Ceb: Kesehatan Mental Akan Jadi "Game Changer" di Level Tertinggi Esports

Ceb: Kesehatan Mental Akan Jadi "Game Changer"

Esports Research Network Conference 2021 mengadakan diskusi tentang kesehatan mental dalam esports bersama  Sébastien "Ceb" Debs, pemenang dua kali The International (TI),  dan dua psikolog olahraga terkenal, Mia Stellberg dan Martina Cubric.

Sebagai pemain veteran Dota 2 yang baru saja pensiun, Ceb berbicara tentang pengalamannya terkait kesehatan mental, menekankan bahwa itu akan menjadi game-changer di level tertinggi esports. Ceb menyebutkan bahwa ada beberapa individu yang sangat berbakat di kompetisi tingkat atas hari ini, tetapi sisi mental yang akan menentukan siapa yang akan menang. Selain itu, Stellberg dan Cubric berbagi keahlian tentang berbagai topik kesehatan mental dalam esports.

Ceb OG dota 2 ADADA 1e4e3

Seiring  pesatnya pertumbuhan esports, masih banyak yang harus dijelajahi dan diwujudkan karena lebih banyak struktur dan perhatian diberikan padanya. Kesehatan mental para pesaing esports adalah salah satu aspek yang juga mulai mendapat perhatian.

BACA JUGA: Puppey Ingin Pertahankan Roster Team Secret TI10, Tapi...

Sebagai bagian dari Konferensi 2021, Jaringan Riset Esports mengundang Ceb, Stellberg, dan Cubric untuk berpartisipasi dalam diskusi tentang kesehatan mental dalam esports pada 10 Desember 2021. Ceb adalah mantan pemain Dota 2 profesional, sementara Stellberg adalah psikolog olahraga yang memiliki bekerja untuk organisasi esports papan atas seperti OG dan Astralis. Cubric saat ini bekerja sebagai psikolog esports di Mad Lions, organisasi esports Spanyol, 

Ceb berbicara dengan penuh semangat tentang kesehatan mental di esports tingkat tinggi, menyoroti pentingnya hal itu dalam karir pribadinya. Mantan punggawa OG melihat aspek ini telah berkembang jauh, dan sekarang mulai mendapat perhatian, itu akan menjadi bagian utama dari kesuksesan esports profesional.

“Topik ini sangat dekat dengan hati saya. Kembali ketika saya memulai karier sebagai pro player, ada sangat sedikit kesadaran. Itu mungkin 10 hingga 15 tahun yang lalu, hanya ada sedikit kesadaran, sangat sedikit struktur seputar kesehatan mental. Kesehatan mental, sejauh yang saya ketahui, benar-benar akan menjadi pengubah permainan, pembuat perbedaan dalam kompetisi tingkat tinggi karena Anda benar-benar sampai di tempat di mana semua pemain memiliki bakat yang hampir sama. Tim berfungsi tetapi kemudian semua benar-benar akan berujung ke soal mental. Bagaimana hal ini disiapkan dan bagaimana Anda mampu menghadapi situasi dan tingginya tekanan di turnamen. Dan saya pikir ini adalah topik yang sangat rumit dalam esports karena berbagai alasan.”

ceb n0tail ana OG 3fb1d

Ceb juga berkomentar bahwa anggota staf yang membantu para pemain dalam kesehatan mental mereka diremehkan dan mereka pantas mendapatkan banyak pujian karena para pemain esports umumnya tidak pandai mengelola emosi mereka.

Ketiganya hadir dalam diskusi tersebut menekankan bahwa kesadaran tentang kesehatan mental merupakan bagian yang sangat penting untuk menyadarkan para pemain akan manfaat yang dapat diberikannya. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa pemain akan cenderung lebih fokus pada latihan permainan daripada melatih kesehatan mental mereka saat pertama kali diperkenalkan.

Kedua psikolog menunjukkan bahwa penting untuk menjadi bagian dari kelompok dan membuat mereka merasa nyata bagi para pemain daripada hanya menjadi ahli kesehatan mental. Dengan cara ini, pekerjaan mereka akan berjalan lancar, dan pemain juga akan memahami dan menghormati pendapat mereka, dan tindakan akan mengikuti.

Ceb mengatakan bahwa masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan di bidang kesehatan mental dan penting bagi para pemain untuk lebih menyadarinya untuk meningkatkan kinerja dan mentalitas mereka.

Ikuti terus info terbaru seputar Dota2 dan berita esports terlengkap di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya:

Cr1t- Ungkap Bagaimana JerAx Bisa Bergabung ke EG

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!