File Update Genshin Impact Butuh Storage Besar di Smartphone, Simak Solusinya

Para pemain Genshin Impact antusias menantikan kedatangan update patch 3.0. Dibukanya wilayah baru bernama Sumeru menandai ekspansi utama kedua ke game ini setelah wilayah Inazuma. Patch baru akan membawa pemain menjelajahi area baru, domain untuk dibersihkan, farming dan hunting boss monster serta banyak aktivitas lainnnya. Namun, semua update yang menggoda itu juga berarti tantangan bagi player/pemain yang bermain di smartphone. 

Besarnya ukuran file update patch sebuah game kadang memang bisa menjadi pertimbangan. Bagi para gamers mobile, hal ini tak jarang jadi masalah yang mengkhawatirkan. Pangkalnya apalagi kalau bukan storage atau ruang penyimpanan yang dibutuhkan (selain RAM tentunya) agar bisa terus melanjutkan game yang sudah dimainkan.

genhsin impact 3 b8586

Ukuran File Genshin Impact di Ponsel 

Genshin Impact sebagai MMORPG open-world terus berkembang dalam ukuran file.  Saat ini, perangkat seluler membutuhkan penyimpanan 20GB atau lebih dan RAM 4GB untuk menjalankan game Genshin Impact dengan lancar. Dan ini akan meningkat setelah update Sumeru. Menurut beberapa bocoran dari bulan lalu, ukuran file update Sumeru akan lebih besar dari Liyue, yang saat ini merupakan wilayah terbesar dalam game.

genshin impact sumeru trailer teaser 685ed

Memang, persyaratan 20GB jauh lebih ringan dibandingkan dengan port Genshin Impact untuk PC, yang membutuhkan cadangan sekitar 30GB atau lebih, tergantung pada pembaruan saat ini. Namun, seperti kita tahu, PC biasanya memiliki setidaknya 250GB storage , sementara smartphone modern rata-rata memiliki 64GB, model lama mungkin hanya memiliki ruang penyimpanan 32GB.

genshin impact pc smartphone d106f

Komunitas pemain Genshin Impact di seluler pun berupaya mencari solusi agar game dapat terus berjalan di perangkat mereka. Namun, seiring update patch, sepertinya ukuran space yang dibutuhkan akan bertambah seiring semakin banyaknya pembaruan konten yang datang.

BACA JUGA: Akun Genshin Impact Jepang Bagikan Trailer Region Baru Sumeru

Solusi untuk Genshin Impact untuk Platform Mobile
Pemain seluler dapat meminimalkan penggunaan penyimpanan game dengan menghapus aplikasi sepenuhnya lalu mengunduhnya kembali saat pembaruan Genshin Impact mendatang tiba. Artinya, dengan hanya mengunduh patch terbaru tidak menghapus file patch sebelumnya, sehingga membuat game memerlukan lebih sedikit ruang daripada yang seharusnya. Meskipun ini adalah cara yang lebih membosankan untuk bermain, cara ini signifikan mengurangi penggunaan penyimpanan game.

Ide lain adalah menghapus paket suara (sound) di dalam game. Mereka yang hanya memainkan game dengan suara bahasa Inggris, misalnya, dapat menghapus file untuk suara Cina, Jepang, dan Korea. Setiap paket suara berisi setidaknya 4GB data, jadi menghapus opsi akan membuat Genshin Impact berjalan lebih lancar. Untuk melakukan ini, cukup navigasikan ke menu pengaturan Genshin Impact dan buka tab Bahasa.

Genshin Impact iOS Android 023 jpg 820 3a30b

Terakhir, pemain seluler Genshin Impact harus membersihkan cache secara teratur karena ini dapat mengosongkan penyimpanan serta meningkatkan kinerja ponsel cerdas. Ini dapat dilakukan melalui menu pengaturan aplikasi perangkat seluler dan bukan dalam game. Sayangnya, ini tidak banyak membantu dalam jangka panjang. Well,  semua metode di atas mungkin hanya menjadi solusi jangka pendek untuk masalah ukuran file Genshin Impact yang semakin besar. Meskipun mudah untuk mengatakan bahwa pemain seluler harus membeli ponsel yang lebih baik atau bermigrasi ke PC, tidak semua pemain memiliki kemewahan itu. Mungkin sudah waktunya bagi HoYoverse untuk memikirkan cara membuat Genshin Impact lebih mudah diakses oleh pemain seluler. 

genhsin impact update file besar berat 9448b

Satu ide yang dilontarkan adalah opsi untuk menginstal update secara khusus untuk sebuah wilayah. Ini akan memungkinkan pemain untuk menyingkirkan file khusus wilayah untuk memberi ruang bagi konten yang lebih baru. Misalnya, seorang pemain dapat menghapus wilayah Mondstadt dan Dragonspine di Genshin Impact dari peta di client game mereka. Namun, pemain baru bisa memasuki wilayah tersebut sampai mereka mengunduh ulang file lagi. Opsi lain adalah mengizinkan pemain untuk menghapus data yang terkait dengan misi yang telah diselesaikan karena ini tidak lagi terkait dengan pencarian baru atau tugas terkait acara.

Secara keseluruhan, bagi pemain tentu akan sangat melelahkan jika harus menghapus aplikasi dan media lain untuk memberi space untuk game sebesar Genshin Impact. Jadi, mungkin HoYoverse dapat membantu dalam mengecilkan ukuran file. Sampai itu terjadi, pemain seluler harus menyiapkan ruang untuk update Sumeru.

Ikuti terus berita terbaru Genshin Impact di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

Resmi Diumumkan, Inilah 3 Karakter Sumeru di Genshin Impact 3.0!

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!