Menanti Kolaborasi EVOS dan Persija Esports, Jadi Super Team di PMPL ID 2023?

Macan Putih dan Macan Oranye Kemayoran
Kolaborasi EVOS dan Persija Esports

Evos Esports dikabarkan melakukan penjajakan dengan Persija Esports. Andai terealisasi, EVOS Persija akan mengguncang dan memanaskan scene PUBG Mobile Indonesia. 

Beberapa waktu lalu, Mohammad "RENO" Refie Fakhreno menyatakan akan mengubah nama skuad PUBG Mobile EVOS REBORN. Saat ditemui reporter Ligagame di sebuah acara pada November 2022, Reno selaku Head of Esports EVOS memang belum memberi petunjuk soal nama baru. 

Di sisi lain, Persija Esports yang merupakan divisi dari klub sepak bola ibukota Persija, semakin aktif di kancah esports. Setelah mengawali dengan divisi Valorant, klub yang berjuluk "Macan Kemayoran" mulai menjajaki scene lainnya termasuk PUBG Mobile dan MLBB. 

Pasca tim Valorant mereka gagal meraih slot franchise league VCT 2023, Persija Esports agaknya membidik spot di scene PUBGM. Persija Esports mewujudkan langkah kongkret dengan membentuk skuad PUBG Mobile dan tampil di kualifikasi nasional PUBG Mobile National Championship (PMNC) untuk bisa tampil ke PMPL ID. 

Setelah langkah skuad Persija Esports kandas di PMNC, agaknya manajemen mulai membuka opsi baru untuk bisa tampil di kasta tertinggi liga profesional PUBGM di Indonesia. Salah satu opsi adalah mengakuisi tim lain yang memilki slot di PMPL ID. Rumor pun mulai bermunculan menghubungkan Persija dengan beberapa tim sebut saja Voin, HFX, bahkan Bigetron RA.

Terkini, Persija juga menjalin komunikasi dengan EVOS Esports. Namun, seperti apa bentuk kesepakatan kedua organisasi masih belum diketahui atau bisa dipastikan. Apakah EVOS dan Persija akan berkolaborasi atau Persija mengakuisisi slot milik EVOS di PMPL ID. Jika opsi kedua yang terwujud, maka Persija menjadi tim sepakbola kedua yang bersaing di PMPL ID setelah Bali United yang menurunkan skuad Island of God. 

BACA JUGA: Curhat Microboy ke Junior di PODCAST PUBGM: Dari Evos Reborn Hingga BTR Ryzen Comeback

Dinamika EVOS REBORN Jelang PMPL ID Spring 2023

Dua tahun sudah Evos berkiprah di scene PUBG Mobile Indonesia. Secara obyektif, tim Macan Putih belum bisa berbicara banyak atau mengaum di kompetisi game battle royale besutan Tencent ini. Terakhir, langkah skuad yang dipimpin Microboy kandas di fase gorup sehingga absen di main event PMGC (PUBG Mobile Global Championship) 2022 di Jakarta.

Evaluasi pun dilakukan, Evos berpisah dengan Morfeus sang Analyst dan Lapar. Evos juga sudah menghapus Kautsar “KF” Faruq dan Putra “Lyzerg” Pitoy dari akun media sosial resmi. Alhasil, Evos Reborn menyisakan Nizar “Microboy” Lugatio Pratama dan Eksarahman “RedFace” Jayanto serta Steven “S1NYO” Valerian di jabatan pelatih.

Bukan hanya ganti nama seperti yang diutarakan Reno, EVOS Reborn agaknya juga harus membangun ulang roster untuk PMPL ID 2023. Dan, mereka kini berkejaran dengan waktu karena deadline bursa transfer yang sempit. 

Di tengah situasi ini tak heran jika rumor kolaborasi dengan Persija Esports menjadi salah satu opsi ideal. Keduanya bisa menjalin kerjasama mutualisme, dimana EVOS tengah melakukan kampanye rebranding dan Persija Eports ingin terjun ke scene pro PUBG Mobile. 

