Produk dan Terapan Artificial Intelligence (AI) Akan Banjiri CES 2024

by Visahat

CES, eksibisi tahunan terbesar industri elektronik dan teknologi di AS akan dimulai pada 9 Januari di Las Vegas, menampilkan beragam produk teknologi konsumen baru. Tahun ini, lebih banyak lagi teknologi yang akan diberdayakan oleh kecerdasan mesin atau yang sudah mulai akrab di telinga dengan akronim AI (artificial intelligence).  

Here is what to expect from the CES 2024 ff520

Perbincangan seputar kecerdasan buatan (artificial intelligence) masih belum menunjukkan tanda-tanda akan mereda—bahkan trendnya akan menjadi sangat jelas pada CES tahun ini. Bazar teknologi besar-besaran yang berlangsung selama empat hari, dengan ruang pameran yang penuh dengan gadget baru, startup dengan harapan , dan prototipe yang membuka horizon baru. CES adalah pameran dagang di mana kesepakatan penjualan dan distribusi ditandatangani, di mana mobil-mobil konsep melintasi jalan-jalan yang padat, dan di mana para jurnalis teknologi dan pengunjung pameran mencari produk-produk baru yang menonjol. Dan tahun ini, banyak produk yang memulai debutnya akan dihiasi dengan banyak sekali AI.

Selama bertahun-tahun, teknologi AI generatif muncul dan mulai bersliweran di internet. AI menjadi pusat perhatian pada November 2022, ketika OpenAI merilis iterasi pertama ChaptGPT. Kedatangan chatbot baru ini mengawali perlombaan senjata AI.
Namun, gelombang letusan ini belum sepenuhnya memenuhi industri teknologi pada  perhelatan CES tahun lalu sehingga CES 2023 jadi premtur , terkesan ketinggalan lantaran dua bulan kemudian AI mulai didengungkan. Proses revolusi teknologi terbesar sejak telepon seluler.

"Kami tidak mendapatkan pengumuman lengkap tentang AI di CES tahun lalu seperti yang akan kami dapatkan,” kata Anshel Sag, analis utama di Moor Insights & Strategy. “Jika tahun lalu Anda berpikir itu adalah gelombang, maka tahun ini akan menjadi tsunami," lanjutnya sebagaimana dikutip dari Wired.

BACA JUGA: Peran NVIDIA Mendorong Program Icafe Discovery ROAP 2023

AI akan ada dimana-mana di CES: di mobil, skuter, headphone, kamera, speaker, dan televisi. Dalam beberapa kasus, produk ini hanya menyertakan cara lain untuk mengakses layanan tanya jawab bergaya ChatGPT untuk menangani perintah lisan. Namun dalam kasus lain, kemajuan ini bisa terasa lebih berdampak. Perusahaan seperti Intel, Qualcomm, dan AMD diperkirakan akan mengumumkan chip yang mendukung layanan AI pada perangkat yang mengusungnya. Chip ini akan memproses tugas-tugas AI secara lokal, tanpa harus mengirim permintaan ke server di cloud dan kemudian menunggu respons, sehingga hal-hal seperti visi komputer, layanan suara-ke-teks, dan komputasi generatif terasa lebih cepat.

CES adalah tempat narasi seputar tren industri dibentuk. Sag mengatakan itulah yang mungkin terjadi dengan banyaknya AI di CES ini. “AI akan menguasai segalanya,” kata Sag. “Ini akan menjadi sangat lazim dan dominan sehingga beberapa orang akan muak.”

63e226d5c74bb 0d03c

Gary Shapiro, CEO Consumer Technology Association, kelompok yang menyelenggarakan CES, mengatakan bahwa meskipun kemampuan kecerdasan buatan mungkin digembar-gemborkan tahun ini, teknologi tersebut pada akhirnya akan memudar karena sudah menjadi hal yang lumrah.

“AI hampir seperti internet; itu adalah bahan besar yang tidak akan hilang,” kata Shapiro. “Perusahaan tidak datang ke CES dan berkata, ‘Inilah internetnya.’ Akan menarik untuk melihat bagaimana mereka menerapkan AI generatif.”

Meskipun chip komputer yang meniru interaksi manusia mungkin menjadi bintang besar CES, AI bukanlah satu-satunya tren di acara tersebut.

Industri otomotif mungkin akan mendapatkan perhatian seperti yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir dengan produk kendaraan mode baru. Perusahaan Honda telah mengisyaratkan rencana untuk memperkenalkan kendaraan listrik baru di CES. Teknologi kesehatan juga akan lebih ditekankan, dan teknologi kecantikan menjadi yang terdepan untuk pertama kalinya dalam sejarah CES, dengan pidato utama dari perusahaan perawatan pribadi Perancis L'Oréal. Sag juga mengharapkan semangat baru dalam teknologi realitas yang diperluas, karena perusahaan bertujuan untuk mempersiapkan headset Vision Pro Apple atau bersaing dengannya. 

Ikuti terus berita tekno dan Games dan Esports di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian. 

Baca selanjutnya:

ASUS Akan Luncurkan ROG Zephyrus G14 Laptop Gaming Bertenaga AMD Ryzen 9 8945HS

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!