Tim Sepak Bola AS Monaco Jalin Kejasama dengan Gambit Esports!

Satu lagi tim liga Perancis yang bekerjasama dengan organisasi esports!
by Seno Aji
AS Monaco Jalin Kejasama dengan Gambit Esports

AS Monaco, salah satu klub sepak bola yang bertanding di kasta tertinggi liga Perancis, Ligue 1, akhirnya menjadi tim sepak bola liga Perancis kedua yang membangun kerja sama dengan organisasi esports. AS Monaco melalui AS Monaco Esports sebagai divisi esports klub tersebut, memutuskan untuk berkolaborasi dan bekerja sama dengan salah satu organisasi esports asal Rusia yaitu Gambit Esports.

Dari informasi yang dirilis, kerjasama antara AS Monaco Esports dan Gambit Esports ini akan menyandang sebuah nama baru, AS Monaco Gambit. Selain itu nantinya tim ini juga akan mengenakan seragam bermotif diagonal putih-merah seperti tim sepak bola AS Monaco. Seperti yang dikabarkan melalui sosial media kedua pihak pada tanggal 9 Februari 2021 kemarin.

Gambit yang merupakan organisasi esports adal Russia ini memiliki 2 buah roster, satu untuk game Fortnite dan satu lagi untuk game Dota 2. Keseluruhan roster ini nantinya akan memakai nama AS Monaco Gambit dan menggunakan “ASM.GMB” sebagai team tags mereka di dalam game.

BACA JUGA: Olympique Marseille Terjun ke Esports Bareng Tim Grizi

"Terbentuknya tim gabungan memungkinkan kami mengambil langkah baru di sektor ini, dengan menggabungkan kekuatan dengan referensi di kancah esports internasional," ujar Oleg Petrov Vice President dan CEO AS Monaco dalam rilisnya dilansir Esports Insider.

Dengan munculnya kerjasama ini, Gambit Esports menjadi organisasi asal Russia pertama yang melakukan hal ini dengan klub sepak bola internasional. Sedangkan untuk AS Monaco, mereka akan menjadi tim sepak bola Perancis kedua (setelah PSG/Paris Saint-Germain yang melakukan kerjasama dengan organisasi LGD dari Tioongkok dan RRQ dari Indonesia) yang melakukan kerja sama dengan sebuah organisasi esports. Tetapi AS Monaco juga akan menjadi tim sepak bola pertama yang masuk di skena Fortnite.

Sekilas info aja nih, Fortnite adalah salah satu game yang paling digemari para pemain sepak bola Eropa, mereka biasanya akan meniru gerakan dansa yang ada di Fortnite saat melakukan selebrasi gol. Salah dua contohnya yang pernah melakukan tarian Fortnite sesaat setelah mencetak gol adalah Dele Ali (Tottenham Hotspurs) dan Atoine Griezmann (Barcelona), bahkan pesepak bola mega bintang seperti Neymar (PSG) pernah sampai berkolaborasi dengan Ninja.

Selain itu baru-baru ini Fortnite juga mengadakan event cross over yang menghadirkan beberapa jersey tim sepak bola sebagai bahan kosmetik. Enggak berenti sampai di situ, Epic Games bahkan sempat bermitra dengan salah satu legenda sepak bola asal Brazil, Pele, untuk menggunakan selebrasi “pukulan ke udara” yang akhirnya menjadi salah satu emote in-game yang ikonik.

Di saat tim-tim sepak bola lain membangun divisi esportsnya sendiri, langkah yang dilakukan AS Monaco dan PSG dalam menjalin kerja sama dengan organisasi esports yang sudah ada terbilang cukup pintar karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membangun divisi tersebut dari bawah. Pilihan AS Monaco untuk bekerja sama dengan Gambit Esports juga bisa dibilang wajar, mengingat presiden klub ini, Dmitry Rybolovlev adalah warga negara Russia.

Menarik untuk menyaksikan kolaborasi terbaru ini berjuang dan mengangkat namanya di skena Dota 2 serta Fortnite. Akankah kolaborasi ini sukses dan bisa mengantarkan kejayaan? Atau hanya menjadi kolaborasi lain yang enggak bertahan lama? Kita tunggu saja!

Baca selanjutnya: Manchester City dan FaZe Clan Jadi Tuan Rumah Turnamen Fortnite 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!