10 Destinasi Wisata Buat Gamers dan Esports Enthusiast, Resolusi 2024!

Cologne di Jerman, Sacramento di Amerika Serikat, Oslo di Norwegia, Zurich di Swiss, dan Stockholm di Swedia adalah tujuan wisata populer bagi para gamer.
Dua dekade silam para gamers mungkin dipandang sebagai sekumpulan orang-orang aneh di klub atau gaming center. Beberapa juga terlihat beda menggunakan akeseori seperti tas keyboard atau akeseoris lainnya. Well, kini Gamers memiliki tempat suci di dunia budaya populer, tepat di samping industri hiburan Film dan Cosplayer.

1966805 759171460774485 1722783285 n.900x 6ef13



Video Game terus tumbuh menjadi industri yang bukan saja menghasilkan perputaran uang miliaran dollar tapi juga telah melahirkan budaya kontemporer yang adaptif dan direproduksi dalam berbagai medium. Beberapa tempat atau kota pun menjadi identik dengan video game, game hingga esports. Tentu saja, hal ini tak terlepas dari suksesnya penyelenggaraan sebuah event atau event rutin yang hadir di kota tersebeut setiap tahun. 

Kota-kota berikut ini cocok untuk semua jenis budaya geek karena video game sering kali menampilkan karakter dari film, buku, dan televisi, termasuk karakter dari kehidupan nyata dan legenda urban. Setiap kota dipilih berdasarkan hubungannya dengan budaya game, yang berarti menyediakan kualitas internet. kemudahan akses, sejumlah event game dan turnamen esports, dan beragam tempat untuk berbelanja souvenir dan berbagai  kebutuhan . Nah, berikut ini 10 Destinasi Wisata Buat Gamers dan Esports Enthusiast. 


10. Tokyo, Jepang
Video Game dan bermain game memang menjadi budaya yang bersahabat di seluruh Tokyo, namun suasana ini terutama terkonsentrasi di Kota Listrik Akihabara. Di sinilah budaya game dan anime kota ini terkonsentrasi, dengan banyak tempat belanja, cosplay, dan tempat nongkrong bertema berdasarkan video game. Lingkungan ini sebagian besar terdiri dari kafe internet yang dilengkapi dengan perangkat keras dan perangkat lunak terbaru, bahkan lebih banyak dibandingkan wilayah kota lainnya. Tokyo menempati peringkat ke-9 di dunia untuk kecepatan internet secara keseluruhan. Gabungkan semuanya dan Anda memiliki tempat yang bagus tidak hanya untuk bermain tetapi juga untuk bersantai dan merasa diterima.

akhibara tokyo 517d2

Tokyo juga menjadi venue TGS, acara pameran tahunan game terbaru yang selalu meriah dan dinantikan gamers di seluruh dunia. 

TGS 2023 baa6d

9. Seoul, Korea Selatan
Tempat lahirnya e-Sports dan MMO berkembang pesat, Korea Selatan menguasai pasar dalam hal permainan kompetitif, perangkat keras yang terjangkau, akses internet publik, dan kecepatan internet. Seongnam, pinggiran kota Seoul yang berpusat pada industri elektronik, adalah tempat terjadinya sebagian besar keajaiban. Standar permainan Korea Selatan ditetapkan oleh Korea e-Sports Association (KeSPA), yang juga merupakan bagian dari Komite Olimpiade Korea dan Federasi e-Sports Internasional. Koneksi serat optik dan teknologi paling mutakhir memastikan Korea Selatan memiliki akses dan kecepatan internet terbaik di dunia. Bersantailah di salah satu dari banyak ruang PC kelas atas selama berjam-jam dengan game favoritmu.

