10 Kemitraan Terbesar Esports di Tahun 2023, Dari Sponsor Turnamen Major Dota2, LOL, MLBB Hingga Team Valorant

Pada awal tahun 2023 dunia esports msaih diliputi sejumlah kekhawatiran soal kesinambungan (baca prospek) pertumbuhannya sebagai industri. Soal keberlanjutan sebuah bisnis tentu terkait erat dengan pendapatan atau revenue. Pendapatan esports jauh lebih kecil dibandingkan biaya yang dikeluarkan banyak perusahaan, dan terdapat pemahaman yang berkembang bahwa industri ini harus mengurangi ketergantungan pada pendapatan sponsorship. Well, kalau ligagamers ingat hal ini beberapa waktu lalu pernah dibahas dalam sesi Diskusi Esports di Ligagagame. Kemerosotan ekonomi di mana merek/brand memperketat anggaran periklanan juga memberikan tekanan pada perusahaan esports untuk melakukan diversifikasi.

Meskipun demikian, pada tahun 2023 terdapat serangkaian kemitraan penting dan kesepakatan sponsor dengan beberapa brand raksasa berskala global . Lihat saja produsen mobil terkemuka (Mercedes, Porsche, KIA), layanan pembayaran (Mastercard), merek fesyen (H&M, Ralph Lauren), merek dan jaringan makanan (Unilever, Burger King, McDonalds), perusahaan teknologi dan komunikasi (Sky, EE) dan banyak lagi.

Nah, penasaran kan apa saja sponsor raksasa yang berkolaborasi di kancah esports pada tahun ini  ? Simak terus artikelnya untuk mengetahui 10 Kemitraan Terbesar Esports di Tahun 2023   

1. Mercedes-Benz mensponsori LoL Worlds untuk tahun keempat !
Pada bulan Oktober, pabrikan mobil Jerman Mercedes-Benz diumumkan sebagai sponsor resmi League of Legends World Championship 2023.

Mercedes menjadi mitra otomotif resmi untuk acara tersebut selama empat tahun berturut-turut, dan menyertakan kampanye baru yang berpusat pada acara tersebut. Mercedes-Benz juga mendapatkan kemitraan pada bulan Mei dengan organisasi esports Korea T1.

lol worlds b7691

Mercedes adalah salah satu dari beberapa produsen mobil besar yang aktif dalam esports pada tahun 2023. Produsen lainnya termasuk Porsche dan FaZe Clan yang mengumumkan kemitraan multi-tahun pada bulan Januari, KIA juga menandatangani kontrak sebagai sponsor LEC untuk tahun 2023 pada bulan Januari, dan yang terbaru adalah BMW Group Middle. Timur bermitra dengan Nigma Galaxy.

BACA JUGA: Sei’Tan Menjadi Brand UMKM Lokal Pertama yang Berkolaborasi dengan PUBG MOBILE

2. Complexity dan Angkatan Darat AS Lanjutkan Kemitraan Selama 5 Tahun 
Organisasi esports Amerika Utara, Complexity Gaming, memperbarui kemitraannya dengan Angkatan Darat AS selama lima tahun berturut-turut pada bulan April. Kedua pihak mengatakan akan berkolaborasi dalam Soldier Shakedown 5, sebuah turnamen esports multi-event untuk anggota militer yang bertugas aktif. Tentara AS merupakan mitra lama dan penting bagi Complexity, meskipun keterlibatan tentara AS dalam esports telah menuai kritik dari beberapa pihak.

Complexity bukan satu-satunya yang bermitra dengan Angkatan Darat AS. Collegiate Esports Commissioners Cup (CECC) juga menyelenggarakan turnamen dengan Angkatan Darat AS, dan Garda Nasional Angkatan Darat bermitra dengan KC Pioneers.

3, McDonald’s dan Head & Shoulder  bermitra dengan MPL SG
Pada bulan September, franchise makanan cepat saji McDonald’s dan merek sampo Head & Shoulder menjadi mitra antara lain untuk Mobile Legends: Bang Bang Professional League Singapore (MPL SG).

McDonald’s dan MOONTON akan memberikan hadiah dalam game kepada pembeli item menu tertentu selama musim MPL SG, bersama dengan kode promo diskon pengiriman. Sementara itu, Head & Bahu akan membuat dua desain baru untuk botol sampo mereka di Singapura, yang menampilkan karakter dari Mobile Legends: Bang Bang.

McDonald’s pernah beroperasi di Amerika Utara pada masa lalu, dan kolaborasi dengan MLBB adalah yang pertama di Singapura, yang mencerminkan pertumbuhan yang mengesankan dan meningkatnya kelayakan komersial esports di pasar esports yang lebih kecil.

