORANT di channel kesayangan kita ligagame.tv.

valorant ligagame d2ecb

Ikuti terus berita terbaru seputar Valorant dan skena esports lainnya di Ligagame Esports! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

BOOM Esports Menangi Derby Indopride Versus ONIC Di Upper Bracket SEA EC 2022

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!