Sempat Menjadi Tunawisma, Video Game Menyelamatkan Hidup Ryan Hart

Kisah nyata Ryan di mana game menyelamatkan hidupnya dan membentuk masa depan cerah.
ryan hart video game

Banyak kisah sukses yang sudah terlahir dari dunia video game, kali ini penulis akan menceritakan salah satunya. Ryan Hart, streamer dan pemain profesional yang dikenal dengan sederatan rekornya dalam Guinness world record berkaitan dengan video game.

Kisahnya bermula saat dia berumur 10 tahun. Ibunya memberikan uang recehan untuk bermain Gold Axe, Game Sega. Tanpa lama, Ryan langsung terpikat. Sejak itu, ia mengikuti berbagai turnamen seperti di Trocadero Center, sebuah kompleks hiburan di Piccadilly Circus London. Pada usia ke 17, Ia berhasil merebut gelar juara national pertamanya. 

ryan hart guiness

Namun, hidupnya tak selalu indah seperti itu. Pada usia 18 tahun, nasib buruk menimpanya. Keluarga Ryan diusir oleh tuan tanah dan memaksa keluarga hidup di pinggir jalanan London. Meski hidupnya melarat, Ryan tetap tak pernah berhenti melanjutkan hobinya dan ikut serta dalam turnamen. 

“Ada kalanya saya akan memiliki turnamen yang akan datang, namun dalam pikiran saya khawatir di mana saya bakal tidur malam itu,” tambahnya.

Ryan mengaku perjalanan kesehatan mentalnya mulai memburuk. Selama kesulitan tersebut, satu-satunya hal yang menyemangati hidup Ryan adalah arcade video game. 

Ryan Hart arcade game

"[Arcade game] adalah rumah saya, tempat perlindungan saya, tempat di mana saya dapat meninggalkan masalah saya di depan pintu dan tidak peduli dengan hal lain ," kata Ryan dikutip dari CNN. 

Ia sangat berterima kasih dengan komunitas di sekitarnya. Meski sempat dianggap sebagai anak remaja yang bermasalah, mereka tetap memberikan kesempatan dan semangat untuk Ryan dalam melanjutkan hobinya. 

Hingga akhirnya, ia diberikan peluang yang luar biasa. 

Pada tahun 1988, Ryan diundang untuk mengikuti pertandingan Internasional, kompetisi Tekken 3, game asal Jepang yang sedang populer saat itu. Ryan berhasil merenggut gelar juara dunia pertamanya. Sejak itu, ia menjuarai lebih dari 400 turnamen dan namanya dikenal oleh seluruh dunia. 

BACA JUGA:

Ini Dia Mobile Game Nomor 1 di Indonesia, Laris Dengan Ratusan Juta Download

ryan hart gamer

Kini, Ryan dikenal dengan sebutan "Robotnik," "Anak Hilang," dan "The Terminator.” Ia memiliki lebih dari 7k followers di Twitch, di mana ia mengajari fans teknik dan tips gaming, terutama game berjudul Tekken dan Street Fighter. 

Dengan perkembangan dunia esports yang melonjak di tahun ini, karier Ryan pun semakin berkembang pesat. 

Menurut Hart, video game merupakan tempat pelarian untuk orang-orang seperti dia yang tidak bisa hidup sesuai norma sosial. Game dapat membawa mereka untuk bertemu dengan komunitas dan orang lain yang selaras. 

"Bermain game adalah kenyamanan bagi seseorang yang tidak bisa terhubung dengan apapun sebelumnya," katanya Hart. 

Hidup Hart yang terselamatkan oleh video games ini menjadi salah satu bukti nyata bahwa video game bukan hanya “game” yang tidak berguna dan membuang waktu. Segala sesuatu yang ditekuni dengan baik pasti memberi jalan keluar. Jika Hart tidak terus bermain, mungkin hidupnya tak akan bergelimang seperti sekarang ini.


 Untuk berita game dan esports terbaru, jangan lupa kunjungi Ligagame Esports ya!

BACA JUGA:

Aktif Main Game Saat Muda Bisa Bikin Makin Cerdas? Ini Kata Riset Terbaru!

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!