BACA JUGA: PAJAJARAN Esports Bogor Juara Liga Esports Nasional 2023

Seoul juga menjadi kota ikonik dan wajib dikunjungi oleh para esports enthusiast. Di sin ada beberapa venue istimewa yakni: LOL Park dan Nexon Arena. LOL Park dibuka oleh Riot Korea pada tahun 2018 sebagai kompleks eksklusif bertema "League of Legends" (LOL) bernama LOL Park. Terletak di lantai tiga gedung Grand Seoul di pusat kota Seoul, ini adalah rumah baru bagi "League of Legends" Champions Korea (LCK) dengan kapasitas 500 orang. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas termasuk LCK Arena, zona pameran LCK, kafe internet dengan lebih dari 100 stasiun, ruang pertemuan penggemar, dan area kafetaria.  

 zp Sjo WLGAGjuclygXiepzPS87RfL3QHXobqD47Nc b60a2

Di panggung, dipasang layar dioda pemancar cahaya (LED) tiga sisi, yang memungkinkan pengunjung menikmati permainan dari segala sudut. Beralih ke Zona pameran di kompleks memamerkan kaus 10 tim di liga dan miniatur para pro player esports. 

maxresdefault a39b5

Selain LOL, Seoul juga mulai menjadi panggung bagi game FPS tactical Valorant. 

img 8147a 3416c

8. Seattle, Amerika Serikat
Jika kamu harus memilih satu kota di Amerika Serikat untuk dikunjungi dalam daftar tur game, pilih saja Seattle. Secara keseluruhan, di sinilah akses internet paling mudah diakses dan terjangkau di negeri Paman Sam. Kota ini juga menjadi tuan rumah berbagai macam acara dan konvensi game, seperti Retro Gaming Expo dan GeekGirlCon, serta beberapa pertemuan eSports tingkat tinggi. Terakhir, para rakyat Dota 2 juga baru saja berpesta turnamen paling akbar The Internationl 12 di Seattle, tepatnya di Climate Pledge Arena, pada Oktober 2023. 

4867a358 6011 11e6 b0e6 86c5934089d8 592dd


Seattle juga merupakan kota yang bagus bagi para pengembang, insinyur, pembuat kode, artis, dan pihak lain yang memiliki rencana karier yang melibatkan game, dengan nama-nama besar seperti Nintendo Amerika, Microsoft, dan Valve yang menggunakan Seattle sebagai basisnya. 

BACA JUGA: Peking University Buka Kelas Kuliah Manajemen Esports

7. Stockholm, Swedia
Dreamhack merupakan festival yang merayakan segala hal tentang game, berlangsung di beberapa kota tetapi pertemuan di Stockholm adalah yang paling terkenal. Ini memecahkan rekor pesta LAN terbesar pada tahun 1990an dan masih menjadi tuan rumah acara LAN dan festival komputer terbesar di dunia. Kota ini memiliki komunitas esports dan game yang sangat berdedikasi yang mewujudkan semuanya. Hal ini juga membantu negara ini dilengkapi dengan teknologi modern dan akses internet, menjadikan Stockholm sebagai negara terbaik ke-4 di dunia.

stockholm 3897532 1280 24b16

6. Sacramento, Amerika Serikat
Sulit untuk memilih hanya satu atau dua kota di California, negara bagian dimana komputasi rumahan berasal dan game berkembang pesat. Sacramento telah menjadi lingkungan yang mendukung gamers dengan kecepatan internet terbaik. Di sini juga terletak Museum Sejarah Komputer. Apa yang dimulai sebagai demo di toko ritel telah berkembang menjadi koleksi yang mengesankan sejak tahun 1975. Sebuah alasan yang bagus bagi seorang gamer untuk berhenti bermain game sejenak dan mengenal komputer lebih baik.

Bar Shot 1350x900 1 7cb28

5. Köln, Jerman
Sebuah kota yang relatif kecil di dekat perbatasan Fench dan Belanda, Anda mungkin akan terkejut melihat entri ini dalam daftar. Mungkin karena lokasinya di Eropa barat tengah, yang menarik para penggemar sejarah dan penggemar olahraga serta fanatik game. Kecepatan internet di sini luar biasa dan tersedia dengan mudah, dan kami tidak yakin apakah kecepatan tersebut terjadi sebelum kegilaan eSports melanda Köln atau setelahnya. Frankfurt yang berada di dekatnya juga terkenal dalam kategori ini, namun Cologne telah menjadi tuan rumah turnamen eSports dan konferensi game dalam skala besar sejak awal tahun 2000an dan saat ini menjadi tuan rumah bagi ESL One, Gamescom, dan Intel Extreme Masters Tournament.