MLBB MPL SG S6 sponsors 1024x576 f5a52

4. H&M di Dota 2 Bali Major
Pada bulan Juni, penyelenggara turnamen esports IO Esports dan operator platform Epulze menjalin kemitraan dengan merek fesyen H&M untuk Bali Major Dota 2.

Kemitraan ini membuat H&M menyediakan pakaian untuk talenta layar dan anggota panel selama acara. Merek ini juga mengadakan giveaway di mana penggemar di Singapura dan Filipina dapat memenangkan tiket VIP ke kompetisi tersebut.

image processing20230508 1 18k1gmq a5b76

H&M merupakan lini brand fesyen terbaru yang aktif di bidang esports. G2 Esports, bersama mitranya Ralph Lauren, meluncurkan koleksi pakaian co-branded pada bulan Juli.

BACA JUGA: Juventus Raih Penghargaan “Aktivasi Komersial Terbaik” di Italian Esports Awards 2023

5. HSBC Inggris bermitra dengan EXCEL ESPORTS
Pada Maret 2023, organisasi esports Inggris EXCEL ESPORTS (sekarang GIANTX) mengumumkan kemitraan skala besar dengan bank Inggris HSBC UK. HSBC menjadi mitra keuangan resmi organisasi esports tersebut. Kesepakatan tersebut berpusat pada pendidikan keuangan, bertindak sebagai penyedia kesehatan keuangan EXCEL. Ini merupakan sponsor penting bagi organisasi ini, dan cukup unik karena tidak banyak bank yang meluncurkan strategi kemitraan esports.

Namun dalam catatan terkait, penerbit game Riot Games dan perusahaan keuangan Mastercard memperluas kemitraan esports global multi-tahun mereka ke dalam VALORANT. Hasilnya, Mastercard kini mendukung acara global di VALORANT Champions Tour (VCT), selain esports League of Legends.

Mastercard telah menjadi pendukung kuat esports League of Legends sejak tahun 2018. Perusahaan saat ini mensponsori liga regional terkemuka seperti League of Legends Championship Series (LCS), serta liga Brasil, Eropa, dan Utara. Ekspansi ke VALORANT mewakili komitmen terhadap ekosistem Riot Games untuk Mastercard.

6. Desperados 0,0% ditunjuk sebagai mitra nasional LEC
Meskipun beberapa perusahaan siap bemitra dengan brand  minuman beralkohol, perusahaan lain bersikap lebih aman. Liga EMEA sebagai unggulan Riot Games, LEC, bermitra dengan merek bir non-alkohol Desperados 0.0% sebagai mitra nasional pada bulan Januari.

Sebagai mitra nasional, merek bir tersebut diintegrasikan ke dalam siaran LEC Jerman melalui berbagai konten. Desperados 0.0% juga aktif dalam obrolan Twitch siaran dengan memberikan penawaran dan kompetisi.

Hal serupa juga terjadi pada liga VCT Americas VALORANT milik Riot yang bermitra dengan Heineken 0.0 pada bulan Maret untuk melihat merek non-alkohol tersebut menjadi mitra bir resmi.

Dengan kekhawatiran mengenai perlindungan anak di bawah umur mengingat rata-rata usia penggemar esports, sponsorship dari merek non-alkohol adalah cara cerdas untuk menjangkau audiens target yang diinginkan , dus menghindari beberapa kerumitan yang terlibat dalam periklanan merek alkohol.

7. BLAST bermitra dengan Absolut, Ballantine's, dan Jameson
Operator dan penyelenggara turnamen BLAST bermitra dengan Absolut Vodka, Ballantine's Scotch, dan Jameson Irish Whiskey — merek minuman beralkohol milik Pernod Ricard — pada bulan April menjelang BLAST.tv Paris Major.

Ini menandai kemitraan esports pertama bagi merek-merek Merek bir seperti Bud Light dan Heineken telah memasuki industri esports, namun kemitraan ini adalah pertama kalinya merek wiski dan vodka bermitra dengan merek esports ternama.

Tak lama setelah kesepakatan Pernod Ricard, G2 Esports menjalin kemitraan dengan Jägermeister. Kesepakatan tersebut mencerminkan meningkatnya keterlibatan sponsor alkohol dalam esports seiring dengan berkembangnya pasar.

8. 100 Thieves dan Subway
Organisasi esports Amerika Utara 100 Thieves mengumumkan kemitraan dengan jaringan sandwich Subway pada bulan Mei. Subway menjadi Sandwich Resmi organisasi yang berbasis di LA dan mensponsori tim LCS League of Legends, di samping penempatan logo jersey tim lainnya.

Kedua pihak berkolaborasi untuk merombak fasilitas latihan tim di California jelang League of Legends Championship Series (LCS) Summer Split. LCS adalah liga League of Legends papan atas di AS dan Kanada.

