Rencana Microsoft untuk Menambahkan Iklan pada Game Free-To-Play

by Jessica Elaine

Seperti yang Ligagamers ketahui, Game Free-To-Play merupakan jawaban yang paling tepat untuk kalian yang ingin bermain tanpa harus mengeluarkan duit sepeserpun. Lalu, jika game-nya sendiri gratis, bagaimana cara pihak developer mendapatkan keuntungan?

Terdapat dua cara yang memungkinkan bagi pihak developer untuk mendapatkan revenue. Pertama, dengan cara melakukan penjualan untuk beberapa item in-game seperti skin, senjata, maupun karakter baru. Kedua, dengan cara memberikan kesempatan kepada perusahaan tertentu untuk memasang iklan di game mereka.

Rencana kedua ini, sepertinya mulai dipertimbangkan oleh pihak Microsoft untuk diterapkan pada Game Free-To-Play mereka. Namun, Ligagamers tidak perlu khawatir, karena nantinya iklan yang ditampilkan tidak akan berpengaruh terhadap jalannya gameplay dari game yang bersangkutan.

Dilansir dari Business Insider, Microsoft akan memberikan kesempatan pada perusahaan untuk menaruh iklan di papan iklan dalam game, maupun penggunaan produk dalam game. Salah satu contohnya seperti munculnya baterai Energizer dan papan iklan Verizon dalam Game Alan Wake. Contoh lain seperti penambahan beberapa mobil Mercedes-Benz GLA, 1957 SL 300 Roadster, dan 1934 W25 Silver Arrow di Mario Kart 8.

BACA JUGA: Steam Deck Masuki Beta Untuk Support Windows 11

Upaya yang dilakukan oleh Mircrosoft ini, memiliki tujuan untuk membuka ruang pemasukan baru bagi para developer Game Free-To-Play, khususnya mereka yang masih kecil dan baru saja merintis. Oleh sebab itu, dilansir dari Business Insider, Microsoft nantinya tidak akan mengambil keuntungan dari sektor periklanan ini. Keuntungan yang didapat hanya akan dibagikan antara dua pihak, yaitu developer dan perusahaan yang diiklankan.

Beberapa kekhawatiran tentu dirasakan oleh Microsoft sebelum mengambil keputusan tersebut. Microsoft khawatir bahwa adanya iklan berlebih akan membuat para pemain merasa terganggu. Itulah sebabnya, perusahaan tersebut hanya berniat untuk menambahkan iklan pada Game Free-To-Play.

Selain itu, kekhawatiran lain terletak pada kemungkinan Microsoft menggunakan konsep iklan yang ditargetkan. Hal ini tentu akan memanfaatkan data pengguna dari layanan miliknya. Namun, berdasarkan informasi yang didapat dari Business Insider, Microsoft tidak akan membiarkan hal itu terjadi. Mereka tidak akan mengumpulkan data dari layanan miliknya.

Ide iklan untuk Game Free-To-Play ini sebenarnya merupakan langkah yang cerdas dari Microsoft. Sebelumnya, perusahaan tersebut juga sempat mempatenkan ide baru untuk game multiplayer lokal dan remote split-screen sebagai salah satu langkah untuk menarik lebih banyak developer.

Dengan adanya pemasukan tambahan dari iklan, para developer tentu akan semakin termotivasi untuk menggarap game baru di platform Xbox, mengingat biaya pengembangan akan berkurang. Wah, menurut Ligagamers gimana nih? Setuju gak dengan ide yang dicanangkan oleh Microsoft? Kalau Min Budi sendiri, selama iklannya tidak mengganggu jalannya gameplay, harusnya tidak masalah sih.

Baca selanjutnya:

Developer Pokemon GO Umumkan Game Augmented Reality Peridot

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!