Arcade Aces Sukses Gelar Turnamen Street Fighter 6, Sang Juara Jadi Wakil ke EVO Japan 2024

by Visahat

Organisasi Esports yang berfokus ke game fighting, Arcade Aces menggelar turnamen bertajuk Arcade Aces Arena di Point Arena, Jakarta Selatan pada Sabtu (9/3). Turnamen ini juga disaksikan secara langsung oleh  legenda game fighting, Gamerbee. Pria asal Taiwan bernama lengkap Bruce Hsiang ini pernah merengkuh gelar runner-up EVO 2015 dan juga medali perak Asian Games 2022 untuk nomor Street Fighter V. 

Arcade Aces yang terbentuk pada tahun 2023 menggagas turnamen untuk menjaring pro player game fighting berbakat di Indonesia. Juara turnamen ini akan  menjadi wakil Indonesia di turnamen bergengsi kelas dunia, EVO Japan 2024. Sebagai informasi, EVO adalah turnamen internasional kelas atas yang mempertandingkan game-game fighting populer seperti Street Fighter, Tekken, dan Mortal Kombat.

Turnamen Arcade Aces Arena terbuka untuk umum selama dia WNI dan bukan pro player dari Arcade Aces. Pendaftaran sudah dibuka untuk umum pada tanggal 4 Maret 2024.

 Untuk sistem turnamen di Arcade Aces Arena menggunakan double elimination, artinya setiap pemain akan bertanding di dua babak kualifikasi, yaitu winner bracket dan loser bracket. Artinya, bagi yang kalah di babak kualifikasi tidak langsung gugur. Peserta yang kalah masih punya kesempatan memperbaiki performanya di babak loser bracket. Juara babak winner bracket dan loser bracket akan saling bertemu demi memperebutkan titel juara Arcade Aces Arena sekaligus lolos ke EVO Japan yang akan diadakan di Tokyo pada 27-29 April 2024.

Mengenal Arcade Aces

Arcade Aces merupakan sebuah tim esports yang berfokus di fighting games. Didirikan pada tahun 2023, mereka mendedikasikan timnya untuk mendapatkan prestasi dan mengalahkan lawan-lawannya di dunia fighting games.

Sejauh ini Arcade Aces fokus kepada scene Street Fighter 6, tapi mereka juga tidak menutup kemungkinan untuk melebarkan sayap mereka lebih jauh lagi, terutama mengeksplor game-game fighting seperti Tekken.

Arcade Aces mempunyai filosofi bahwa kesuksesan bukan hanya tentang memenangkan trofi, tetapi juga tentang semangat persaingan yang sehat, rasa sportivitas, dan dedikasi terhadap permainan kami. Kami selalu berusaha menjadi contoh yang baik bagi komunitas esports dan menginspirasi generasi mendatang.

"Kami percaya kalau Arcade Aces akan mendefinisikan ulang batas-batas prestasi di dunia game fighting. Dengan kombinasi dedikasi, inovasi, dan kerjasama tim yang solid, kami tidak hanya bermain untuk menang, tetapi juga untuk menciptakan sebuah perjalanan yang epik di kompetisi game fighting," ucap Vitto Suryana selaku CEO dari Arcade Aces

Ada banyak nama besar yang jadi jebolan dari Arcade Aces, salah satunya adalah Gamerbee yang menjadi juara sebanyak 7 kali di turnamen Street Fighter. Berikut adalah daftar prestasi Gamerbee:

- Silver Medalist Asian Games 2022 HangZhou
- Juara 1 Global Esports Games 2022 Istanbul
- Juara 1 CPT 2022 World Warrior : Asia East #4
- Juara 1 CPT 2022 World Warrior : Asia East #2
- Juara 1 Global Esports Games 2021 Singapore
- Juara 1 Street Grand Battle 2015
- Juara 1 VxG 2013
- Juara 1 Shadowloo Showdown 2012

FTR06099 98b42

“Saya senang berada di sini sebagai bagian dari Arcade Aces dan sangat senang untuk membantu komunitas Street Fighter di Indonesia. Di Taiwan ada juga turnamen yang serupa dengan Arcade Aces Road to EVO, saya dapat posisi kedua. Tapi teman saya memberanikan saya untuk pergi ke EVO dengan biaya sendiri.

gamerbee pro player cf80a

Pertama kali ke EVO, ada sekitar 200 pemain dan saya mendapatkan posisi kelima. Itu adalah tahapan saya menjalani pro life, bagaimana kita memulai. Jadi saya ingin mengatakan semua tidak akan berjalan mudah, harus ada pengorbanan, kerja keras. Tapi kalau kamu berhasil membuat langkahmu maka kamu akan bangga dengan dirimu,” ucap Gamerbee pada pembukaan Arcade Aces Arena, Road to EVO Japan.

