Pemain VALORANT Tiongkok Tertangkap Gunakan Cheat di Turnamen LAN

by Febry "f0rsak3n" Susan

Berita menghebohkan datang dari sebuah turnamen Valorant di Tiongkok setelah seorang pemain kedapatan melakukan cheat atau kecurangan. Insiden  ini sontak mendapat banyak perhatian dalam komunitas VALORANT. 

Meskipun pemain relatif tidak dikenal, insiden ini menarik banyak perhatian dalam komunitas VALORANT Tiongkok terutama karena acara tersebut diadakan secara offline di Nanjing dan menampilkan kumpulan hadiah besar sebesar CN¥500.000, setara dengan US$70.000. Sang pemain pun telah dijatuhi sanksi banned permanent. 

Pemain yang menjadi pusat kontroversi adalah anggota tim CHI66. Tak lama setelah turnamen selesai, sebuah pengumuman dari akun resmi VALORANT di Weibo mengungkap hasil investigasi yang menyimpulkan bahwa seorang pemain bernama “发发” telah menggunakan perangkat keras untuk melakukan kecurangan selama Kompetisi Nasional VALORANT China Musim 1.

Insiden kecurangan yang melibatkan 发发 terjadi pada babak semifinal hari ketiga ajang tersebut, dimana CHI66 mengalami kekalahan melawan Team Rainy. Menanggapi larangan tersebut, 发发 sekarang dilarang berpartisipasi dalam kompetisi resmi atau aktivitas terkait apa pun di masa mendatang, yang secara efektif menghadapi larangan seumur hidup. Selain itu, status CHI66 sebagai semi finalis telah dicabut karena diskualifikasi ini.

Lebih lanjut, penyelidikan memastikan bahwa anggota tim yang lain mengaku tidak mengetahui insiden kecurangan tersebut. Anggota tim lainnya pun sempat  menyampaikan kekhawatiran tentang pemain tersebut kepada tim wasit dan bekerja sama dengan penyelenggara selama penyelidikan. Tidak ada hukuman yang dijatuhkan kepada mereka.

BACA JUGA: Riot Bakal Tambah Map Baru untuk Valorant Team Deathmatch

Musim perdana Kompetisi Nasional VALORANT China (无畏契约全国大赛) menampilkan sejumlah jalur bagi pemain untuk lolos, memberikan peluang melalui partisipasi perguruan tinggi, kualifikasi regional, kualifikasi dalam game, dan lain-lain.

Peng “PPQueen” Jiacheng tampil menonjol sebagai satu-satunya pemain penting di ajang tersebut, setelah sebelumnya berkompetisi dengan Totoro Gaming di tahun pertama VALORANT. Di sisi lain, pemain yang terlibat dalam insiden kecurangan masih belum diketahui, dengan informasi yang dapat diakses terbatas, dan tidak pernah terlibat dalam permainan kompetitif VALORANT tingkat tinggi.

banner valorant 636d3

Ikuti terus berita terbaru seputar Valorant dan skena esports lainnya di Ligagame Esports! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

Riot Ingatkan Player Soal Jual Beli Cheat VALORANT

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!