The Real Sultan Prince Mohammed bin Salman Berbagi Pandangan Masa Depan Esports

by Visahat

Dalam percakapan dengan Fox News, Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman berbagi sisi yang kurang dikenal dalam hidupnya: hasratnya yang kuat terhadap video game. Dia mengungkapkan bagaimana bermain game, sebuah hobi sejak masa mudanya, menawarkan perlindungan dari tuntutan tugas kerajaannya.

Refleksi jujur Putra Mahkota menjadi latar belakang penting bagi munculnya penekanan Arab Saudi pada domain esports. Dana kekayaan negara negara ini mengalokasikan hampir $40 Miliar untuk mengubahnya menjadi pusat global untuk game dan esports pada tahun 2030.

Melalui unit investasi Savvy Games Group, perusahaan telah menginvestasikan $8 miliar di industri game dan esports. Sebagian besar dana ini dikerahkan untuk membeli saham di beberapa perusahaan game dan esports termasuk penyelenggara acara ESL Gaming dan platform turnamen FACEIT.

Putra Mahkota Saudi menjelaskan Mengapa Esports Berkembang Begitu Pesatnya
Mohammed bin Salman memberikan wawasan tentang dukungan Arab Saudi terhadap esports, sebuah industri yang mengalami pertumbuhan eksplosif secara global. Dia menggarisbawahi keuntungan tahunan yang luar biasa sebesar 15% hingga 25% yang diperoleh esports dari Dana Investasi Publik (PIF).

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman menjelaskan dalam sebuah wawancara dengan Fox News mengapa negara tersebut begitu banyak berinvestasi dalam video game dan esports. Dia membandingkan kompetisi video game dengan Hollywood, dan mengatakan bahwa kompetisi tersebut bahkan lebih populer. Mohammed sendiri adalah seorang gamer, dia bilang dia suka bermain di waktu luangnya.

“Esports muncul sebagai sensasi global,” komentar Putra Mahkota. “Melihat tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 30%, keuntungan yang diperoleh dari investasi PIF di bidang ini sungguh luar biasa. Signifikansinya setara dengan melampaui Hollywood.”

Bagi Putra Mahkota, bermain game bukan hanya soal bisnis. Ini juga merupakan hobi pribadi yang disayanginya, yang ia lakukan bersama anak-anak dan orang kepercayaannya.

BACA JUGA: MPL MENA Dapat 1 Slot Tambahan di Wild Card M5 Mobile Legends Bang-Bang

Sebagai hasil dari investasi Arab Saudi dalam game dan esports, pasar game di negara tersebut, yang bernilai $1 miliar pada tahun 2021, diproyeksikan akan mencapai $6,8 miliar pada tahun 2030. Negara ini bertujuan untuk memanfaatkan populasi generasi mudanya, dengan 85% penggemar game berada di negara tersebut. Timur Tengah dan Afrika Utara yang berdomisili di Arab Saudi.

Festival game Gamers8 yang populer di negara ini yang menampilkan total hadiah sebesar $30 Juta USD juga dengan cepat mendapatkan popularitas sebagai salah satu acara utama dalam kalender esports untuk berbagai game termasuk Dota 2 dan PUBG Mobile.

Konvergensi perkembangan ini, yang mencakup dukungan tegas Putra Mahkota terhadap esports dan akuisisi ESL dan FACEIT oleh PIF, membawa kita ke arah yang tepat untuk masa depan esports di Arab Saudi dan arena esports global. Investasi besar yang dilakukan Kerajaan ini siap untuk memperkuat dan mendorong industri ini ke tingkat yang lebih tinggi di tahun-tahun mendatang.

[Interviewer: Apa yang Anda lakukan untuk mengeluarkan tenaga?] Videogame. [Pewawancara: Oh, apa itu? Video game? Kamu seorang gamer yang hebat?] Sejak aku masih kecil, aku menyukainya. Ya, itu memisahkanku dari kenyataan. Esports adalah salah satu hal terpenting yang terjadi secara global. Ini adalah salah satu industri yang paling berkembang di planet ini.

Pertumbuhannya mencapai 30% setiap tahunnya. Pengembalian investasi PIF [Dana Investasi Publik] setiap tahunnya berkisar antara keuntungan 15% hingga 25%. Jadi sungguh menakjubkan, dan kami tidak ingin melewatkannya. Ini seperti mengalahkan Hollywood saat ini. Salah satu streamer di Esports ini sudah ditonton lebih dari dua miliar kali, lebih banyak dari film terbesar Hollywood. Sungguh menakjubkan.

Mohammed bin Salman, Perdana Menteri dan Ketua Dana Investasi Publik
PIF yang disponsori pemerintah Arab Saudi telah melakukan beberapa investasi besar di industri game. Perusahaan mereka memiliki saham di Capcom, Nintendo, Nexon, SNK. Operator turnamen esports ESL Gaming dan FACEIT dibeli seharga $1,5 miliar. Pada awal tahun 2022, jurnalis Richard Lewis menyatakan bahwa PIF berencana untuk menginvestasikan sekitar $30 miliar ke dalam esports, game, dan media. Lewis adalah salah satu kritikus paling vokal terhadap keterlibatan Saudi dalam esports, mengkritik banyak mantan rekannya karena ketidakkonsistenan dalam nilai-nilai dan ketidakjujuran.

Pada tahun 2023, PIF mengumumkan pembangunan "Kota Esports" di Riyadh untuk menjadikannya "pusat global bagi industri ini". Mereka juga meningkatkan jumlah hadiah acara Gamers8 tahunan mereka hingga $45 juta, dengan Riyadh Masters Dota 2 memiliki sepertiga dari jumlah ini sebagai acara utama festival.

Ikuti terus berita esports terbaru di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

Liga Esports Nasional 2023 Dibuka di Palembang, 12 Tim Berebut Hadiah 3,2 Miliar Rupiah

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!