Ragnarok M: Eternal Love 2.0, Update Features dan Petualangan Masif!

Ragnarok M: Eternal Love 2.0

Ragnarok Online merupakan game RPG legendaris yang telah dimainkan dan melekat di hati jutaan orang. Saking populernya, Ragnarok yang rilis di awal milenium (2002) bahkan identik sebagai game online PC di masanya. Seiring waktu berjalan dan perkembangan jaman, developer Gravity Interactive, Inc akhirnya merilis Ragnarok versi mobile dengan titel Ragnarok M: Eternal Love pada tahun 2018.

Migrasi client game Ragnarok ke platform smartphone pun mendapat sambutan positif. Ragnarok M: Eternal Love dikemas dengan tema kartun 3-D menyuguhkan grafis dan animasi dengan detail visual mulai dari character, monster, bangunan hingga environment (lingkungan) seperti aliran air mengalir atau gerakan rumput di sekitar.

Memasuki tahun 2021, Gravity menyiapkan  update features dan petualangan secara masif. Saking besar dan banyaknya penambahan yang baru, pihak Gravity bahkan menamai update tersebut sebagai Ragnarok M: Eternal Love 2.0. Sebelum membahas apa saja update yang hadir, ada baiknya kita simak kemasan dan tampilan Ragnarok M: Eternal Love yang membuatnya sebagai game RPG mobile unggulan.

Ragnarok M: Eternal Love UI

User Interface (UI) pada layar tertata rapi sehingga player tetap akan menikmati jalannya petualangan dengan meng-klik tombol skill-skill yang tersusun secara horisontal. Kolom dialog dibuat proporsional dengan bagian kolom quest sehingga tidak memakan banyak ruang di layar ponsel.  

ragnaron M Eternal Love 2.0 UI fa9a1

ragnaron M Eternal Love 2.0 ss2 aef7c

Gravity juga mempertahankan cita rasa khas game Ragnarok dengan menggunakan font angka damage yang mirip dengan Ragnarok Online.

Terlepas dari hal tersebut, alur dan gameplay seru akan membawa pemain pada "indahnya game RPG" yang melibatkan mekanisme level skill dan status. Sekedar menyegarkan ingatan sekaligus informasi bagi kamu yang baru berkenalan dengan Ragnarok, stats character terdiri dari: STR, AGI, VIT dan INT.

STR masih digunakan untuk meningkatkan serangan fisik, AGI berguna untuk kemampuan menghindar dan kecepatan serangan, INT untuk meningkatkan serangan magis, VIT untuk health-point, dan LUK untuk meningkatkan kemungkinan (chance) serangan kritikal.

Satu hal yang berbeda dari mekanisme status pada Ragnarok M: Eternal Love adalah hilangnya WIS yang digunakan untuk mana-pool dan mana regen. Well, tenang karena fungsi status ini telah digabung menjadi status INT. Jadi, selain meningkatkan serangan magis, INT juga berfungis untuk mana-pool .

BACA JUGA: Ragnarok X: Next Generation, Mobile MMORPG Akan Riis di Indonesia

Ragnarok M: Eternal Love 2.0 Update Besar-Besaran!

Ragnarok M: Eternal Love akan segera mendapatkan upgrade yang masif atau sangat besar. Saking besar dan banyaknya penambahan yang baru, pihak Gravity bahkan menamai update tersebut sebagai Ragnarok M: Eternal Love 2.0. Nah, sekarang langsung saja kita kupas apa saja update yang hadir.

Awali Petualangan di Cryptura Academy

Buat kamu yang membuat karakter baru di Ragnarok M: Eternal Love 2.0, kamu akan memulai petuangan di Cryptura Academy (jadi bukan di Prontera). Buat para player veteran Ragnarok klasik mungkin akan mengenalinya sebagai nama item in game. Cryptura Academy terletak di sebelah kanan dari Aldebaran.

Di Cryptura Academy para petualang diajak mengikuti tutorial memainkan Ragnarok Eternal M: Eternal Love 2.0. Meski bertajuk tutorial, kamu tetap harus serius mengikutinya. Demi mempermudah, pihak developer memberikan sistem cepat untuk naik level. Kamu cukup mengikuti semua tutorial dan character kamu akan mencapai level 120 .

ragnaron M Eternal Love 2.0 ss1 f4277

Saat mengikuti tutorial kamu akan diganggu terus oleh monster bernama Klulu, mahkluk hybrid percampuran antara naga dan musang. Sepertinya Klulu ditugaskan untuk mengganggu latihanmu. Teruskan latihan dan berlatih hingga mencapai level 120 dan character kamu berubah menjadi job ketiga.

ragnaron M Eternal Love 2.0 1234 8f512

Setelah berhasil melewati gangguan Klulu, kamu berhasil menyelesaikan pendidikan di Cryptura Academy dan dipersilakan masuk ke Prontera. Kamu juag bisa membagikan moment ini kepada teman-temanmu. 

Peta Baru: Eclage City

Selain Cryptura Academy, Ragnarok M: Eternal Love 2.0 juga menghadirkan beberapa kota baru lainnya. Salah satunya yang unik adalah Eclage. Kota yang dibangun para Pixie ini memang indah dan mengagumkan. Perpaduan bangunan megah dan patung-patung epik membangun aura ajaib.

Selain kota Eclage kamu jiga bisa berkunjung ke Time Garden dan Palace of Beauty. Time Garden merupakan sebuah tempat rahasia, tempat di mana hewan dan tumbuhan tidak akan pernah mati. Di sini terdapat banyak monster, blueprint, dan drop untuk membuat kostum dan headgear yang hanya bisa diperoleh di peta ini. Time Garden jadi spot favorit untuk farming baik bagi pemula maupun veteran.

