HoYoverse Raup $3 Miliar Dollar Sejak Genshin Impact Rilis 2020

by Agustinus Dapot

 Genshin Impact meraup pendapatan $3 miliar dari platform seluler sejak diluncurkan pada tahun 2020. Data ini dirangum dari Sensor Tower yang menyebut game bergaya animasi besutan developer miHoYo ini mampu meraih revenue $1 miliar dollar setiap enam bulan. Sungguh jumlah yang fanstatis! 

Genshin Impact adalah game free-to-play yang dikembangkan oleh HoYoverse, yang sebelumnya dikenal sebagai miHoYo sebelum Februari 2022. Game ini memiliki visual yang terinspirasi anime dan memungkinkan pemain untuk beralih secara instan di antara sekelompok karakter unik dengan senjata dan gaya bermain yang berbeda. menjaga gameplay terasa segar. Game ini terbukti sangat populer dan memiliki pengikut setia yang kembali setiap hari.

genshin impact 2 6 screenshot 62cf9

Meskipun berbasis "Free-to-play" alias gratis untuk diunduh dan dimainkan, Genshin Impact memang menggunakan mekanisme gacha yang mendorong pemai  top up (dengan uang sungguhan) untuk membeli mata uang dalam game dan meningkatkan peluang untuk membuka kunci item yang lebih langka.

BACA JUGA: Sambut Kamisato Ayato, UniPin Berikan Cashback Top Up Genshin Impact

Yup, tipe game gacha memang seru buat sebagian gamers, menantikan keberuntungan atau sekedar menuntaskan hasrat penasaran. Genshin Impact secara konsisten menambahkan acara baru dan yang tidak dapat dibuka. Fitur-fitur baru ini membuat pemainnya tetap terlibat dan karena itu lebih cenderung menghabiskan uang untuk permainan.

Strategi ini tampaknya berhasil untuk HoYoverse, karena tidak hanya basis pemain Genshin Impact yang sangat besar, tetapi game ini juga dilaporkan telah menghasilkan $ 3 miliar dari rilis selulernya sejak diluncurkan pada tahun 2020. Ini menurut laporan oleh Sensor Tower yang menyatakan bahwa Genshin Impact menghasilkan rata-rata sekitar $1 miliar setiap enam bulan melalui pembelian dalam game yang dilakukan melalui Apple App Store dan Google Play.

Meskipun dimungkinkan untuk memainkan Genshin Impact tanpa harus mengeluarkan uang untuk itu, game ini dirancang untuk memberi insentif kepada pemain untuk menghabiskan sedikit uang setiap bulan atau lebih, yang membuat beberapa pemain menyebut mekanik gacha predator.

Pemain MMORPG yang berdedikasi biasanya hanya akan menghabiskan sekitar harga yang sama dengan game non-free-to-play. Namun, beberapa pemain dapat melampaui harga ini, dan bersedia mengeluarkan uang untuk melewati setiap rintangan misi dan membuka kunci setiap item langka dalam permainan.

genshin impact code c8745

Para pemain yang lebih cenderung menghabiskan banyak uang untuk permainan ini dikenal sebagai “whale" atau "paus” di komunitas permainan gacha, yang merupakan frasa yang dipinjam dari industri perjudian. Dari paus inilah Genshin Impact menerima banyak pendapatan. Laporan Sensor Tower juga hanya mencakup pendapatan game Genshin Impact dari platform seluler, jadi belum termasuk versi konsol atau PC-nya. Dari semua platform yang tersedia, pendapatan game akan jauh lebih tinggi dari $3 miliar.

Basis pemain Genshin Impact juga terus meningkat sekitar 44% setiap tahun sejak dirilis. Ini berarti pendapatan seluler game ini bisa segera melebihi $1 miliar setiap enam bulan, tetapi ini bergantung pada HoYoverse yang menjaga para pemainnya tetap terlibat dengan Genshin Impact selama mungkin.

Ikuti terus berita terbaru Genshin Impact di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

Daftar Senjata dan Artefak Terbaik untuk Build Ganyu Genshin Impact!

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!