Sensor Tower Umumkan Game Mobile Terbaik APAC 2023, Free Fire The Best Shooter Game

by Febry "f0rsak3n" Susan

Selama beberapa tahun terakhir, industri game terus berkembang di platform seluler. Mobile games menjadi dekat di berbagai aspek kehidupan kita sehari-hari. Baik dalam perjalanan, hiburan, permainan, kencan, pembayaran, bisnis, atau pendidikan, aplikasi seluler telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan modern dan mengubah perilaku konsumen.

Menurut perkiraan data Sensor Tower, pengguna seluler global menghabiskan $130 miliar di App Store dan Google Play pada tahun 2023, menunjukkan peningkatan sebesar 84% dibandingkan lima tahun lalu.

Jika dilihat dari pasar geografis tertentu, kawasan APAC muncul dengan pertumbuhan pengguna dan pembelanjaan seluler tercepat, namun juga sebagai rumah bagi banyak penerbit seluler terkemuka. Pada tahun 2023, lebih dari separuh dari 100 penerbit seluler terlaris memiliki kantor pusat di APAC.

Sensor Tower APAC Awards 2023 bertujuan untuk menyoroti game dan aplikasi seluler luar biasa dari penerbit di APAC. Di bawah ini, kita akan menemukan daftar 24 pemenang, yang mewakili setiap sektor pasar seluler. Beberapa perusahaan fokus pada pasar lokal, sementara perusahaan lainnya berekspansi secara global—semuanya mendapatkan dukungan dari penggunanya. Dengan mempelajari pengaruh transformatif dari produk-produk mobile-savvy ini, kami dengan senang hati berbagi wawasan tentang tren yang mungkin dapat memandu kita memasuki era baru.

Game Musik Terbaik
Amanotes (Penerbit Game Musik Terbaik)
Amanotes, sebuah perusahaan yang berdedikasi untuk memberikan pengalaman musik interaktif terbaik, menjadi penerbit game musik teratas berdasarkan unduhan di seluruh dunia pada tahun 2017 dan tetap menjadi juara bertahan sejak saat itu.

Amanotes Best Music Game Publisher 1 35e6e

Pada akhir tahun 2023, Amanotes telah membangun portofolio lebih dari 20 game musik dengan pengguna di seluruh penjuru dunia. Game buatannya, Magic Tiles 3 dan Tiles Hop, telah mendominasi tangga lagu game musik seluler menurut MAU (Pengguna Aktif Bulanan) di seluruh dunia sejak tahun 2019. Game terbarunya, Duet Cats, juga masuk dalam 10 besar sejak debutnya, menunjukkan kemampuan penerbitannya yang kuat . Amanotes telah membentuk genre ini dengan mekanisme gameplay yang ikonik dan estetika neon, yang terlihat dari prevalensi fitur serupa di game-game peringkat teratas.

Game Story Terbaik
Blue Archive 
Dikembangkan oleh Nexon Games, Blue Archive telah memikat para gamer dengan narasi menarik dan karakter menawan yang berlatar kota akademi Kivotos yang dinamis.

Awalnya diluncurkan di Jepang pada awal tahun 2021, kemudian tersedia secara global pada tahun yang sama. Di Jepang, pasar utama Blue Archive, game ini secara teratur kembali ke puncak grafik terlaris pada tahun 2023, menggandakan pendapatan global tahunannya dari tahun 2022 menjadi $240 juta.

Didorong oleh cerita orisinal game ini, komunitas yang berkembang telah berkembang, menciptakan sejumlah besar konten buatan pengguna. Dalam sebuah prestasi bersejarah, Blue Archive mengamankan genre baru di Pasar Komik Jepang 103, menandai game Korea pertama yang meraih pengakuan tersebut. Dengan serial televisi anime yang akan debut pada tahun 2024, dunia Blue Archive siap untuk berkembang lebih jauh.

