Usai Pembatasan, Pemerintah China Keluarkan Lisensi Untuk 45 Game Baru

Pemerintah China Kembali Keluarkan Lisensi Game Sejak Pemberlakuan Pembatasan

Perusahaan game dan para gamers di China sedikit lega seiring kebijakan Pemerintah Tiongkok terkait perizinan game. Maklum, sejak Juli 2021, China sempat melakukan pembatasan penerbitan judul game baru. Kebijakan ini membuat insan industri game di Negeri Panda megap-megap, terlebih dengan merebaknya pandemi COVID19. Kabarnya, kira-kira 14.000 pelaku industri game di China terdampak.

china 3 fbac2

Dalam beberapa tahun terakhir, Pemerintah China memang menunjukkan sikap tegas dan bahkan membatasi waktu bermain game. Buntutnya, tak ada ijin untuk lisensi game baru. Kini, setelah hampir satu tahun, China kembali mengeluarkan lisensi game. Kebijakan ini langsung memacu sentimen positif hingga saham perusahaan game seperti NetEase dan BiliBili menanjak.

 Anehnya, tidak ada judul game dari Tencent dan NetEase di  antara judul-judul yang diumumkan. Sebaliknya, beberapa perusahaan yang terdaftar termasuk Baidu, XD, dan iDreamSky. Bisa jadi, Tencent dan NetEase belum melengkapi persyaratan yang ditetapkan.   

Bloomberg melaporkan bahwa China telah mengatasi kekhawatiran terburuk investor game dalam beberapa tahun terakhir. Keragu-raguan pemerintah Tiongkok untuk mendukung budaya game dapat dimengerti membuat beberapa investor kurang optimis tentang masa depan pasar di Tiongkok. Namun, langkah China dengan memberi lampu hijau menunjukkan kepada investor bahwa  pendapatan itu sepenuhnya. 

Ada beberapa batasan pada game di China pada tahun lalu. Misalnya, pemerintah Cina menetapkan batasan baru pada game hingga jumlah game yang bisa dimainkan per hari. Setelah sejumlah keluhan dari orang tua, game sama sekali dilarang di malam hari sekolah. Pemerintah juga berupaya untuk lebih ketat mengatur live streaming di Negeri Tirai Bambu.

china bans video games as restrictions continue 5aa86

Pertumbuhan industri game tentu tak lepas dari pemain dan komunitas. Dibukanya kembali keran lisensi dan perilisan game baru secara domestik tentu menjadi angin segar dan kembali menggairahkan para pelaku dan pekerja game di China.   

Ikuti terus berita GAMES dan Esports dan di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

Steam Deck Masuki Beta Untuk Support Windows 11

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!