Palworld Game yang Happening, Viral Gabungkan Unsur Pokemon Scarlet dan Violet Mechanic

by Kwee Tek Hoay

Di pekan ujung bulan Januari 2024, game Palworld meluncur di Steam. Meski awalnya sempat dikritik karena mirip Pokemon, Palworld justru hits dan hapening. Game ini dibangun berdasarkan satu mekanik dari Scarlet dan Violet dengan cara yang baru.

Palworld mengambil inspirasi dari Pokemon dalam desainnya, tetapi lebih dari sekadar meniru waralaba, menawarkan pemain kemampuan untuk memanfaatkan makhluk pendamping mereka untuk berbagai tugas.

Game ini memperkenalkan Let's Go! mekanik yang mirip dengan Pokemon Scarlet dan Violet, memungkinkan pemain mengirimkan makhluk utamanya untuk bertarung atau mengumpulkan item secara otomatis. Namun, Palworld mengambil konsep ini lebih jauh dengan memasukkannya sebagai mekanisme gameplay inti, dengan Pals dapat membantu dalam pertempuran real-time dan melakukan tugas-tugas (mission).

palworld 1 c1386

Palworld berpotensi mengembangkan mekanisme lain yang diperkenalkan di Pokemon Scarlet dan Violet, memberi pemain kendali penuh atas Teman mereka dan memungkinkan mereka bermain dari sudut pandang mereka. Hal ini akan meningkatkan mekanisme inti permainan dan lebih jauh menghubungkan pemain dengan makhluk pendampingnya (Pal).

BACA JUGA: 5 Ide Seru untuk Mengisi Libur Akhir Tahun Bersama Pokémon GO

Palworld mengalami kesulitan untuk menghilangkan klaim sebagai penipu Pokemon, dengan banyak penggemar yang menunjukkan kesamaan yang jelas antara banyak Teman dalam game dan Pokemon tertentu. Jelas bahwa Palworld telah mengambil banyak inspirasi dari Pokemon di antara judul-judul lain dalam desainnya, tetapi permainan ini lebih dari sekadar menyalin Pokemon di beberapa bidang utama. Cara Palworld memungkinkan pemain memanfaatkan Teman mereka untuk berbagai tugas sepertinya merupakan evolusi dari Let's Go! mekanik dari Pokemon Scarlet dan Violet.

Selain singgungan yang jelas terhadap Pokemon tertentu dalam desain Palworld's Pals, ada juga beberapa kesamaan gameplay antara hit viral Pocketpair dan seri klasik Game Freak. Penggunaan tipe elemen dalam sistem seperti batu-kertas-gunting mengingatkan kita pada franchise Pokemon, hanya saja pada tingkat yang tidak terlalu rumit. Namun, keunggulan Palworld dibandingkan inspirasinya terletak pada fungsi multiguna yang dimiliki Pal, yang memungkinkan pemain berinteraksi secara langsung dan pasif dengan Pal saat mereka menjelajahi dunia game dan membangun basis mereka.

Penggemar telah memperhatikan bahwa ada beberapa kesamaan yang jelas antara makhluk di Palworld dan Pokemon, dan ini termasuk elemen Pals of the Water.
Palworld Membawa Pokemon Scarlet dan Violet's Let's Go! Mekanik ke Tingkat Berikutnya

 pal KeyArt b246a

Dengan transisi seri Pokemon ke desain dunia terbuka dengan Pokemon Scarlet dan Violet, Let's Go! Mekanik diperkenalkan untuk membantu pemain merasa seperti sedang berpetualang bersama teman mereka. Masuk Ayo berangkat! Mode ini memungkinkan pemain untuk mengirimkan makhluk utama mereka yang secara otomatis akan melawan monster liar atau mengambil item terdekat saat mereka pergi. Fitur ini memiliki banyak kegunaan di Pokemon Scarlet dan Violet, termasuk mempermudah penggilingan level, membantu pemain menemukan varian mengkilap, dan bahkan menjadi metode yang digunakan beberapa makhluk seperti Pawmo dan Rellor untuk berevolusi.

Palworld mengambil konsep memiliki makhluk mitra yang secara otomatis terlibat dalam tugas lebih jauh lagi dengan menjadikannya sebagai mekanik inti dalam gameplay kerajinan bertahan hidup. Teman tidak hanya dapat membantu pemain melawan musuh secara real-time, tetapi mereka juga dapat ditugaskan untuk melakukan tugas-tugas kasar di sekitar markas pemain, seperti membangun struktur, mengumpulkan sumber daya, dan membuat item. Sistem ini memberi Pals of Palworld tujuan yang jauh lebih besar daripada sekadar alat untuk bertarung dan membantu memadukan genre pengumpulan makhluk dan genre kerajinan bertahan hidup dengan lebih mulus daripada yang diharapkan pada awalnya.

Palworld Dapat Membangun Mekanik Pokemon Scarlet dan Violet Lainnya di Pembaruan Mendatang
Pokemon Scarlet dan Violet mengambil Let's Go! mekanik selangkah lebih maju dengan diperkenalkannya Mesin Sinkronisasi di DLC The Indigo Disk. Item khusus ini memungkinkan pemain untuk secara langsung mengendalikan monster utama mereka di dunia luar game, mengadopsi kecepatan dan kemampuan pergerakan makhluk tersebut dan memungkinkan mereka untuk melawan monster liar sebagai monster. Mampu bermain sebagai Pokemon benar-benar meningkatkan hubungan antara pemain dan rekannya, membangun sifat Let's Go! mekanik yang mungkin Palworld perkenalkan pada pembaruan mendatang untuk memberikan lebih banyak fungsi kepada Pals.

Sifat Palworld sebagai game kerajinan bertahan hidup cocok dengan konsep penggunaan Pals untuk membantu mengotomatisasi produksi alat dan sumber daya. Dengan permainan yang dibangun berdasarkan fondasi yang didirikan oleh Pokemon Scarlet dan Violet's Let's Go! mekanik, sepertinya merupakan perkembangan alami bagi Palword untuk mengikuti seri Pokemon dalam hal lain dan memberi pemain kendali penuh atas Pals, membiarkan mereka bermain dari sudut pandang mereka. Meskipun pemain Palworld secara tidak langsung dapat mengontrol Teman mereka dengan menugaskan mereka ke tugas dasar yang berbeda dan menggunakan tali kekang tertentu untuk menggunakan beberapa Teman seperti Foxparks dan Lifmunk sebagai senjata, Teman yang dapat dikontrol sepenuhnya dapat meningkatkan mekanisme inti permainan ke level berikutnya.

Ikuti terus info terbaru seputar Mobile Legends dan berita esports terlengkap di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian! 

Baca selanjutnya:

Nintendo Switch Cetak Rekor Rilis Game Sepanjang Tahun 2023

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!