Palace of Beauty merupakan sebuah tempat yang terdapat di antara langit biru Rune Midgard. Tak satupun yang tahu bagaimana tempat ini tercipta tapi yang pasti ada begitu banyak misteri dan bahaya di balik pesonanya. Di Lv. 120, para petualang akan menghadapi monster MVP elite di Palace of Beauty maupun bertarung bersama teman-teman saat konflik antar faksi demi memperebutkan kendali dan prestige.

Job Baru: Ninja, The Shuriken Master!

Ragnarok M: Eternal Love 2.0 juga menghadirkan job baru, yakni: Ninja. Kamu bisa mencobanya di Cryptura Academy. Untuk bisa berubah menjadi Ninja, kamu harus mencapai Novice dengan level 80.

Player dapat menjelajahi dunia Ragnarok sebagai Ninja, yang memiliki serangan mumpuni dengan pedang dan senjata shuriken. Selain itu Ninja juga dibekali mantra ninjutsu guna menciptakan makhluk kuat dan membuat musuh bingung. Dengan skill yang serbaguna, petualang dari berbagai gaya bermain dapat beradaptasi untuk menghadapi musuh atau membantu rekan satu tim mereka.

Ketika mencapai job level 70, kamu bisa berubah menjadi Kagerou/Shadow Wolf untuk karakter pria, dan Oboro/Moonlight untuk karakter wanita. Walaupun memiliki nama yang berbeda, tetapi sejatinya kedua job ini memiliki status dan skill yang sama persis. Kedua job bisa menggunakan senjata tipe sword.

ragnarok eternal love ninja job e304f

Jika Shadow Wolf/Moonlight telah mencapai job level 70, selanjutnya bisa berubah menjadi Yamata (untuk pria) dan Amaterasu (untuk wanita). Para Ninja ini memiliki serangan yang unik. Mereka memiliki basic attack yang terdiri dari empat serangan beruntun dengan item yang berbeda-beda. Setiap serangan memiliki damage dan buff masing-masing.

Selain menggunakan basic attack, para Ninja juga sangat mahir meluncurkan senjata Huuma Shuriken yang bisa mengenai beberapa target sekaligus. Para Ninja juga dibekali summoning technic untuk memanggil Orochimaru dan hewan legendaris lainnya.

Quest Anyar

Dengan kehadiran Eclage, otomatis Ragnarok M: Eternal Love 2.0 juga memiliki quest baru. Kamu bisa mengerjakan main quest baru bernama Oath of Light and Stars di Prontera saat mencapai level 150. Setelah menyelesaikan petualangan ini, kamu akan mendapat beragam reward berupa headgear dan kostum baru bertema Pixies, serta sebuah mount. Kamu bisa mencari quest ini di quest manual.

Selain quest utama, kamu juga bisa menjalankan quest tambahan yang tersedia di masing-masing peta sat mencapai level 15. Lewat quest ini kamu akan mempelajari latar belakang dan sejarah dari kota Eclage. Selanjutnya kamu juga bisa mengerjakan quest Singra Master Box di level 150 dengan reward berbagai gear dan koleksi kostum.

Feature Lainnya: Offline Battle 

Update Ragnarok M: Eternal Love kali ini memang mendapatkan beberapa feature (fitur) baru salah satunya adalah fungsi Offline Battle yang memungkinkan charcter kamu tetap berpetualang saat sudah logout atau keluar dari game. Wew! Offline Battle memiliki durasi selama 30 hari dan untuk memperpanjangnya kamu bisa membeli lagi sertifikatnya.

Buat para player yang sudah bermain pasti juga sudah tahu fitur yang sudah ada, yakni auto-battle. Yeap! Fitur ini memungkinkan character kamu tetap menjalankan quest atau membunuh monster (grinding) secara otomatis meski kamu dalam keadaan AFP (away from phone). Untuk game-game RPG, grinding monster maupun material untuk leveling jelas sangat menentukan progress. So, fitur auto-battle yang bisa dikatakan bantuan bot sangat membantu bagi pemain yang tidak punya banyak waktu alias tingkat kesibukan tinggi.

Ragnarok M: Eternal Love 2.0 juga menyegarkan tampilan UI dan fungsi baru yang semakin membuat nyaman. Salah satunya adalah opsi tampilan 2,5D, 3D, ataupun lock view. eningkatan grafis, tekstur dan pencahayaan, UI yang lebih baik, dan sistem kontrol kamera baru yang memungkinkan para petualang beralih antara perspektif isometric tradisional dan tampilan kamera bebas.

Feature tambahan lainnya adalah sistem relic yang bisa diakses ketika kamu mencapai level 140. Untuk membukanya kamu harus menyelesaikan quest yang diberikan oleh Rowanne di Prontera.

ragnaron M Eternal Love 2.0 wa f9090

Verdict

Dengan segala fitur dan mekanisme terbaru yang ditambahkan Ragnarok M: Eternal Love 2.0 memberikan pengalaman RPG yang berbeda dan semakin memanjakan. Gravity Inc,. mengimplementasikan segenap perubahan secara hati-hati guna menambah feaure dan memperluas dunia yang dijelajahi tanpa meninggalkan sensasi yang telah melekat, termasuk alunan musik yang mengiringi setiap scene petualangan.

Ragnarok M: Eternal Love berhasil sebagai game mobile dari versi online di PC yang pernah berjaya dan sanga t populer di Indonesia dan Asia Tenggara. Apalagi bagi mereka yang ingin bernostalgia sekaligus mengabadikan cintanya kepada game Ragnarok. Sepertinya sesuai juga dengan title game versi mobile ini Ragnarok M: Eternal Love.

***

Ikuti terus berita game-game terbaru di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya: 

Magic Legends, Action RPG Mobile Games Terbaru Segera Open Beta

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!