Kemenparekraf Umumkan VALORANT Masuk Piala Presiden Esports 2023 

by Febry "f0rsak3n" Susan

VALORANT akan menjadi salah satu game unggulan di Indonesia President’s Esports Cup 2023 (Piala Presiden Esports 2023), demikian konfirmasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam siaran pers baru-baru ini. Pada turnamen edisi kelima ini masih juga akan mempertandingkan Mobile Legends: Bang Bang dan dua game Indonesia, Lokapala dan Battle of Satria Dewa.

Piala Esports Presiden Indonesia memulai debutnya pada tahun 2019, didukung penuh oleh Presiden Joko Widodo dan pemerintah Indonesia. Acara iterasi 2023 akan diselenggarakan oleh KINCIR dan Megapro Communications, dengan dukungan dari Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), dan Badan Pusat Esports Indonesia (PBESI).

“Kami berharap jumlah peserta semakin banyak, begitu juga dengan jumlah penonton. Kalau tahun lalu pesertanya 82 ribu, tahun ini targetnya 100 ribu, dan penontonnya harus melebihi 70 juta,” ujar Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, seperti dikutip dari Detik.

Detail game yang ditampilkan dalam kompetisi masih dirahasiakan, menyisakan pertanyaan tentang apakah acara VALORANT akan berlangsung di depan penonton dan disertakan dalam final offline. Turnamen akan berlangsung dari 18 Juli hingga 22 Oktober, dengan puncak final di Tennis Indoor Senayan di dalam Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno, Jakarta.

Dari sjeumlah informasi sebelumnya tentang Piala Presiden 2023 hanya mencakup Mobile Legends: Bang Bang dan Lokapala, tanpa menyebutkan VALORANT. Namun, Ketua Komite Eksekutif, Rangga Danu Prasetyo, mengindikasikan pada acara pembukaan bahwa mereka dapat mempertimbangkan untuk menambahkan lebih banyak game setelah berdiskusi dengan pengembang game masing-masing.

BACA JUGA: Guide Valorant: Cara Memperbaiki Error MATCHMAKING

“Generasi muda selalu berperan penting di setiap era, termasuk dalam pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif. Melalui ujung jari generasi muda, kami dapat memproduksi game lokal yang dikenal secara global, membiakkan atlet esports berkualitas tinggi, dan memperkenalkan destinasi wisata di berbagai platform digital.

Nah, inilah saatnya bagi generasi muda untuk menunjukkan kreativitas dan keindahan Indonesia yang luar biasa kepada dunia. Lebih dari USD 2 miliar dihasilkan dari subsektor game, namun sayangnya game lokal masih sangat sedikit. Oleh karena itu, kami ingin mendorong lebih banyak game lokal, dan saya sangat mengapresiasi Piala Esports Presiden 2023 oleh KINCIR yang menampilkan game-game lokal,” tambah Uno.   

banner valorant 636d3

Ikuti terus berita terbaru seputar Valorant dan skena esports lainnya di Ligagame Esports! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Atau baca juga informasi informasi seputar pemain dan tournament Valorant.

Baca selanjutnya:

NORTHEPTION Terminate Kontrak TenTen Usai Perilaku Rasis ke Saibani fl1pzjder

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!