Afghanistan Putuskan Akan Banned Game PUBG Mobile

Sementara atau berapa lama?
Afghanistan larang PUBG

Otoritas Pengaturan Telekomunikasi Afghanistan (ATRA) memutuskan untuk melarang game online PUBG. Status banned atau larangan ini masih akan bersifat sementara setelah "penilaian komprehensif". 

ATRA menyatakan telah mengadakan pertemuan dengan sejumlah kementerian di Afghanistan, diantaranya departemen urusan agama, pendidikan, kesehatan masyarakat, serta komunikasi dan sains. Selain itu, mereka juga mendengar masukan dari psikolog, orang tua, kepala sekolah, perusahaan telekomunikasi, aktivis sipil, dan gamer PUBG sebelum menyampaikan laporan ke badan otoritas.

“Keputusan untuk memblokir game ini untuk sementara diambil dari perspektif sosial dan keamanan,” kata Plt Ketua ATRA Omar Mansoor Ansari. “ATRA melanjutkan penyelidikan dan konsultasi untuk mencari solusi permanen.”

Dewan ATRA telah menginstruksikan otoritas regulasi untuk mengembangkan “kebijakan dan prosedur khusus” untuk mengatur “pasar industri game” dengan menggunakan larangan sementara di PUBG.

BACA JUGA: MPU Aceh Cetak Stiker Larangan Main PUBG

Dewan juga mengatakan untuk mengidentifikasi permainan apa pun di negara itu yang mungkin memiliki "dampak negatif" pada anak-anak dan remaja. Lebih lanjut, ATRA mendorong pegembangan game yang "sesuai dengan Afganistan dan sosial budaya, serta nilai-nilai agama."

Afghanistan menyusul beberapa negara yang sudah lebih dulu PUBG, diantaranya Nepal, Irak, Yordania, Pakistan, dan India. Pemerintah Yordania menilai game PUBG memiliki "efek negatif" pada para pemain, sementara Irak menyebutnya "berbahaya bagi masyarakat," yang menimbulkan "potensi ancaman keamanan nasional." Larangan PUBG di Pakistan bersifat sementara meski Pengadilan Tinggi Islamabad kemudian telah mencabut larangan tersebut.

India banned PUBG 01385

India adalah negara terbaru yang melarang PUBG Mobile dan versi lite-nya. Namun, bukan soal konten permainan, Kementerian elektronik dan TI (MeitY) negara tersebut mencurigai game tersebut mencuri data pengguna dengan cara yang tidak sah ke server di luar India. Namun menurut perkembangan terakhir, developer PUBG telah bekerjasama dengan Microsoft dan berupaya agar game itu dapat kembali dimainkan di India. 

Baca selanjutnya: PUBG Mobile Kembali Rilis di India 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!