Whitemon Ungkap Perbedaan Match Region SEA dengan DPC Lain, Faktanya Mengejutkan!

Whitemon Ungkap Perbedaan Region SEA dengan DPC Lainnya

Matthew "Whitemon" Filemon, pemain Indopride yang kini merantau di region NA (Amerika Utara) menyebutkan perbedaan durasi permainan di wilayah SEA (Southeast Asia- Asia Tengara). Whitemon yang kini berkiprah bersama TSM, menunjukkan banyaknya permainan late game di DPC SEA. 

Saat DPC akan memulai musim baru 2023, Whitemon memutuskan untuk memperluas wawasannya dan menjelajahi keluar dari zona nyamannya. Meski awalnya ia sempat menghadapi dilema antara bermain untuk Talon Esports atau TSM, pemain berusia 22 tahun itu akhirnya memilih tim NA dan mewakili Indonesia di belahan dunia lain.

Dalam wawancara pasca-pertandingan, Whitemon menyebutkan perbedaan antara durasi permainan wilayah SEA dan NA. Dan, faktanya cukup mengejutkan. Whitemon yang dipercaya menjadi kapten tim TSM membagikan pemikirannya tentang kecepatan permainan NA yang lebih cepat dibandingkan dengan SEA.

Whitemon juga berbicara pengalamannya saat mewakili Indonesia di IESF WEC 2022, bermain dengan Topson dan ana dan bergabung dengan TSM untuk berkompetisi di Dota Amerika Utara. 

indonesia juara dota 2 iesf 2022 bali 8b94b

Perbedaan antara DPC SEA dan NA

Usai membawa TSM meraih kemenangan atas 5RATSFORCESTAFF dalam waktu perminan relatif cepat (mid game), Whitemon mengakui perbedaan permainan/game antara dua region. 

Selama wawancara, panelis Maurice "KheZu" Gutmann bertanya kepada kapten asal Indonesia itu tentang pengalamannya di wilayah NA dibandingkan dengan SEA. Whitemon menunjukkan perbedaan kecepatan dan bagaimana ada lebih banyak late game di SEA. “Di tim SEA, Anda akan melihat banyak pertandingan akhir. Di wilayah ini (NA), permainannya agak cepat," kata Whitemon.
SEA memang memiliki reputasi untuk permainan late game yang luar biasa dan comeback lebih dari 40 menit. Dalam dua minggu terakhir saja, ada banyak sekali late game yang membuat para penggemar mencabut rambut mereka karena tegang.

Dan untuk lebih memastikannya, kami memutuskan untuk melihat angka-angka untuk membandingkan durasi permainan secara faktual. Untuk membandingkan durasi permainan, kami mengambil data DPC Tour 1 Division I di semua wilayah dari Spectral Stats. Pertandingan di SEA ternyata memiliki durasi yang lebih panjang, tidak hanya jika dibandingkan dengan NA tetapi juga dengan wilayah lain.

 dota2 sea late game d9615

NA memegang rata-rata durasi pertandingan terpendek pada menit 35:42. Rekor permainan terpendek sejauh ini bahkan terjadi di wilayah tersebut, saat pertandingan antara Shopify Rebellion vs Wildcard yang berakhir di menit 15:53. Durasi pertandingan rata-rata wilayah lain berkisar sekitar 38 menit. Wilayah SEA, di sisi lain, memiliki durasi permainan rata-rata 46 menit.

BACA JUGA: MidOne Ungkap Kelanjutan Karier di Dota 2, Rencana Dengan Tim SMG, dan Lainnya

Hal ini bisa disebabkan oleh kesenjangan skill atau perbedaan chemistry antar tim di wilayah tersebut. Namun, analis, Murielle "Kips" Huisman menunjukkan pola permainan akhir dan menggambarkan tim SEA hanya "bermain ketat dan cerdas saat punggung mereka menghadap tembok".

“Tidak heran jika median game memakan waktu 43 menit jika tim bertahan hanya bermain bertahan dan tim penyerang harus terlebih dahulu menginisiatif team fight maupun snowballing dengan serangan mereka,” cuit Kips.

dota 2 sea compare dc408

Liga Regional DPC Winter Tour akan berakhir pada akhir Januari. Tim berjuang meraih hasil terbaik merauo DPC point berharga untuk lolos ke Dota 2 Major Amerika Selatan pertama di Lima, Peru. Sejauh ini, TSM berada dalam posisi yang bagus untuk mengamankan slot di Lima Major. Whitemon dkk akan memiliki menghadapi 3 tim lagi - B8, Alpha, dan Shopify Rebellion.  

 Ikuti terus info terbaru seputar Dota2 dan berita esports terlengkap di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!  

ligagame home of dota2 indonesia 7b308

Baca selanjutnya:

XNova Bicara Soal BOOM Esports dan Persaingan di DPC SEA 2023 Tour 1

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!