Subway terus memperluas kehadirannya di industri esports. Pada bulan Mei, jaringan ini bergabung dengan organisasi esports Jerman Berlin International Gaming (BIG) untuk menjadi tuan rumah turnamen komunitas CS:GO untuk pasar esports Jerman. Subway juga merupakan sponsor utama organisasi esports asal Inggris, Guild Esports, yang baru-baru ini meluncurkan kembali Talent Series-nya. Namun, Subway bukanlah satu-satunya jaringan makanan cepat saji di esports. Burger King, KFC, dan banyak lagi menjalin kemitraan esports pada tahun 2023.

9. Giants Gaming bermitra dengan Andalusia untuk VALORANT Champions 2023
Pada bulan Agustus, organisasi esports Spanyol Giants Gaming (sekarang GIANTX) bermitra dengan pemerintah regional Spanyol Junta de Andalucía untuk mempromosikan tujuan wisata tersebut selama VALORANT Champions 2023.

Para pemain Giants mengenakan merek Andalucía di kaus mereka selama acara di Los Angeles. Selain itu, kedua pihak mengatakan mereka akan bekerja sama dalam aktivasi digital dan tatap muka sepanjang tahun.

Ini bukan pertama kalinya organisasi Spanyol bermitra dengan tujuan wisata regional untuk membantu mempromosikan pariwisata Spanyol di luar negeri. Awal tahun ini, Giants bermitra dengan Costa del Sol, kawasan wisata Spanyol, dan menampilkan merek tersebut di seragam mereka. Costa del Sol sebenarnya terletak di provinsi Andalusia.

Selain itu, Riot Games juga bermitra dengan Junta de Andalucía pada bulan Agustus untuk mempromosikan wilayah Andalucía selama VALORANT Champions. Esports dapat memberikan manfaat ekonomi yang nyata bagi destinasi, yang semakin diminati oleh destinasi dan organisasi pariwisata.

BACA JUGA: 10 Destinasi Wisata Buat Gamers dan Esports Enthusiast, Resolusi 2024!

10. Guild Esports dan Sky memperluas kesepakatan sponsorship
Organisasi esports yang berbasis di Inggris, Guild Esports, memperluas kesepakatan sponsorship senilai jutaan pound dengan perusahaan telekomunikasi Sky pada bulan September.

Guild Esports menyatakan akan menerima kenaikan biaya sponsorship untuk tahun kedua dan ketiga dari kontrak tiga tahunnya dengan Sky, yang pertama kali diumumkan pada September 2022.

Sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, TV streaming 'Sky Glass' milik Sky telah menjadi mitra Televisi Resmi organisasi tersebut sebagai hasil dari perluasan tersebut. Selain itu, merek Sky Glass dan TV streamingnya akan ditampilkan di kantor pusat organisasi tersebut di London.

Selain melengkapi kantor pusat Guild Esports dengan perangkat Sky Glass, Sky juga menginvestasikan dana sebesar 'enam digit' untuk memperbarui Sky Guild Gaming Centre. Tempat tersebut, yang saat ini digunakan oleh para pemain organisasi untuk berlatih, akan menampilkan peningkatan branding dan peningkatan fasilitas untuk para pemain, staf pelatih, dan pembuat konten.

Sejak bermitra pada tahun 2022, Sky dan Guild Esports telah berkolaborasi dalam berbagai inisiatif. Kampanye ‘No Room for Abuse’ menyoroti pelecehan verbal yang dihadapi para gamer wanita, sementara itu, turnamen ‘Sweat Box’ mengungkap ekspansi Guild ke Street Fighter.

Banyak perusahaan telekomunikasi lain juga terlibat dalam esports. Organisasi esports seluler Tribe Gaming menjalin kemitraan multi-tahun dengan AT&T, sementara Virgin Media mendukung program esports sepak bola Irlandia, dan EE terus mendukung EXCEL (sekarang GIANTX).

11. G2 Esports Kolaborasi dengan DC Comics
Pada bulan April, organisasi esports Eropa G2 Esports mengumumkan kemitraan dengan penerbit buku komik Amerika Utara DC Comics.

Kesepakatan tersebut membuat G2 Esports dan DC Comics bekerja sama untuk menciptakan serangkaian pakaian dan produk bertema edisi terbatas, menggunakan dunia DC Comics untuk membuat aktivasi seputar acara League of Legends.

IMG 004 023 075 1024x576 5feb6

Koleksi apparel pertama yang terinspirasi dari The Joker, antara lain jersey bertema yang dikenakan tim League of Legends G2 Esports pada turnamen Mid-Season Invitational (MSI) mendatang yang berlangsung di London mulai tanggal 2 Mei hingga 21 Mei.

Ikuti terus berita Games dan tekno  terbaru di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian. 

Baca selanjutnya:

The Real Sultan Prince Mohammed bin Salman Berbagi Pandangan Masa Depan Esports

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!