GAME MANAJER OLAHRAGA TERBAIK
Proyek Blue Lock (Game Manajer Olahraga Terbaik)
Blue Lock Project: World Champion adalah game seluler berdasarkan anime TV Blue Lock yang populer. Dirilis pada akhir tahun 2022, film ini meraup $10 juta di Jepang hanya dalam tiga minggu dan terus mempertahankan kinerja yang kuat sepanjang tahun 2023. Pada akhir Desember, film ini telah menghasilkan pendapatan kumulatif lebih dari $90 juta, memperkuat posisinya sebagai pesaing utama dalam dunia game olahraga seluler.

Dalam permainan, pemain berperan sebagai pelatih dan menyusun strategi untuk memimpin karakter ikonik dari anime TV menuju kemenangan. Selain itu, karakter Kaoru Mitoma telah ditambahkan ke dalam game, membuat para penggemar semakin bersemangat dan meningkatkan antisipasi terhadap perilisan game tersebut. Momentum ini berlanjut hingga tahun 2023 dengan berbagai acara dan tantangan menarik yang membuat para pemain terpikat. Hasilnya, Blue Lock Project: World Champion menduduki puncak grafik pertumbuhan pendapatan global dalam genre manajer olahraga pada tahun tersebut dengan selisih yang signifikan.

GAME TYCOON SELULER TERBAIK
Burger Please (Game Tycoon Seluler Terbaik)
Burger Please!, game yang menawarkan kenikmatan menjalankan restoran dari segala aspek, sukses menarik perhatian global pada tahun 2023.

Sejak Juli lalu, mereka secara konsisten memimpin chart game taipan seluler global berdasarkan pengguna aktif bulanan. Pada akhir tahun 2023, MAU-nya melampaui 5 juta, melampaui game tersebut di posisi ke-2 dalam genrenya sebesar 160%. Mekanik penumpukannya yang unik menambah keseruan dalam tempo cepat. Pemilihan tema manajemen rantai burger memastikan popularitas globalnya, memberikan pengalaman mendalam mulai dari merekrut staf hingga mengelola konter dan jendela drive-thru, dan bahkan perluasan cabang.

Game Party (Pesta) Terbaik
Eggy Party
Permainan pesta kini muncul sebagai strategi interaksi penting dengan generasi muda secara global, menawarkan interaksi sosial dan kompetisi ringan.

Pertama kali diluncurkan di Tiongkok pada Mei 2022, diikuti dengan ekspansi besar-besaran di Asia Tenggara pada September 2023, Eggy Party dari NetEase menawarkan formula unggulan. Dengan gameplay yang beragam, elemen sosial yang inovatif, karakter eggy yang menggemaskan, dan workshop yang hebat, Eggy Party memberdayakan pengguna untuk mendesain peta khusus, membina komunitas UGC yang berkembang sehingga membuat pemain datang kembali untuk mendapatkan lebih banyak lagi.

Eggy Party Best Party Game 31372

Game ini telah mencetak rekor baru untuk belanja pengguna dalam genrenya dan melampaui pesaingnya, mengklaim basis pengguna aktif harian tertinggi di perangkat seluler pada akhir tahun 2023.

GAME  ON GOING TERBAIK
Fate Grand Order (Game Terbaik yang Sedang Berlangsung)
Dirilis pada tahun 2015, Fate/Grand Order tetap menjadi favorit penggemar di kalangan pengguna game seluler, melampaui pendapatan kumulatif $7 miliar pada akhir tahun 2023. Meskipun berada di pasar selama lebih dari 8 tahun, game ini terus mempertahankan posisinya sebagai game terpopuler kedua. game seluler yang menguntungkan di pasar RPG berbasis giliran global yang sangat kompetitif pada tahun 2023, mengungguli banyak game baru yang dirilis dalam genrenya.

Fate Grand Order Best Ongoing Game 9a3fe

Seri Fate telah melahirkan beberapa game, dengan seri pertama, "Fate/stay night", yang dirilis sebagai game PC pada tahun 2004. Namun, Fate/Grand Order memikat para pemain dengan beragam karakter yang diciptakan oleh ilustrator terkenal, skenario yang menarik, dan pembaruan dalam game yang sering. Melayani sebagai perwakilan dari seri Fate, yang telah berjalan selama lebih dari 20 tahun, Fate/Grand Order telah lama menjadi favorit di kalangan penggemar setia.