EA gamescom Koelnmesse web 98ea2

4. Zürich, Swiss
Swiss adalah negara yang berlokasi di pusat kota dan lebih dikenal karena komunikasinya dibandingkan dengan konfliknya. Tidak heran para gamer akan merasa betah berada di jantung industrinya, Zurich. Teknologi kelas atas juga membantu, meskipun harga di sini cenderung sedikit mahal, namun kecepatan unduh dan unggah menjadikannya berharga. Kota ini juga merupakan kota yang bagus untuk konferensi dan pameran yang mengarah pada teknologi komputasi dan game baru. Pada tahun 2018, kota ini menjadi tuan rumah Ludicious Zürich Game Festival, yang memperkenalkan produk baru kepada para gamer, pengembang, dan pelajar, yang mencakup banyak pengujian game. Zürich Game Show diadakan setiap tahun pada bulan September dan mencakup permainan baru, eSports, dan cosplay.

zurich pop con 2023 786b0

3. Los Angeles, California
Salah satu kota terbesar, tersibuk, dan paling mengesankan bagi semua jenis media di mana pun di dunia, inilah kota yang tepat untuk melihat apakah Anda seorang gamer yang suka berpesta. EA dan Playstation sama-sama menyebut LA sebagai rumah mereka, dan daftar konvensi serta festival yang diadakan di sini sungguh luar biasa. Electronic Entertainment Expo (E3) dan Blizzcon hanyalah dua contoh terkenal. Selain itu, kapan pun Anda berkunjung, selalu ada internet cepat dengan harga terjangkau dan banyak kafe internet yang dapat Anda gunakan untuk terhubung.

2. Oslo, Norwegia
Tepat setelah Swedia sebagai negara dengan internet tercepat di Eropa, yang terpenting adalah akses di Oslo, Norwegia. Kecepatannya cepat dan teknologinya mutakhir, dan Anda bahkan tidak perlu membawa komputer sendiri. Anda dapat menemukannya di salah satu kafe internet atau bar, dan kemungkinan besar hotel atau hostel Anda juga memiliki komputer untuk keperluan umum. Oslo adalah surga rahasia bagi para gamer yang belum ditemukan, dengan kota-kota di Swedia dan Jerman yang menjadi tuan rumah turnamen besar.

maxresdefault 1 b5053

Pusat hiburan multi-level Tilt Oslo di pusat kota telah berubah menjadi tempat populer untuk segala hal yang berhubungan dengan game. Temukan keajaiban dan serunya pengalaman gaming di Oslo sebelum orang banyak mengetahuinya.

1. London, Inggris
Ketika kamu mengunjungi London cobalah beberapa bar-bar populer setempat. Kamu juga bisa menemukan bar esports. Meski ini bukanlah bar eSports pertama di dunia, namun London adalah pusatnya. Ada beberapa tempat lain yang mengikuti tren ini, dan hasilnya adalah perpaduan menarik antara permainan dan budaya pub Inggris. Red Bull Gaming Sphere, sebuah studio eSports dan game yang luas yang mencakup konsol, headset VR, dan simulator balap, baru-baru ini dibuka untuk mendapat sambutan hangat dari para gamers.

20220415 190349 a4a9c

lon 0d4a0

Jika kamu sudah mengunjungi tiga tujuan permainan teratas ini dan ingin lebih banyak tempat menarik untuk dikunjungi, berikut 5 destinasi populer lainnya:

Copenhagen, Denmark
Hangzhou. Shanghai, Tiongkok
New York, AS
Makau, Tiongkok
Warsawa, Polandia

Beberapa kota yang disebutkan di atas adalah rumah bagi kasino darat terbesar di dunia, dan setiap tempat memiliki ribuan mesin slot video, permainan meja & kartu tradisional, dan permainan bergaya lotere, seperti keno dan bingo.

Ikuti terus berita Games dan tekno  terbaru di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian. 

Baca selanjutnya:

Inilah Daftar Peraih Penghargaan Esports Awards 2023, MLBB Masih Raja di Mobile Games!

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!