Pemerintah Tiongkok Kecam Cafe Esports yang Beri Layanan Maid. Merendahkan Martabat Perempuan!

by Visahat

Kafe-kafe esports di Tiongkok yang mengharuskan staf perempuan mereka untuk mengenakan pakaian pelayan Prancis dan berlutut saat melayani pelanggan telah menuai kecaman dari pihak berwenang.

Pejabat di kota Yiwu di provinsi Zhejiang, Tiongkok timur, beberapa kafe esports telah mempromosikan bisnis mereka dengan menawarkan bentuk layanan yang tidak senonoh.

Ketika pelanggan masuk, mereka disambut oleh pelayan yang mengenakan gaun sangat pendek dan ikat kepala telinga kelinci yang membungkuk dan berkata: “Selamat datang di rumah, tuan.”

Mereka berlutut untuk menyajikan teh, memberi makan pelanggan, memijat punggung, dan bermain-main dengan pelanggan.

Pada tanggal 15 April, pihak berwenang Tiongkok mengecam layanan tersebut dan memerintahkan kafe-kafe yang terlibat untuk mengubah cara mereka menjalankan bisnis, demikian dilansir dari South China Morning Post.

Para pejabat d Negeri Tirai Bambu mengkritik para pemilk usaha cafe tersebut karena kurangnya sistem untuk mencegah pelecehan seksual, yang menyebabkan beberapa pekerja perempuan menjadi korban.

“Satu tindakan berlutut dapat sangat merendahkan martabat perempuan dan membawa implikasi seksual yang mendalam,” tulis media pemerintah Tiongkok di Weibo.

Pada tahun 2022, seorang pria bermarga Wu menemukan sebuah kafe esports bernama Sweet Maid Cafe, di mana dia meminta seorang pelayan, yang dipanggil Yaoyao, untuk bergabung dengannya bermain game.


Wu kemudian memperkosa Yaoyao di sebuah hotel bertema esports dan kemudian dipenjara selama empat setengah tahun.

Pada bulan Agustus 2021, di provinsi Jiangsu di Tiongkok timur, berbagai kasus pelecehan seksual yang melibatkan anak di bawah umur terjadi setelah para korban dipekerjakan untuk bekerja di kafe bertema pembantu.

Dalam beberapa tahun terakhir, terdapat tindakan keras terhadap kafe esports yang menawarkan layanan mencurigakan.

Hukumannya termasuk denda, penghancuran materi promosi, dan penutupan perusahaan.

Bentuk layanan tersebut memicu perbincangan hangat di media sosial daratan.

“Kafe-kafe ini harus melarang kontak fisik antara pelanggan dan staf yang menunggu,” saran seorang pengamat online.

“Menurutku budaya pembantu meremehkan perempuan, apa pun yang terjadi,” kata yang lain.

Maid cafe pertama kali muncul di Jepang sebagai bagian dari budaya anime, dimana permainan peran dimaksudkan untuk menyampaikan kesopanan dan ketundukan.

2914607d 110d 4113 9156 5fcf9a6b0323 2d29c6c7 586fe

Sebagian besar kafe ini melarang kontak fisik biasa antara staf dan pelanggan.
Seiring dengan populernya budaya anime Jepang di Tiongkok, konsep server pembantu dipadukan dengan penyediaan pendamping permainan di kafe-kafe esports.

Pendamping game adalah pendamping non-seksual selama bermain game, yang mungkin mencakup berbicara dan bekerja sama untuk bermain. Ini adalah layanan yang dimaksudkan untuk menghilangkan kesepian dan meningkatkan gameplay.

Di Tiongkok, terdapat juga butler cafe yang dikhususkan untuk pelanggan wanita, di mana pelayan pria muda berdandan dan menyajikan minuman, mengobrol, dan bermain permainan papan.

“Di kafe, saya merasa dihormati. Mengobrol dengan para pria muda membantu saya bersantai,” tulis seorang pelanggan wanita di Weibo.

“Merangkul budaya pembantu dan kepala pelayan sebagai bagian dari budaya khusus adalah hal yang baik. Selama sah dan membawa kebahagiaan, itu layak untuk disyukuri,” kata pengamat online lainnya.

Ikuti terus berita terbaru game dan esports di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjuntya:

Perusahaan Jepang KDDI Perkenalkan Teknologi Baru Cosplay Mungkinkan Model 3D

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!