Inilah 6 Lokasi Alternatif Tuan Rumah The International 10 (TI 10)

6 Lokasi Alternatif Tuan Rumah The International 10 Dota 2

Kejuaraan dunia Dota 2 The International 10 (TI 10) telah dinanti-nantikan para fans di seluruh dunia. Setelah diundur setahun, perhelatan yang akan digelar 18-23 Agustus 2021 mendatang rencananya akan berlangsung di Stockholm, Swedia. Namun, seiring perkembangan terakhir Valve menyatakan akan mencari lokasi alternatif setelah Pemerintah Swedia tidak memasukkan TI sebagai event olahraga elite yang bisa mendapat pengecualian seiring pandemi COVID 19.

Hingga berita ini diturunkan, Valve belum memutuskan venue/lokasi The International 2021 dan kemungkinan besar mencari lokasi lain. Salah satu negara yang mungkin untuk menjadi tuan rumah The International adalah Jerman. Meskipun esports tidak diakui secara sebagai olahraga resmi, Jerman memiliki sejarah dan track cukup panjang dalam menyelenggarakan event esport, beberapa yang besar diantaranya ESL One di Hamburg dan Frankfurt atau The International 2011 di Cologne.

TI 10 venue ed5c9

Wakil presiden eSport-Bund Deutschland (Federasi eSports Jerman) Chris Flato menghadirkan Jerman sebagai alternatif yang sempurna.  "Kami memiliki lokasi, penyelenggara, penggemar yang antusias dan bahkan opsi untuk mengajukan visa jangka pendek dan panjang untuk pemain profesional," ujar Flato.

Sementara itu  Omid Nouripour, politisi olahraga dari partai politik hijau, juga menunjukkan bahwa Frankfurt akan menjadi tempat yang sempurna untuk The International. Tampaknya kedua figur tersebut berharap penyelenggaran TI bisa kembali ke Jerman setelah sepuluh tahun yang lalu.

BACA JUGA: 5 Top Pemain Dota 2 yang Bersinar di WePlay AniMajor

Selain Jerman, negara Eropa lainnya juga bisa menjadi alternatif lokasi TI yakni Rusia, Polandia dan Denmark. Seperti diketahui, Kyiv- Rusia menjadi tuan rumah Dota 2 Major - AniMajor yang juga menjadi turnamen offline pertama sejak masa pandemi. AniMajor terbilang sukses secara penyelenggaraan, dimana semua tim bisa bertanding di venue dengan protokol kesehatan yang ketat.

Polandia juga dikenal sebagai negara dengan tradisi esports dengan beberapa event dunia ternama seperti Katowice, Intel Extreme Masters atau ESL One. Di samping itu, tingkat COVID-19 di Polandia masih cukup rendah dan kebijakan pembatasan masih relatif renggang (namun jika Valve memilih Polandia, faktor kesehatan dan keamanan para fans, players dan talent tetap menjadi prioritas).

Denmark juga bisa jadi opsi yang ideal. Letaknya dekat dengan Swedia dan memiliki struktur esports yang berkembang dengan baik misalnya pada penyelenggaraan turnamen ESL One Odense CS:GO.

Islandia bisa menjadi alternatif selanjutnya. Negara di jajaran Skandinavia ini juga tercatat mengalami jumlah infeksi virus corona terendah, hampir mendekati nol. Itu bisa menjadi tempat yang aman untuk The International. Belum lama ini Riot Games juga mengggelar turnamen tengah tahun MSI untukLeague of Legends dan VCT Masters VALORANT di Reykjavík. Riot Games telah menunjukkan bagaimana hal itu dilakukan. Meskipun relatif agak jauh, Reykjavík bisa menjadi tempat yang sempurna untuk The International 10.

Venue selanjutnya untuk turnamen Dota 2 terbesar tahun ini adalah Prancis - tepatnya di Disneyland Paris. Mereka telah menjadi tuan rumah MDL Disneyland Paris Major dan oleh karena itu ini bisa menjadi tempat yang sempurna bagi para profesional untuk bersaing di TI pertama setelah pandemi dimulai.
Menarik dinanti di manakah TI10 nanti akan digelar? 

Ikuti terus info terbaru seputar Dota2 dan berita esports terlengkap di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya:

The International 10 Belum Tentu di Swedia, Valve Cari Venue Lain?

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!