Tundukkan Favorit Juara Paper Rex, Evil Geniuses Juara VCT Champions 2023

by Visahat

Evil Geniuses mengangkat trofi VCT Champions di atas panggung di Los Angeles setelah menang atas Paper Rex di grand final, Minggu (27/8). EG seakan menuntaskan lari sebagai tim kuda hitam untuk finish sebgai jawara di kejuaraan dunia tahun ini. 
Setelah rangkaian babak penyisihan dan playoff,  laga pamungkas mempertemukan Evil Geniuses dan Paper Rex. Well, di atas kertas banyak fans memang lebih mengunggulkan Paper Rex sebagai favorit, Maklum, sejak terjun di scene Valorant, PRX muncul menjadi tim power house dan terbilang konsisten di ajang resmi Riot. 

EG mengejutkan semua dengan melejit melalui klasemen VCT Amerika dan mengubah nasib tim mereka satu demi satu, yang pada akhirnya menghasilkan kemenangan bersejarah bagi esports Amerika Utara secara keseluruhan.

Dalam pertandingan yang penuh dengan kekacauan, keterampilan mekanik yang luar biasa, dan kerja tim yang menentukan, EG berakhir sebagai pemenang, memenangkan final 3-1 dan merebut gelar VCT Champions 2023, serta hadiah $1,000,000 USD.

Sepanjang musim VCT secara keseluruhan, EG menghadapi kesulitan di setiap kesempatan pada tahun 2023, dengan perubahan roster yang terus-menerus dan rumor tentang pemain yang tidak puas beredar di awal musim. Tim ini adalah satu-satunya tim waralaba dengan jumlah pemain cadangan yang signifikan—bahkan cukup untuk membuat mereka memiliki daftar pemain cadangan yang terdiri dari lima orang.

 

Pendekatan yang tidak lazim terhadap tim ini tidak hanya menyebabkan penerimaan publik yang buruk terhadap EG, tetapi juga membuat mereka mengalami kekalahan beruntun yang besar karena mereka terus mengubah roster dan gaya bermain mereka selama musim utama VCT. Dengan tambahan Max “Demon1” Mazanov, pemain bintang Jett, segala sesuatunya tiba-tiba tampak berjalan tepat pada saat musim EG tidak hilang sepenuhnya.

Setelah perjalanan Cinderella mereka di Masters Tokyo, EG menjadi unggulan nomor satu di Amerika dan menjadi Juara dengan semangat baru. Dari wawancara yang kurang ajar hingga ledakan semangat di atas panggung, EG dengan cepat mendapatkan gelar penjahat tahun ini dan menerimanya.

Meski begitu, EG dirugikan saat melaju ke babak grand final. Sebagai unggulan bawah, tim ini baru saja memainkan pertandingan best-of-five melawan LOUD Brasil sehari sebelumnya, dan mereka juga bergantung pada pilihan peta Paper Rex. Namun Kelden “Boostio” Pupello tidak terpengaruh.

“Saya lebih suka memainkan best-of-five kemarin,” kata Boostio ketika ditanya tentang seri lima peta tersebut. “Lebih banyak tayangan, lebih banyak pengikut di Twitter, lebih banyak memainkan game ini di depan para penggemar. Sungguh memuakkan bermain game kemarin dan itu sangat menyenangkan.”

Seri VCT terakhir tahun 2023 dimulai di Split, peta yang jelas dipilih oleh Paper Rex untuk mempersiapkan mereka lebih awal demi keunggulan seri. Namun, strategi ini menjadi bumerang.

PRX biasanya unggul dengan strategi agresif khas mereka yang menempatkan duelist bintang Ilya “sesuatu” Petrov dan Wang “Jinggg” Jing Jie masing-masing ke Jett dan Raze—agen tanda tangan mereka. Namun di sisi lain, EG punya dua kekuatan tangguh tersendiri.

Pada pertempuran di Split, Max “Demon1” Mazanov dan Alexander “jawgemo” Mor terus menerus menghancurkan lawannya. Demon1 menyelesaikan peta dengan tingkat serangan headshot sebesar 41 persen, dan jawgemo bahkan mengungguli Jinggg, yang dijuluki sebagai pemain Raze terbaik di dunia.

Yang lebih mengejutkan dari penampilan individu ini adalah koordinasi tim yang akhirnya membalikkan narasi klasik Split, sebuah peta yang sudah lama dikenal sebagai peta yang paling sulit untuk diserang dalam permainan. Namun dengan kedua tim ini, sisi pertahanan mereka justru menjadi masalah, dan EG menang dalam serangan untuk menang 13-10.

PRX dikenal sebagai tim yang mengawali pertandingannya dengan lamban, tak jarang comeback untuk menyapu bersih lawannya seperti di grand final VCT Pacific League. Pertandingan masih belum berakhir, dan EG tetap fokus.

Di Ascent, PRX melawan salah satu bintang yang diandalkan EG sepanjang turnamen: Corbin “C0M” Lee. Penampilan Sova C0M telah menjadi bagian menonjol dari semua pertandingan EG selama beberapa minggu terakhir, dengan beberapa tim bahkan mengubah komposisi mereka dengan memanfaatkan inisiator Rusia.


Kesuksesan PRX di Ascent dapat dikaitkan dengan komposisi mereka yang sangat tidak ortodoks yang menampilkan Reyna, Harbour, dan Viper. Berbeda dengan Split, kali ini segalanya menjadi lebih baik, dan PRX memenangkan Ascent dengan skor tipis 13-11.

Lanjut ke Bind, EG menampilkan performa luar biasa melawan komposisi PRX tidak biasa lainnya yang mengubah sesuatu ke Breach dan Jason “f0rsakeN” Susanto ke Yoru. Komposisi tersebut jelas ditujukan untuk menutup Kamar Boostio, meskipun tidak pernah membuahkan hasil. Pelatih PRX Alex “alecks” Salle tampak frustrasi dengan kurangnya produksi timnya, sehingga skornya menjadi 13-5.

Match Lotus jadi kesempatan EG selangkah lebih dekat untuk menyelesaikan alur penebusan penuh, dan pemimpin dalam permainan tim memimpin timnya menuju kesempurnaan sambil juga memanfaatkan kesuksesan individunya. Timnya terkoordinasi, membaca strategi PRX seperti sebuah buku dan melawan dengan rotasi cerdas mereka sendiri. Terlebih lagi, Boostio mendapatkan ace ke-20 di turnamen Champions 2023, memecahkan rekor ace terbanyak di ajang internasional VALORANT.
Meskipun melakukan sesuatu yang heroik, EG tetap tenang dan dominan hingga akhir, memenangkan Lotus 13-10 dan seri 3-1 secara keseluruhan. Banyak pihak yang meragukan EG tahun ini, namun yang jelas tim tersebut memiliki visi yang mampu membawa pulang trofi emasnya.

“Kami bersenang-senang tahun ini, menyalakan api dan menjadi penjahat,” kata pelatih EG Christine “potter” Chi dalam konferensi pers pasca pertandingan, dengan menyebutkan bahwa jika ada yang mengingat sesuatu tentang lari ini, itu adalah kerja keras dan dedikasi yang telah dia dan tim berikan.

banner valorant 636d3

Ikuti terus berita terbaru seputar Valorant dan skena esports lainnya di Ligagame Esports! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

VALORANT 2024 Akan Gunakan Sistem Poin Champions Baru, Makin Terjal Untuk ke Masters

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!