Kominfo Resmi Buka Blokiran Steam, Dota 2 dan CSGO Kembali Dapat Dinikmati

by Zili
Kominfo Resmi Buka Blokiran Steam

Kabar baik satu persatu datang dari dalam negeri. Kementerian Komunikasi dan Informatika secara resmi membuka blokiran Steam beserta dengan game-game nya yaitu CS:GO dan Dota 2 di Indonesia. Pada 3 hari yang lalu, Kominfo dengan sangat mengejutkan memutuskan untuk memblokir Steam, Origin, Paypal, dan beberapa website lainnya dengan sepihak. Tentu saja kemarahan dan caci maki keluar dari pada pengguna website tersebut. Pasalnya banyak orang yang menggantungkan nasib ke beberapa website yang di blokir oleh Kominfo. Selanjutnya para influencer, gamers, pro player serta pemilik organisasi e-sports bersama sama menyuarakan kecemasannya melalui e-mail, twitter, maupun post social media lainnya. Benar saja, pada hari ini Steam di buka blokirannya oleh Keminfo.

Dengan cara memblokir Steam, sama saja Keminfo membuat beberapa orang di Indonesia kehilangan pekerjaan. Sudah banyak sekali organisasi berbasis e-sports yang menggantungkan nasibnya pada platform ini. Tetapi seakan menutup mata, Keminfo akhirnya memutuskan untuk memblokir Steam dikarenakan belum mendaftarkan PSE. Padahal pada kenyataanya Steam sudah menjadi salah satu platform taat pajak. Ketika gamers ingin membeli game, total uang yang harus dibayarkan sudah termasuk dengan biaya pajak.

Akhirnya hari ini, tanggal 2 Agustus 2022, Keminfo memutuskan untunk membuka blokir dari Steam. Setelah beberapa hari kemarin diberitakan Steam telah berkomunikasi ke pemerintahan Indonesia, akhirnya keduanya sepakat untuk membuka blokiran. Kabar membahagiakan ini tidak disusul dengan beberapa website resmi lain yang tetap diblokir. Website lain tersebut antara lain, Origin, Paypal, Yahoo, Xandr.com, dan masih banyak lagi.

Kominfo-2_cc48c.jpg

Tentu saja hal ini sangat merugikan sebagian besar masyarakat Indonesia, mau itu dari pihak gamers ataupun orang awam pengguna Internet. Banyak website website yang tadinya menjadi sumber lahan mencari uang yang akhirnya di blokir oleh Kominfo. Fenomena ini tentu saja menjadi suatu hal yang viral di hampir seluruh dunia. Banyak gamers dari seluruh dunia yang melakukan reaction video tentang kasus yang sedang dialami pengguna Internet di Indonesia. Mereka berfikirkan bahwa pemblokirann ini merusak asas kebebasan dalam penggunaan Internet.

Pemblokiran ini dilakukan sesuai dengan pengamatan Direktotrat Pengendalian Aplikasi dan Informatika (Aptika), Direktorat Jenderal Aptika, Kementerian Kominfo terhadap 100 Sistem Elektronik dengan trafik tertinggi yang belum mendaftar. Pemutusan akses terhadap Sistem Elektronik lain juga akan dilakukan secara berkala sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Stay grind, stay green!

Baca selanjutnya:

LigaGame Dota is Back! Siapa yang Kangen? Saksikan Arlington Major di Monitormu!

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!