Kominfo Blokir Situs Steam, Battlenet, Epic Games, Dota2 Hingga Paypal Terkait PSE

Kominfo

Publik warganet heboh setelah sejumlah situs populer tidak bisa diakses di Indonesia pada Sabtu pagi (30/7). Beberapa yang populer diantaranya platform distribusi game Steam dan Epic Games Store, serta PayPal. Pemblokiran ini ditengarai sebagai bagin dari penetapan aturan Kominfo tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

Pihak Kominfo memang telah mensosialisasikan PSE kepada penyedia layanan internet seperti situs dan aplikasi untuk mendaftarkan layanan. Media sosial dan layanan chatting dari META yakni Facebook, Instagram dan Whatsapp kemudian Twitter serta sejumlah game mobile yang populer telah mendaftarkan PSE. Kominfo lantas memberi tenggat waktu bagi penyedia jasa lainnya yang belum mendaftar. 

Dalam konferensi pers pada Jumat, 29 Juli pihak Kominfo menyebut sejumlah layanan penyedia platform sudah menerima surat peringatan. PSE ini merupakan penyedia layanan dalam daftar 100 trafik terbesar yang sudah diumumkan Kemkominfo pada pekan lalu. 

Bersama surat peringatan tersebut, Kominfo memberikan tenggat waktu lima hari kerja bagi platform memberikan tanggapan. Apabila dalam lima hari kerja setelah surat dikirimkan dan tidak ada respons, Kemkominfo akan mulai melakukan pemblokiran.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangarepan memberikan tenggat waktu kepada platform untuk segera melakukan pendaftaran dengan tenggat hingga Sabtu, 30 Juli 2022 pukul 00.00 WIB.  Pihak Kemenkominfo mengancam akan memblokir layanan jika tidak mengindahkan aturan tersebut.

10 Platform yang diberi tenggat waktu :

1. Amazon (E-commerce)
2. Bing (search engine)
3. Yahoo (search engine)
4. PayPal
5. Steam
6. Dota
7. Counter Strike: Global Offensive
8. Epic Games
9. Battlenet
10. Origin.

Hingga berita ini diurunkan, delapan PSE yang diblokir yakni Yahoo search engine atau mesin carinya, Steam, Dota, Counter-Strike, Epic Games, Origin.com, Xandr.com, dan PayPal.

Kominfo mencantumkan bahwa saat ini, 8276 PSE swasta terdaftar. Dari daftar itu, ada 8.069 PSE dalam negeri dan 207 PSE asing. Agar layanan tersedia di Indonesia, perusahaan harus mendaftar ke Kominfo, atau mereka akan menerima peringatan dan akhirnya diblokir. Beberapa organisasi yang sudah terdaftar termasuk YouTube, Google, PlayStation Store, Roblox, dan banyak lagi.

Namun sejumlah perusahaan yang masih belum terdaftar di Kominfo antara lain Amazon, LinkedIn, Yahoo, dan lainnya. Perusahaan-perusahaan ini telah mendapat peringatan resmi, yang bisa berlanjut dengan ancaman dendan  dan akhirnya pemutusan akses. Untuk Steam, Epic Games, dan Battle.net yang belum melakukan registrasi, Kominfo akhirnya membokir layanan platform game merek di Indonesia pada 30 Juli 2022.

BACA JUGA: Kolaborasi PUBG Mobile x BLACKPINK Hadirkan In-Game Voice Pack dan Set Kostum Fresh!

Diblokirnya akses ke sejumlah platform game dirasa seperti kiamat kecil bagi sebagian gamers di Indonesia. Pemblokiran ini pun menjadi trending topic di Twitter. sejumlah organisasi esports pun turut mencuitkan di akun seperti Team Secret. 

Salah satu influencer Dokter Tirta, yang juga dikenal  turut mencuitkan opininya terkait pemblokiran ini. 

Warganet, terutama gamers, menanti perkembangan akses ke situs yang mereka gunakan. Memang sejumlah situs masih dibuka dengan VPN. Bagaimana ceritanya kalau sampai mereka tidak bisa mengakses Steam dan game-game Valve kesayangan seperti DOta2 dan CS:GO.  

Ikuti terus berita Games dan esports terbaru di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

Streamer di Twitch Jual Skin CS:GO, Deal Dapatkan Sedan BMW!

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


Ā© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!