CES 2024: ASUS Zenbook Duo, Laptop Layar Ganda  yang Memukau

by Visahat

Laptop terbaru Asus meluncur di CES 2024 dengan harga mulai dari $1.500 .

Antara Zenbook 17 Fold, Project Precog, dan mesin Zenbook Duo sebelumnya, ASUS berupaya menciptakan laptop layar ganda . Dan kini di CES 2024, saatnya telah tiba dengan hadirnya Zenbook Duo yang diberi nama sederhana.

Mirip dengan Yoga Book 9i dari Lenovo, Zenbook Duo memiliki dua layar terpisah dan keyboard Bluetooth yang dapat dilepas yang dapat disimpan di dalam sistem untuk bepergian. Perbedaannya adalah panel OLED ASUS terlihat lebih baik karena ukurannya sedikit lebih besar yaitu 14 inci, sekaligus menawarkan resolusi 3K, kecepatan refresh 120Hz, dan dukungan stylus. 

Asus melakukan sejumlah penyempurnaan elegan pada Zenbook Duo. Dengan dimensi ketebalan hanya 0,78 inci dan berat 3,64 pon (termasuk keyboard yang dapat dilepas), notebook ini hanya sedikit lebih besar dan lebih berat dibandingkan notebook 14 inci pada umumnya. Dan tidak menyerah apa pun dalam hal kinerja, dengan CPU Intel Core Ultra 9 185H, RAM hingga 32GB, dan SSD 1TB di dalamnya. Hal yang sama berlaku untuk konektivitas, di mana Anda mendapatkan dua port Thunderbolt 4, slot USB-A 3.2, jack audio 3.5mm, dan bahkan soket HDMI 2.1 ukuran penuh.

BACA JUGA: ASUS Memperkenalkan Zenfone 10, Lebih Ringkas Performa Maksimal

Zenbook Duo bukan saja terlihat kokoh. Dikemas dengan keyboard yang diapit di antara dua layar, tidak ada celah atau ruang yang terbuang. Meskipun dimensinya sangat dangkal, keyboard yang dapat dilepas ini memiliki lampu latar penuh dan daya gerak yang lebih dari cukup untuk memastikan jari Anda tidak pegal saat mengetik.

ASUS juga menambahkan part fungsional di bagian bawah laptop, sehingga pengguna tidak perlu memiliki penutup lipat terpisah, yang menyederhanakan proses setiap kali harus berkemas dan bepergian. Kelemahan kecilnya adalah orientasi penyangga mendukung pengaturan bertumpuk dengan satu layar di atas yang lain. Meskipun aku tidak terlalu peduli karena itu adalah pilihanku. Secara teknis, kita dapat menggunakan Zenbook Duo dengan mode vertikal berdampingan, tetapi karena tidak ada cara untuk mengatur penyangga pada posisi ini, maka kurang fleksibel.

Ada juga keyboard virtual dan touchpad responsif yang dapat Anda gunakan dalam keadaan darurat bersama dengan widget praktis untuk berita, cuaca, dan memantau kinerja sistem. Dan ketika Anda perlu mengisi ulang baterai keyboard yang dapat dilepas, ada beberapa pin pogo yang ditempatkan dengan cermat yang memungkinkannya mengalirkan daya saat berada di dalam sistem.

Keajaiban Zenbook Duo adalah bobot dan ukurannya yang praktis sama dengan notebook 14 inci pada umumnya, namun tetap memiliki layar kedua dan keyboard yang dapat dilepas.

Beralih ke lini daya, ASUS berhasil memasukkan paket daya 75 Whr ke dalam Zenbook Duo yang sedikit lebih besar daripada yang tersedia di Zephryus G14 baru (73 Whr), dan itu adalah mesin game dengan komponen bergerak yang jauh lebih sedikit. Dan ASUS mengklaim Zenbook Duo mematuhi standar pengujian MIL-STD 810H, sehingga juga cukup tahan lama.Dengan harga $1.500 akankah cukup menggoda para geek untuk beralih atau mencicipi ke laptop layar ganda Zenbook Duo? Gimana nih ligagamers? ASUS Zenbook Duo diperkirakan akan mulai dipasarkan pada kuartal pertama 2024. 

Ikuti terus berita tekno dan Games dan Esports di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian. 

Baca selanjutnya:

ASUS ROG Phone 7, Smartphone Powerful Gahar nan Mantul Diajak Tempur Gaming Berat!

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!