Siapkah Ligagamer dengan Kehadiran Valorant Versi Console?

by Jessica Elaine

Jika dibandingkan dengan game FPS pada umumnya, Valorant dari Riot Games hadir dengan warna yang berbeda. Riot memutuskan untuk menggabungkan dua elemen, yaitu fantasi dengan permainan taktis, yang pada akhirnya menjadi ciri khas dari game ini.

Sayangnya, hingga saat ini Valorant masih menjadi game eksklusif untuk PC saja. Gamer pada platform berbeda, seperti mobile ataupun console, belum bisa menikmati game tersebut. Meskipun begitu, Riot nampaknya cukup aware akan permasalahan ini. Mengingat bahwa kedepannya Valorant Mobile dan Valorant Console akan segera hadir.

Saat acara Xbox and Bethesda Games Showcase 2022 berlangsung, muncul sebuah kabar yang cukup mengejutkan bagi para penggemar. Kedepannya, judul game milik Riot Games, akan segera hadir ke Xbox Game Pass. Berarti, Valorant kelak juga dapat dimainkan di Xbox.

Tidak berhenti sampai di situ, pelanggan Xbox Game Pass juga akan mendapatkan akses instan untuk 18 agent, sejak awal permainan. Kalian juga bisa mendapatkan akses hari pertama untuk agent baru mana pun, yang nantinya akan ditambahkan ke dalam permainan. Jadi, dapat dipastikan bahwa Valorant nantinya akan hadir di Xbox. Namun, untuk platform di luar Xbox layaknya PlayStation dan Nintendo Switch, Ligagamer masih perlu menunggu untuk update info selanjutnya.

BACA JUGA: Riot Jalin Kemitraan dengan XBox, Hadirkan Unlock Character Valorant dan LoL!

Joe Ziegler selaku Game Director Valorant menyatakan bahwa, proses yang harus dilalui untuk mewujudkan hal ini tidaklah mudah. Terdapat banyak tantangan dan kesulitan. “Jika kita mengambil konsep ini dan membawanya ke platform lain, apakah mereka akan berhasil? Apakah game-nya bisa dinikmati pada platform tersebut?” ujar Zigler.

Riot pastinya tidak akan sekedar memindahkan game yang sudah ada ke platform yang berbeda. Mereka bertekad untuk memastikan bahwa pengalaman gameplay di konsol akan sama bagusnya dengan yang ada di PC.

Jika Riot telah berhasil merilis Valorant ke platform console, dapat dipastikan bahwa game tersebut akan tersedia di PlayStation 5 dan Xbox Series X/S. Sementara untuk perangkat console generasi tua lainnya, tergantung pada berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh Riot dalam mengembangkan Valorant Console.

Memang tidak dapat diragukan lagi, bahwa ketika tahap perilisan diperluas ke PlayStation 4 dan Xbox One, target pasar tentunya juga akan meningkat. Tetapi, untuk mencapai keputusan tersebut, Riot masih memerlukan analisis lebih lanjut.

Riot perlu melihat apakah nantinya masih banyak pemain yang aktif di perangkat console generasi tua atau tidak. Kalau iya, hal ini mungkin akan dipertimbangkan ke depannya. Gimana, Ligagamer sudah siap untuk menyambut kehadiran Valorant Console?

Baca selanjutnya:

Spesifikasi PC Untuk Main Rainbow Six Extraction

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!