3 Tim Esports yang Dibentuk Oleh Pemain Dota 2 Hingga Punya Banyak Divisi

by Zili
3 Tim Esports Yang Dibentuk Oleh Pemain Dota 2

Esport di dewasa ini telah menjadi salah satu topik yang hangat diperbincangkan di internet. Bagaimana tidak, prize pool yang disuguhkan penyelenggara acara turnamen di berbagai belahan dunia sudah seperti “membakar uang” karena jumlahnya yang gila-gilaan. The International 10 yang dilaksanakan 2021 lalu saja memiliki total prize pool sampai $40,018,195 atau sekitar Rp.581 Milyar rupiah (setengah triliun!).

Prize pool fantastis tersebut tentu saja menggiurkan bagi beberapa orang yang berniat untuk investasi ke esport. Banyak perusahaan-perusahaan yang akhirnya “turun gunung” dan mengambil serta merekrut tim-tim yang belum mempunyai organisasi tetap dan lalu dijadikan organisasi bawahan-nya.

Di Dota 2 sendiri punya hal unik tentang tim esport. Beberapa pemain Dota 2 secara inovatif membuat tim esport sendiri. Mereka membangun tim esport tersebut dimulai dengan divisi Dota 2 dan akhirnya melebar sampai game-game yang lain seperti PUBGM, Mobile Legend sampai dengan Valorant.

Berikut adalah 3 nama tim esport yang dibangun dan dibentuk oleh pemain Dota 2 :

1. Team Secret

Tim-2_0a325.jpg

Tim esports ini dibuat pada tahun 2014 setelah gelaran akbar The International 2014. Awalnya Team Secret adalah sekumpulan seluruh kapten yang bermain di The International 2014. Rosternya bak selebriti yang berisikan, Kuro Salehi “Kuroky” Takhasomi, Gustav “S4” Magnusson, Tal “fly” Aizik, Clement “Puppey” Ivanov, dan Johan “BigDaddy” Sundstein. Awalnya tim ini hanya berfokus untuk divisi Dota 2 saja, tapi dengan berkembangnya waktu akhirnya mereka merekahkan sayap dan ikut meramaikan skena kompetitif Dota 2 yang lain seperti Valorant, Apex Legends, Rainbow Six, dan masih banyak game lain.

BACA JUGA: Petinju Filipina Manny Pacquiao Bentuk Tim Esports Pacquiao GG

Pengagas dan pendiri utama dari tim ini adalah seorang pemain Dota 2 veteran asal Estonia yaitu Clement “Puppey” Ivanov. Team Secret sendiri sampai sekarang masih aktif meramaikan skena kompetitif Dota 2. Mereka finish di posisi 5 pada musim ini, hal itu menyebabkan mereka tidak memiliki hak untuk bertanding di Stockholm Major 2022 dan memaksa Clement Puppey Ivanov dan kawan-kawan absen.

Roster dari Team Secret sekarang yaitu Sumail “SumaiL” Hassan, Michał “Nisha” Jankowski, Daryl Koh “iceiceice” Pei Xiang, Yazied “YapzOr” Jaradat dan kapten Clement “Puppey” Ivanov sendiri.

2. OG

Tim-3_91b9a.jpg

OG adalah salah satu produk berhasil yang dihasilkan dari skena kompetitif Dota 2 itu sendiri. Bagaimana tidak, perusahaan esport ini sudah menjadi salah satu tim paling berhasil di dunia. Mereka sudah memasuki skena kompetitif game lain seperti Counter Strike Global Offensive, Valorant dan Smash. Tim esport ini dibentuk awalnya adalah tim stackan milik Johan “BigDaddy” Sundstein yaitu Monkey Business. Mereka akhirnya melakukan rebranding dan membuat perusahaan esport baru dengan nama yang lebih baik yaitu OG.

Tim OG adalah tim tersukses yang skena kompetitif Dota 2 dunia punya. Bagaimana tidak, tim ini adalah satu satunya tim yang bisa memenangkan The International lebih dari sekali dan secara beruntun. 2 The International itu adalah The International 2018 dan 2019. Walaupun squad OG yang sekarang telah berganti, tapi kegarangan yang mereka bawa ketika ingin bertanding masih terus ada.

Squad OG yang sekarang yaitu Artem “Yuragi” Golubiev, Bozhidar “bzm” Bogdanov, Ammar “ATF” Al-Assaf, Tommy “Taiga” Le, dan kapten Mikhail “Misha” Agatov.

3. Nigma Galaxy

Tim-4_35d93.jpg

Team Nigma atau yang sekarang berubah nama setelah melakukan merger dengan Galaxy Racer menjadi Nigma Galaxy, adalah sebuah organisasi esport yang berasal dari Eropa. Organisasi ini dibentuk oleh salah satu veteran Dota 2 eks pemain Na`Vi dan Team Secet yaitu Kuro Salehi “Kuroky” Takhasomi. Tim Nigma Galaxy dulunya adalah Team Liquid yang memenangkan The International 2016.

Nigma Galaxy sendiri sekarang sudah memiliki beberapa divisi antara lain Valorant, League of Legends, Free Fire dan Wilf Rift. Keberhasilan mereka masuk ke skena kompetitif tersebut dinilai sangat sukses dibandingkan dengan beberapa tim lainnya.

Squad sementara dari Nigma Galaxy hanya berisikan 4 orang, yaitu Amer “Miracle-“ Al-Barkawi, Maroun "GH" Merhej, Ivan Borislavov "MinD_ContRoL" Ivanov, Kuro "KuroKy" Salehi Takhasomi. Sedangkan carry mereka yaitu Igor "iLTW" Filatov di bangku cadangkan akibat hasil match yang tidak kian membaik.

Bagaimana LigaGamers? Tertarik untuk membuat organisasi Esport sendiri? Well, di antara caster kenamaan ligagame, juga sudah mencobanya di scene Valorant. Penasaran? 

Ikuti terus info terbaru seputar Dota2 dan berita esports terlengkap di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya:

5 Pemain Dota 2 Indonesia Dengan MMR Tertinggi 2022

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!