8 Games Esports yang Akan Dipertandingkan di SEA Games 2021

8 Cabang Esports SEA Games 2021

Esports menjadi cabang olahraga (cabor) yang memperebutkan medali resmi di SEA Games ke-31 di Hanoi. Menurut berita terkini, 8 title game akan dipertandingkan pada pesta olah raga Asia Tenggara pada November- Desember 2021 mendatang. 

Masuknya esports menjadi cabang resmi olahraga di SEA Games 2021 telah melalui proses panjang. Upaya yang digalang AESF (Asian Electronic Sports Federation) akhirnya mendapa lampu hijau dan persetujuan dari Southeast Asian Games Federation Executive Committee pada November tahun lalu. Hal ini tentu disambut positif dan antusias oleh publik dan pecinta esports di Asia Tenggara. Selain euforia dan semangat, simpang-siur game apa saja yang akan diipertandingkan juga jadi berita yang menarik untuk diikuti.

Pada SEA Games 2019 di Filipina, ada 6 cabang/title game yang dipertandingkan yakni Mobile Legends, Arena of Valor, Hearthstone, Dota 2, dan Tekken. Bagaimana untuk SEA Games di Vietnam? Dari bocoran yang beredar di media-media Vietnam bersumber dari Kementrian Olahraga negara tersebut, ada perubahan cabang dan penambahan game yang dipertandingkan. Dota 2, Tekken, dan Hearthstone sementara tidak masuk.

BACA JUGA: OCA dan AESF Sepakat Luncurkan Kampanye ‘Road to Asian Games’ 2022

Game-game yang akan dipertandingkan pada SEA Games ke-31 adalah Mobile Legends, Arena of Valor, Wild Rift (pria dan wanita), Free Fire, PUBGM (solo dan tim), League of Legends, FIFA Online 4, dan Raid (Crossfire). 5 game mobile yang akan dipertandingkan memang hits dan banyak dimainkan di Asia Tenggara dalam kurun tiga tahun terakhir.

sea gmes 2021 Vietnam 1ef66

Vietnam selaku tuan rumah terus mengebut persiapan dan berharap pandemi Covid semakin mereda sehingga SEA Games ke-31 dapat digelar sesuai jadwal di bulan November nanti. Artinya, kini negara-negara ASEAN bisa melakukan persiapan kontingen timnas untuk setiap cabor esports yang telah diumumkan.

Terkait 8 title games yang bocor di salah satu media di Vietnam, Ketum IESPA , Bpk. Eddy Lim tidak menjawab judul gamenya. Beliau hanya mengatakan, lebih baik tunggu pengumuman resmi dari pihak Vietnam.

"Dari informasi terbaru yang didapat, ada 8 game, 1 team game khusus untuk wanita dan 1 individual, sehingga total ada 10 medali yg diperebutkan.
Title-nya masih harus menunggu pengumuman resmi dari pihak SEA Games," demikian ungkap Eddy.

BACA JUGA: Dream team MLBB versi RRQ Xin untuk SEA GAMES 2021

Kita berharap pesatnya pertumbuhan ekosistem dan komunitas esports di Tanah Air, yang sedikit banyak juga meningkat di tengah situasi pandemi, bisa lebih maju dan kuat lagi di waktu ke depan. Masih diperlukan banyak kerja dan sinergi positif antara semua pihak demi menumbuhkan iklim ideal bagi kemajuan esports yang bermuara pada prestasi. Maraknya turnamen dan scene kompetitif hingga hadiah besar semestinya bukan sekedar menjadi ajang bergengsi, tapi juga diikuti regenrasi dan pembinaan atlet esports generasi berikutnya.

Ikuti terus berita esports terbaru di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian! 

Baca selanjutnya:

Esports Akan Dipertandingkan di Asian Games 2022 Hangzhou, China. Tapi sebagai Cabang Medali Atau Demonstration Title ?

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!