Riot Respons League of Legends Masuk Piala Dunia Esports 2024 (Gamers8) Arab Saudi

Riot Games menanggapi laporan masuknya League of Legends sebagai nomor atau cabang di Piala Dunia Esports (World Esports Championship ) 2024. Akankah developer memeberi restu? 

Gamers8 edisi tahun 2023 menampilkan banyak organisasi esports mengirimkan banyak tim mereka dalam berbagai gelar mulai dari CS:GO, dan Rocket League hingga DOTA 2. Bagaimana dengan League of Legends dan Valorant?

Seperti diketahui, Riot Games memang sangat firm memegang kendali ketat atas esports League of Legends.  Bisa jadi, Riot yang pertama merintis model franchise Liga domestik di seluruh dunia pada akhir tahun 2010-an dan sejak itu tidak ada tim dari liga tersebut yang berpartisipasi dalam acara pihak ketiga.

Menurut laporan dari Jacob Wolf, hal ini akan berubah karena Riot sedang melakukan pembicaraan dengan Piala Dunia Esports untuk menambahkan League ke dalam lineup mereka. Event senilai $45 juta ini adalah turnamen multi-esports yang didukung oleh pemerintah Arab Saudi yang menggantikan Gamers8.

Riot menanggapi laporan dari Wolf dengan mengatakan bahwa Piala Dunia Esports hanyalah salah satu acara yang menarik untuk diikuti oleh pengembang bersama tim profesionalnya. 

Riot Izinkan Team Pro LOL Berlaga di WEC 2024

Riot Games dilaporkan akan mengirimkan tim League of Legends dari empat liga domestik teratasnya ke Piala Dunia Esports yang didukung Arab Saudi. Pemimpin Arab Saudi, Putra Mahkota Mohammed bin Salman Al Saud, mengumumkan Piala Dunia Esports pada Oktober 2023 yang akan menggantikan turnamen Gamers8. Gamers8 adalah turnamen besar yang menampilkan berbagai organisasi esports dari seluruh dunia yang bersaing dalam berbagai judul esports. 

Berbeda dengan industri game dan esports lainnya, Riot belum pernah terlibat dengan Arab Saudi di luar kemitraan singkat LEC dengan NEOM pada tahun 2020. Kemitraan tersebut dengan cepat dibatalkan setelah talenta penyiaran untuk liga tersebut secara terbuka berbicara tentang ketidaksetujuan mereka.

Penggemar liga esports belum pernah melihat tim dari LCS, LEC, LPL, atau LCK bersaing satu sama lain di luar ekosistem Riot selama bertahun-tahun. Beberapa telah mengadakan pertandingan pertunjukan melawan satu sama lain, namun operator pihak ketiga seperti ESL, BLAST dan IEM sudah beberapa waktu tidak mengadakan turnamen Liga.

Kini menurut laporan dari Jacob Wolf, Riot Games sedang menyusun detail untuk mengirimkan beberapa tim LoL dari berbagai region ke Piala Dunia Esports. Menurut laporan tersebut, Riot akan mengizinkan dua tim dari liga teratasnya, LEC, LCS, LPL dan LCK, untuk berkompetisi di ajang tersebut. Namun bagaimana mereka akan dipilih belum diungkapkan.

BACA JUGA: Worlds 2023 Cetak Rekor Jumlah Penonton Tertinggi, League of Legends Masih Jadi Scene Esports Terpopuler Sejagat!

Kepala strategi global League of Legends Riot, Chris Greeley, juga meminta setiap liga untuk menghentikan aktivitas apa pun yang direncanakan selama minggu pertama bulan Juli untuk memberi ruang bagi Piala Dunia Esports, kata laporan itu.

Jika Riot menindaklanjuti acara tersebut, ini akan menjadi turnamen internasional pertama yang tidak diselenggarakan oleh pengembang yang menampilkan tim-tim di liganya selama bertahun-tahun.

Dalam pernyataan lebih lanjut , Riot mengatakan bahwa pihaknya sedang dalam pembicaraan dengan “berbagai penyelenggara turnamen, termasuk Piala Dunia Esports, mengenai penyediaan lisensi resmi untuk acara pihak ketiga untuk dimasukkan ke dalam ekosistem pro League of Legends.”


Riot tampaknya mulai mempertimbangkan untuk menambahkan acara pihak ketiga setelah melihat kesuksesan Asian Games, yang menampilkan tim-tim profesional dari Korea Selatan, Tiongkok, dan negara lain bertarung demi kejayaan internasional.

“Kami sedang melakukan eksplorasi aktif terhadap peluang-peluang ini, termasuk apakah dan kapan peluang-peluang tersebut dapat masuk dalam kalender 2024, namun belum ada yang dapat dikonfirmasi saat ini,” kata Riot kepada Wolf.

Fans harus menunggu dan melihat apa yang akan dihasilkan Riot saat Piala Dunia Esports akan dimulai pada musim panas. Namun, pengembang mengatakan dalam pernyataannya bahwa “saat ini belum ada yang dikonfirmasi” untuk musim 2024.

​Ikuti terus berita terbaru League of Legends di Ligagame! Kunjungi Instagram @ligagame_tv dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

Guide League of Legends Cara Ganti atau Pindah Region di LoL

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!