VSPN Ingin Kembangkan Potensi Esports di Indonesia, Vietnam dan Malaysia

VSPN Ingin Kembangkan Potensi Esports di Indonesia, Vietnam, Malaysia

VSPN yang berkantor pusat di Shanghai merupakan event organizer turnamen esports, pengoperasian venue, komersialisasi, inkubasi dan manajemen bakat (talent), serta layanan produksi konten. Didirikan pada tahun 2016, VSPN telah menjangkau 70% pangsa pasar untuk acara esports premium di China dan sejauh ini telah mengumpulkan lebih dari $250 juta dalam putaran pendanaan Seri A dan B.

Pandemi virus Corona membawa tantangan bagi bisnis esports melalui pembatasan offline pada pertemuan di China dan sekitarnya, kata salah satu pendiri Versus Programming Network (VSPN) kepada Nikkei Asia, tetapi prospeknya membaik dengan dibukanya kembali perbatasan.

Danny Tang, co-founder dan chief financial officer VSPN, di PMGC di Jakarta, menyampaikan, "Dulu kami memadati arena. Tiket kami [akan] terjual habis dalam hitungan menit,"ujarnya  merujuk pada penonton langsung yang mencapai 20.000 orang.

"Di sisi produksi, ketika kru produksi tidak bisa bekerja sama, itu menyulitkan," kata Tang dalam sebuah wawancara pada 8 Januari di Jakarta, di mana ia menghadiri final PUBG Mobile Global Championship (PMGC) 2022.

BACA JUGA: PUBG Mobile Esports Jadi Paling Terpopuler di Tahun 2022

"Perjalanan domestik dan perjalanan global menjadi tantangan, dan dalam hal ini, lebih sulit bagi kami untuk mengirim kru kami keluar dari China untuk pergi ke wilayah lain," katanya.

Tetapi sebagai akibat dari pembukaan kembali perbatasan China, Tang mengatakan tim esports China sekarang dapat lebih mudah bersaing di luar negeri dan penggemar internasional akan dapat menonton turnamen offline di dalam negeri.

"Itu hal yang luar biasa," katanya, mengacu pada keputusan Beijing, yang mulai berlaku pada hari yang sama saat dia berbicara, untuk mengakhiri persyaratan karantina yang masuk. "Itu berarti kita telah mengambil satu langkah maju menuju keadaan normal."

Tang menambahkan, "Tidak ada yang bisa menggantikan kegembiraan berada di arena fisik dengan orang lain dan menonton tim yang sama dan menonton tim bersaing."

Perusahaannya juga telah mengembangkan kemitraan dengan berbagai pengembang game di Asia -- termasuk Garena, cabang hiburan digital dari grup teknologi Sea yang berbasis di Singapura -- dan raksasa teknologi Tiongkok pendukung VSPN, Tencent.

VSPN mempekerjakan sekitar 1.000 orang dan memiliki kantor di Cina, Korea Selatan, Singapura, Thailand, Malaysia, Indonesia, dan Uni Emirat Arab. Ia berencana untuk mendirikan cabang di Arab Saudi, Mesir, Turki, Jerman, dan AS.

Final PMGC - dengan 16 tim beranggotakan empat orang berpartisipasi - diadakan selama tiga hari. Putaran sebelumnya memiliki total 48 tim, dengan pemain yang mewakili lebih dari 30 negara, berkompetisi di Petaling Jaya, Malaysia, pada bulan November dan Desember. Turnamen ini memiliki total hadiah sebesar $4 juta.

pmgc 2022 78408

"Kami memiliki keyakinan kuat dalam esports," kata Tang tentang VSPN. "Kami melihat pasar ada di sana, dan kemudian kami melihat perubahan demografis - semuanya menguntungkan pasar." Dia menggambarkan esports sebagai tahap "baru lahir", dengan "banyak potensi" untuk berkembang.

Menurut penyedia data pasar dan konsumen Statista, pasar esports global diperkirakan telah mencapai $1,44 miliar tahun lalu dan berkembang menjadi $5,48 miliar pada tahun 2029.

BACA JUGA: PUBG MOBILE ESPORTS UMUMKAN PROGRAM ESPORTS TERBARU DI TAHUN 2023

Di tempat turnamen, teknisi mengirimkan umpan langsung ke kantor pusat VSPN untuk dilokalkan dan disiarkan dalam lebih dari selusin bahasa -- dengan bantuan penyiar lokal -- hanya beberapa detik kemudian. Ribuan orang, sementara itu, menyaksikan final Jakarta di lokasi.

Tang mengatakan Indonesia - dengan lebih dari 270 juta orang - adalah pasar yang "sangat bersemangat" dan "menarik" di Asia Tenggara, menjadikan negara tersebut sebagai prioritas ekspansi VSPN. Sekarang memiliki setidaknya empat karyawan penuh waktu di Jakarta dan masih dalam pengembangan jumlah karyawan di negara ini. Hal ini juga melihat Vietnam, Thailand dan Malaysia untuk ekspansi.

pubg m vspn 52ea3

“Ketika kami melihat Asia Tenggara untuk pasar game besar berikutnya, pasar eSports besar berikutnya, kami pikir Indonesia adalah pemberhentian pertama yang sangat alami,” katanya.

Tang mengatakan Indonesia memiliki kesamaan dengan China dalam esports. VSPN berharap seiring melandainya hingga berakhirnya COVID di China segera membuka jalan bagi pertumbuhan industri game dan esports. 

“Kami melihat demografi muda, gamer muda di sini, dan seperti di China, kami memiliki banyak anak muda yang menyukai game,” katanya. "Jenis antusiasme dari para penggemar dan para pemain di sini yang kami lihat sangat mirip dengan apa yang kami amati di China."

Pada tahun 2021, Indonesia diperkirakan memiliki 116 juta gamer -- 41% dari total gamer di Asia Tenggara -- menurut Esports Industry Outlook 2021 oleh organisasi EVOS Esports.

VSPN bertujuan untuk memberikan lebih banyak konten di Asia Tenggara tahun ini dengan menyelenggarakan lebih banyak turnamen berskala besar seperti final PMGC dan liga reguler selama setahun. Dia tidak menawarkan angka pasti untuk tahun 2023, bagaimanapun, mengatakan perusahaan akan "terus tumbuh secara bertahap ke depan."

Seiring menyampaikan optimisme dan trend positif, Tang tidak menyebut angka spesifik ketika ditanya tentang target pendapatan VSPN 2023, mengutip kebijakan perusahaan, meskipun dia berkata, "Trennya pasti positif," merujuk pada pertumbuhan yang meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Ikuti terus berita terbaru seputar PUBG di Ligagame Esports! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian. 

Baca selanjutnya:

BTR Starlest (Edwin Chia) Sebut End of an Era, Zuxxy dan Luxxy Pisah dari Bigetron RA?

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!