Cara Mengatasi Lag Genshin Impact Mobile Ampuh!

Coba ikuti langkah berikut untuk atasi masalah lag dan ping merah di Genshin Impact. 
by Ligagame
cara-mengatasi-lag-genshin-impact

Sejak perilisan, banyak pemain mengalami masalah lag dan ping tinggi di Genshin Impact. Ping ini kabarnya terus meningkat sepanjang gameplay, terutama di saat combat kaotis.  Masalah utamanya masih belum diketahui secara pasti, bisa jadi karena hp kentang atau dari server game sendiri. 

Berikut ini beberapa cara yang direkomendasikan oleh para pemain Genshin Impact. Walau hasilnya tidak pasti, sebagian besar dari mereka melihat peningkatan performa saat main. Tidak ada salahnya untuk mencoba kan?

BACA JUGA:

"Klee" Karakter Genshin Impact Baru, Si Ahli Lempar Bom Pyro

Cara Atasi Lag dan Ping Tinggi di Genshin Impact

Atur Settings Opsi Pengembang di Perangkat (Android)

opsi pengembang android

Opsi pengembang secara otomatis di non-aktifkan dalam seluruh perangkat. Mengaktifkan opsi dan mengubah pengaturan dapat membantu mengatasi masalah lag di Genshin Impact. Untuk mengaktifkannya, ikuti langkah berikut:

  1. Setelan > Tentang Telpon 
  2. Klik “Versi MIUI” sebanyak tujuh / lebih  kali (untuk mengaktifkan opsi pengembang / developer mode)
  3. Setelah itu, di bagian setelan sistem klik “Setelan Tambahan” > Opsi Pengembang
  4. Aktifkan “opsi pengembang” 
  5. OPSIONAL: Aktifkan “Pengoptimalan Kartu SD emulasi (mock)” (hanya ada di perangkat tertentu)
  6. Klik “Skala Animasi Transisi” > Skala Animasi 1x
  7. Aktifkan “Paksa rendering GPU”
  8. Aktifkan “Paksa 4x MSAA”
  9. Klik “Batas proses latar belakang” > tanpa proses latar belakang

PENTING: Hanya aktifkan opsi pengembang saat bermain game ini. Setelah itu, non-aktifkan kembali untuk mencegah masalah error pada hp. 

Download Aplikasi Game Booster

game booster android

Game booster bisa mengoptimalkan CPU, RAM, FPS, dan lainnya untuk meningkatkan performa aplikasi gaming di perangkat kalian. 

Beberapa aplikasi game booster yang direkomendasikan adalah Game Plugins, Game Booster by BGN mobi , Dr. Booster, dan Speed Booster

Ubah Settings Grafik di In-Game

graphics quality in game genshin impact

Di bagian kiri atas in-game, klik simbol Paimon. Lalu di bagian menu kiri, klik tombol pengaturan. Di tab grafik, kalian bisa melihat beban perangkat dengan konfigurasi saat ini. Secara default, beban perangkat ada di tingkat “sangat tinggi,” sehingga hp dengan spek rendah tidak sanggup memprosesnya. Untuk itu, ubah settings grafik seperti berikut ini:

  • Kualitas grafik > Kustom (kalau masih lag, ubah jadi terendah)
  • FPS > 30 
  • Resolusi Render > Menengah (kalau masih lag, ubah ke Rendah / Terendah)
  • Kualitas Bayangan > Rendah
  • Efek visual > Rendah 
  • Kualitas SFX > Rendah
  • Pengaturan Menyeluruh > Terendah
  • Motion Blur > Tutup

Catatan: Beberapa pemain mengatasi masalah FPS setelah mengubah kualitas grafik dari “terendah” menjadi “menengah.” Solusi ini memang terdengar sedikit aneh. Jika android memiliki spek yang cukup tinggi, kalian bisa mencoba solusi tersebut. 

Setiap android memiliki spek yang berbeda, jadi sebaiknya eksperimen setting grafik in-game dan cari yang paling sesuai dengan perangkat masing-masing. 

Gunakan VPN

Salah satu solusi yang ditemukan para pemain adalah menggunakan VPN. Bukan hanya untuk mengatasi lag, tapi juga untuk memperbaiki kecepatan download. Sambungkan VPN ke lokasi Jepang atau Hong Kong untuk hasil paling efektif. 

Main di Waktu Yang Berbeda

genshin impact combat 2

Untuk solusi terakhir, coba main di waktu yang berbeda. Beberapa pemain melihat peningkatan ping (200-300ms) di malam hari, dan hanya 24-38ms di siang hari. Salah satu kemungkinannya adalah server overload di jam-jam tertentu. Tentunya, waktu yang tepat berbeda untuk setiap server, jadi pastikan eksperimen sendiri ya. 

Karena alasan ini, usahakan untuk tidak melawan boss di jam-jam dengan lag / ping tinggi. Kecuali kalian memang sabaran…

Semoga saja langkah ini bisa membuat gameplay lancar dan sanggup mengatasi masalah lag dan ping tinggi saat bermain Genshin Impact ya! Jangan lupa ikuti Ligagame Esports untuk berita dan tips Genshin Impact terbaru!

BACA SELANJUTNYA:

8 TIPS UNTUK MENDAPATKAN WISH GENSHIN IMPACT LEBIH BANYAK

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!