GAME Shooter TERBAIK
Free Fire
Free Fire (termasuk Free Fire MAX), sebuah game battle royale seluler yang memikat pemain di seluruh dunia, telah menghasilkan 1,5 miliar unduhan seumur hidup sejak diluncurkan.

Garena Free Fire Best Shooter Game 67b6a

Dengan lebih dari 200 juta pengguna aktif bulanan di perangkat seluler, Free Fire menawarkan waktu bermain tiga kali lipat dibandingkan pesaing terdekatnya, yang menunjukkan basis pemainnya yang setia dan terlibat. Memasuki tahun ke-7 setelah debutnya, dominasi ini terus mendorong kenaikannya, mendorongnya ke puncak game seluler yang paling banyak diunduh di seluruh dunia pada tahun 2023.

Game POPULERITAS GLOBAL TERBAIK
Honkai Star Rail (Popularitas Global Terbaik)
Diluncurkan pada tanggal 26 April 2023, Honkai: Star Rail dengan cepat memikat hati beragam pemain dengan karakternya yang menakjubkan dan alur cerita yang menarik, serta pertarungan berbasis giliran yang mendebarkan. Game ini naik ke puncak tangga lagu unduhan game seluler di banyak negara sejak debutnya.

Dengan setiap pembaruan, basis penggunanya terus tumbuh dan mendominasi grafik game RPG berdasarkan pengguna aktif bulanan di seluruh dunia sejak Juli di tahun yang sama. Pada akhir tahun 2023, game ini masuk dalam sepuluh besar game seluler terlaris di Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, dan Asia Tenggara, serta dalam dua puluh teratas di Amerika Utara, Prancis, dan Australia. Dengan pengalaman bermainnya yang luar biasa, game ini telah melampaui batas-batas budaya, mendapatkan popularitas luar biasa di kalangan pemain di seluruh dunia.

GAME Evergreen TERBAIK
Honor of Kings  
Hadir di pasar selama 8 tahun, Honor of Kings, sebuah game MOBA yang tersebar di seluruh Tiongkok, telah mendominasi peringkat pendapatan kotor game seluler global selama dua tahun berturut-turut tanpa ada pesaing yang terlihat.

Terlepas dari tantangan yang dihadapi industri game seluler selama dua tahun terakhir, TiMi Studio, anak perusahaan Tencent Games dan pengembang Honor of Kings, telah menunjukkan komitmen mereka untuk menjaga keterlibatan pemain dengan konten baru yang menarik. Mereka mempertahankan pertumbuhan pendapatan yang mengesankan dan mempertahankan keterlibatan pengguna, melampaui lonjakan yang terjadi pada awal tahun 2020.

 GAME BERBASIS IP TERBAIK
Jujutsu Kaisen (Game berbasis IP Terbaik)
Jujutsu Kaisen Phantom Parade yang dikembangkan oleh Sumzap, game seluler spin-off pertama dari anime TV Jujutsu Kaisen yang terkenal, popularitasnya meledak di kalangan gamer seluler Jepang setelah dirilis pada November 2023.

Game ini menawarkan pertarungan imersif dan pandangan dunia anime TV, menghadirkan alur cerita menawan dari sudut pandang masing-masing karakter. Daya tariknya tidak hanya meluas kepada penggemar karya aslinya tetapi juga bagi pengguna ponsel yang belum pernah menonton animenya sebelum memainkan gamenya. Kesuksesan game ini semakin meningkatkan popularitas anime TV aslinya dan memperluas basis penggemarnya. Dengan seringnya acara dalam game, game ini secara konsisten mengamankan posisi teratas di chart terlaris di Jepang.

Ikuti terus berita GAMES dan Esports dan di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

Akhiri Puasa Gelar, Onic Olympus Kampiun FFWS ID 2024 Spring!

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!