Roblox Hadapi Gugatan $200 Juta Terkait Konten Musik

Roblox digugat

NMPA (National Music Publishers Association) menggugat developer game Roblox sebesar $200 juta karena penggunaan musik di platform game online.

Platform game online Roblox telah mengalami peningkatan yang cukup besar dalam beberapa bulan terakhir. Pemain Roblox menghabiskan ribuan untuk pembelian item virtual dalam game, mengalirkan keuntungan bagi Roblox Corporation. Namun pihak pengembang tampaknya harus bersiap dengan risiko berkurangnya pendapatan.

Dilansir dari Variety, Roblox digugat oleh NMPA (National Music Publishers Association) karena penggunaan musik secara ilegal pada platformnya dan menuduh perusahaan game tersebut menggunakan lagu-lagu dari banyak artis musik tanpa kompensasi.

Dalam laporan tersebut, NMPA mencantumkan beberapa artis musik yang lagunya digunakan di platform game online Roblox. Daftar tersebut termasuk Ariana Grande, Imagine Dragons, deadmau5, Ed Sheeran and the Rolling Stones, dan banyak lainnya. Pada saat berita ini diturunkan, Roblox Corporation belum mengomentari situasi atau gugatan dari NMPA.

roblox music codes gw 23cc0

Masih menurut laporan di atas, gugatan telah disampaikan oleh presiden dan CEO NMPA David Israelite pada pertemuan tahunan asosiasi perdagangan tahun 2021. Israelite menyatakan bahwa Roblox Corporation akan menggunakan musik artis tanpa membayar mereka atau pemegang hak cipta. Dia melanjutkan bahwa perusahaan gme itu mengambil keuntungan dari jutaan pemain Roblox dengan meminta mereka membayar setiap kali mengunggah musik.

 BACA JUGA: Kantor MiHoyo Diserang Pria Bersenjata Pisau!

Israelite juga mengatakan bahwa perusahaan mengeksploitasi kurangnya pemahaman pemain muda Roblox tentang pelanggaran hak cipta tanpa memperingatkan para pemainnya tentang risikonya. Menurut data, Roblox Corporation memiliki kapitalisasi pasar sekitar $52 miliar, dan harga sahamnya juga telah meningkat sebesar 31% sejak IPO awal Maret lalu.

Gugatan NMPA diajukan atas nama artis musik dan berbagai perusahaan recording lainnya termasuk ABKCO Music & Records, Big Machine Records, Concord Music Group dengan Pulse Music Group, dan deadmau5 (Joel Zimmerman). Artis dan label lain yang bergabung termasuk Downtown Music Publishing, Hipgnosis, Kobalt Music Group, MPL Music Publishing, Peermusic, Reservoir Media Management, Spirit Music Group, dan UMPG.

Laporan tersebut menyatakan bahwa gugatan NMPA mencari ganti rugi moneter untuk "eksploitasi musik tanpa malu-malu dan tanpa lisensi yang tepat" untuk digunakan Roblox. Tujuan dari gugatan itu adalah untuk memastikan para pencipta lagu dibayar penuh untuk karya mereka yang digunakan di platform game online. Gugatan ini juga betujuan  agar Roblox Corporation menempatkan posisi pencipta musik secara proporsional ketika karya mereka berkontribusi pada popularitas dan keuntungan platform game.

Ikuti terus berita esports terbaru di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian! 

Baca selanjutnya: 

NBA 2K Jalin Kemitraan dengan Sony, Playstation 5 Jadi Konsol Resmi

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!