EVOS Persija Bangun Super Team PUBGM ?

Rumor soal EVOS Persija tak berhenti seputar bagaimana penjajakan kerja sama antara keduanya. Sebagian pengamat dan fans bahkan sudah berspekulasi soal roster tim ini. Dengan bertahannya Microboy dan RedFace serta coach S1nyo, EVOS Persija bisa saja merekrut duet kembar di Bigetron yakni  Zuxxy dan Luxxy. 

Di tengah pekan ini, Edwin Starlest Chia selaku CEO Bigetron telah memberi sinyal "The end of an era" lewat cuitan di Twitter. Ada yang menilai Bigetron RA akan melakukan perubahan roster, namun dari sumber yang terpercaya, cuitan Starlest sebenarnya ditujukan untuk perubahan nama. Yup! "Era" di sana bisa jadi "RA" atau Red Aliens, artinya bisa jadi skuad PUBG Bigetron tidak lagi bernama Red Aliens. 

Terlepas dari soal penyegaran dan rebranding, agaknya dinamika di tubuh Bigetron juga sudah menjadi konsumsi umum, baik di sosial media maupun pemberitaan media. Setelah BTR Ryzen yang masih berstatus rehat, duo Luxxy- Zuxxy juga berulang kali menyatakan keinginan yang sama, sejenak istirahat dari scene kompetitif. Namun, belakangan keduanya juga mulai digoyang isu memikirkan pilihan ke tim lain, termasuk yang paling panas tentu menyusul Microboy ke Evos Reborn. 

EVOS sejauh ini belum memberi tanda akan merekrut pemain baru. Memang, nama Rosemary sempat bergaung menjadi kandidat, mengingat kedekatan timnya GPX (Geng Kapak) dengan EVOS. Sementara itu, gosip dan kabar burung di antara para fans yang beredar menyebutkan Luxxy dan Zuxxy sudah didekati pihak Persija Esports. Ini membuat berbagai spekulasi semakin menarik. Apakah Persija Esports tengah membangun roster PUBGM mereka sendiri dan selanjutnya mengakuisis slot PMPL ID milik EVOS, atau mereka akan berkolaborasi, menggabungkan dengan roster EVOS REBORN?  

 

Walau masih berupa rumor, para penggemar PUBG Mobile di Indonesia sudah bisa membayangkan Super Team kolaborasi EVOS x Persija di PMPL ID. Jika kerja sama tersebut menjadi kenyataan, maka roster EVOS Persija adalah sebagai berikut:

1. Made Bagas “Zuxxy” Pramudita
2. Made Bagus “Luxxy” Prabaswara
3. Nizar Lugatio “Microboy” Pratama
4. Eksarahman “RedFace” Jayanto

Pelatih: Steven “S1NYO” Valerian 

Well, menarik dinanti kelanjutan dari penjajakan yang dilakukan EVOS dengan Persija Esports. Apakah bentuknya akan menjadi kolaborasi atau akuisisi. Satu hal yang pasti, kedua organisasi memiliki fan base yang sangat besar. Meskipun Persija merupakan klub sepakbola, namun suporter mereka yang dikenal dengan sebutan JakMania siap memberi dukungan bagi divisi esports. Hal ini pun sudah terbukti untuk tim Valorant Persija Esports. Bicara soal suporter, ada banyak aksi kreatif untuk mendukung tim kesayangannya seperti merhandise hingga chatn (nyanyian) yang sudah barang tentu menghidupkan semangat dan atmosfer pertandingan. Bilakah Persija Esports tampil di PMPL ID Spring 2023?   

Ikuti terus berita terbaru seputar PUBG di Ligagame Esports! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian. 

Baca selanjutnya:

PUBG Mobile Esports Jadi Paling Terpopuler di Tahun 2022

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!