Hasil Grand Final M5 Onic vs AP.Bren, Tuan Rumah Juara Dunia MLBB Setelah Rebut Game ke-7!

AP Bren keluar sebagai juara M5 Mobile Legends:Bang-Bang World Championship usai menundukkan tim wakil Indonesia, Onic Esports, dengan skor tipis 4-3. Partai puncak yang digelar di Manila, Filipina pada Minggu (17/12) benar-benar menyuguhkan salah satu pertunjukkan scene esports terbaik, dengan atmosfer penonton baik di venue maupun para fns di seluruh dunia yang menyaksikannya secara online (streaming). Semua seakan terbawa dalam kereta di jalur roller coaster yang mengaduk emosi dan memacu adrenalin.  

Partai puncak M5 sebenarnya menjadi pertemuan kali kedua bagi finalis dimana Onic mengalahkan AP. Bren di laga final upper bracket dengan skor 3-0. Tak heran jika oprimisme tinggi menaungi skuad tim Indonesia berlogo "landak kuning" dan berjuluk "Raja Galaksi". Di atas kertas, mereka diakui sebagai tim terbaik, mulai dari mendominasi MPL ID selama tiga musim berturut-turut, hingga performa apik, tak terkalahkan di sepanjang turnamen M5. Namun, Onic harus kembali meladeni AP Bren di laga pamungkas dengan format BO7 (best of seven) untuk memperebutkan trofi bergengsi M Series.  Bagaimana jalannya pertandingan grand final M5, simak rangkumannya berikut ini.

Kedua tim naik ke stage grand final dengan formasi terbaik. Onic dengan line up Kairi, Butsss, Sanz, Kiboy, dan CW didampingi duo pelatih coach Yeb dan Adi. Sedang AP Bren menurunkan Flpatzy, Pheww, SuperMarco, Owgwen, dan KyleTzy dan didampingi coach Duckey
 
Game pertama, AP Bren sukses di erly game dan unggul jumlah kill meski tak terpaut jauh. Situasinya masih cukup berimbang dan kedua kubu memilih berhati-hati membuka team fight. AP Bren unggul kill 4-1 berhasil merebut lord pertama di menit 10.  ONIC berusaha menahan namun mulai terdesak ketika kedua base turret mereka jebol. AP Bren lancarkan satu aliran serangan di menit 14 meratakan inhibitor dan mengubah skor 1-0.

3r b42c8

 
Game kedua, ONIC coba game plan dengan draft berbeda. Butts dkk kembali ke setelan permainan rapi dan solid. Kairi sebagai jungler sukses men-zoning area bersama Sanz  di mid. Sementara CW bermain taktis dalam timing dan positioning sehingga sulit disentuh pemain lawan.  Setelah dua kontes lord, ONIC berhasil menembus jantung base AP Bren di menit ke-22 dan mengungah skor menjadi imbang 1-1. Tipisnya perbedaan skor kill 15-13 menggambarkan ketatnya pertarungan. 

Game ketiga, AP Bren kembali mengambil inisiatif di awal dengan agresi cepat dan mobilitas tinggi. Sementara Onic kembali berposisi antisipatif sembri mencari momentum. Namun, AP Bren menjaga ritme dan formasi menit berjalan. Dengan keunggulan gold dan item, AP Bren memaksakan serangan untuk end. Upaya merek berhasil merebut game ini di menit 14. Hampir identik dengan game pembuka, AP Bren sepertiny sudah membaca tak boleh memberi waktu untuk Onic berkembang apalagi bangkit. Skor 2-1 untuk AP Bren.

Game keempat lagi-lagi strategi AP Bren berjalan mulus. ONIC kesulitan mengimbangi agresivitas di early game. Setelah kontes lord, AP Bren menjaga keunggulan jumlah kill 11 dan berhasil end game di meit 14 untuk menambh keunggulan skor 3-1.

Game kelima tekanan dan beban berada di pundak pasukan landak kuning ONIC. Namun, Butts dkk tampak berpengalaman menghadapi situasi dan tetap dengan gameplan. Upaya bermain safe dan meladeni agresivitas lawan memang berbuah pertukaran kill. Onic berhasil unggul dan di menit 14, mereka berhasil meratakan dua base turret dengan lord. Namun, AP Bren masih mampu bertahan.
Onic kembali menggempur hingga AP Bren hanya menyisakan inhibitor di menit 20. Namun apa yang terjadi? AP Bren dengan aksi FlapTzyjustru berhasil menang dalam team fight dan berbalik unggul perolehan kill 17-15.

 SItuasi berbalik, AP Bren lakukan push hingga berhasil mendesak jalur mid (tengah) markas Onic. Selepas menforong wave minions, kontes perebutan lord di menit 26 menjadi moment penentuan. Dibuka dengan Kiboy, Kairi berhasil rebut lord, diikuti serangan CW dan SanZ menghalau pemain Bren mundur ke base. Onic berhasil menghnacurkan inhibitor APBren di menit 27 dan mengubah skor 2-3. Game on! 

Game keenam, Onic seakan mendapatkan kepercayaan diri dan energi segar. CW dengan hero Claude dan Kairi dengan hero Guinevere menjadi motor serangan dengan Kiboy sebagai sasis dan SanZ di mid, sang mage ibarat dirigen. Kedudukan masih sama kuat, skor kill 7-7 hingga kontes lord pertama di menit 9. Di sinilah  ONIC meraih keunggulan signifikan, baik dri perolehan kill , gold dan dominasi. AP Bren berada di bawah tekanan dan harus bertahan. Onic push di area mid dan tercipta team fight yang meratakan semua punggawa AP Bren di menit 15. Skor pun sama kuat 3-3. Seisi venue bergemuruh, panas dan tegang karena pertandingan akan ditentukn di game ke-7!

Game ketujuh, kedua tim bermain dengan ritme seimbang. Kontes lord pertama berhasil direbut AP Bren namun tak memberi ancaman berarti selain Onic jadi sedikit harus lebih defensif. Di sinilah, faktor stamina dan konsentrasi kedua tim diuji. Setelah 6 game tentu sangat melelahkan dan satu miss positioning atau timing bisa mengubah segalanya. Dan, team fight di menit 12 menjadi penentu. Onic kehilangan Kairi dan SanZ membuat AP Bren merangsek dan berhasil menarget inhibitor hingga rata.  

ar 32f61

AP Bren menjadi juara dunia M5 Mobile Legends. Kegagalan Onic memang terasa mengiris jutaan pasang mata terutama fans di Indonesia. Harus diakui, tampilnya Onic di grand final M5 menjadi kesempatan emas untuk mewujudkan harapan trofi M Series kembali ke pangkuan Garuda seperti yang dipersembahkan Evos Legends di seri perdana, M1. Nice try Onic. Kalian telah berjuang sebaik-baiknya meski belum rejeki untuk juara. Terlepas dari gelar dan trofi, laga grand final M5 telah menyajikan scene esports terbaik di tahun 2023 ini.  What a game!

Ikuti terus info terbaru seputar Mobile Legends dan berita esports terlengkap di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian! 

Baca selanjutnya:

DANA & Google Play Hadirkan Turnamen dengan PrizePool Ratusan Juta Rupiah, Seru-seruan Meet n Greet Bareng ONIC

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!