Selain Gamerbee, Arcade Aces mempunyai player potensial yang baru bergabung dengan mereka bernama Roxas32. Dia adalah lulusan dari Arcade Aces Academy yang dipromosikan masuk ke tim utama.

Arcade Aces juga akan membuka Arcade Aces Academy agar para pemain Street Fighter 6 yang ingin berkarir secara pro mempunyai wadah. Untuk tahap menjadi pemain akademi, para pemain wajib berpartisipasi di event Arcade Aces Arena.

arcade aces 3 919b0
Roxas32 dan Vitto

“Gua untuk di level ini banyak pengorbanan waktu, dan gua kayak beberapa kali pak Bram juga 2014 ikut traveling sama bokap ikut turnamen waktu itu, gua langsung kalah. Terus gua ke SEA Major sendiri itu pun performa gua jelek banget, 2019 gua ke sana lagi. Dari gua sendiri selalu melihat kesempatan itu, kalau kamu bagus maka kamu bagus itu tidak terpatahkan,” tutur Roxas32.

Hasil Turnamen Arcade Aces

Setelah melalui proses panjang, 8 pemain yang disaring dari babak kualifikasi berhasil melaju ke babak playoffs. Pertandingan demi pertandingan diselenggarakan hingga mendapatkan 3 terbaik, di mana One Man Arong berhasil menjadi juara 1 setelah mengalahkan Djibiyazid di babak grand final dengan skor dengan skor 3-1 dari seri BO5.

Berikut daftar juara dari Arcade Aces Arena Road to EVO Japan 2024:

juara arcade aces d9507

Juara 1: Christian Aron Jonathan Manurung (One Man Aron)

juara 2 483b4
Juara 2: Djibril Yazid Gusman (Djibiyazid)

juara 343 98023
Juara 3: Izhar Muhammad Arif (Eru)

 

Aron selaku juara 1 dari Arcade Aces Arena Road to EVO Japan 2024 mengaku sangat senang dengan adanya turnamen ini, karena mempunyai kualitas yang sangat baik.

“Kami dari komunitas Indo Street Fighter kaget karena di sini ada GamerBee, karena dia adalah salah satu pemain internasional dan idola dari kami juga. Dia termasuk veteran juga, begitu kami dengar dia mengadakan kompetisi ini di bawah Arcade Aces kami sangat excited, terbukti dari set up venue, banyak penonton, bagi saya one of the best.

Khusus saya pribadi saya merasa senang menjadi juara dan senang ada generasi baru juga yang berpartisipasi, semoga kedepannya makin banyak pemain Indo Street Fighter dan kompetisi seperti ini baik di nasional maupun internasional,” ucap Aron.

Aron pun akan mempersiapkan yang terbaik untuk turnamen EVO Japan 2024, karena mengetahui di Jepang banyak sekali pemain berkualitas di Street Fighter.

“Jepang itu nomor 1 negara pro playernya (game fighting) paling banyak dan udah jadi pekerjaan juga, jadi akan sangat banyak yang akan mengikuti turnamen ini bahkan dari luar negeri juga. Jadi persiapannya nanti saya coba melihat siapa saja player yang ikut kemudian karakter apa yang dia pakai, dan coba pelajari match up dengan karakter saya, atau tidak menutup kemungkinan saya akan mencoba karakter baru. Strategi lainnya persiapan fisik dan rohani, karena keluar negeri dan saya belum pernah ke Jepang sebelumnya, mungkin belajar sedikit bahasa dan adaptasi sehingga di sana masalah jet lag tidak jadi kendala ketika berkompetisi di sana,” imbuhnya.

Tujuan turnamen ini tidak lain dan tidak bukan untuk mencari para pemain-pemain yang berbakat dan bersedia untuk bergabung di Arcade Aces Academy. Arcade Aces akan membuat acara ini secara berkala dan tidak akan hanya fokus ke game Street Fighter saja tetapi juga Tekken.

Selain mengadakan turnamen, Arcade Aces juga mempunyai rencana untuk berkolaborasi dengan para icon di industri profesional agar presence fighting game di Tanah air ini bisa semakin dikenal oleh masyarakat umum.

Jangan lupa juga untuk ikuti Instagram dari Arcade Aces untuk mendapatkan informasi terbaru seperti Street Fighter dan kegiatan-kegiatan untuk komunitas fighting Indonesia.

Baca selanjutnya:

EVO 2024 Bakal Hadirkan Arena Baru Bagi Penggemar Game Fighting

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!