Nintendo Peringatkan Pemilik 3DS dan Wii Stop Pakai Konektor USB Wi-Fi

by Agustinus Dapot

Nintendo mengeluarkan pernyataan yang memperingatkan pemilik Wii dan DS berhenti menggunakan adaptor Wi-Fi untuk menghubungkan handheld mereka ke internet.

Tidak dapat dipungkiri, seiring berjalannya waktu dan kemajuan teknologi, video game, konsol, dan periferal yang dulu ada di mana-mana akan menjadi semakin usang hingga bisa menjadi memorabilia, koleksi kenang-kenangan bagi penggemar retro. Server online dimatikan dan DLC menjadi tidak dapat diakses seperti pada kasus yang dialami Ubisoft baru-baru ini, etalase tutup, dan dengan beberapa aksesori seperti adaptor Wi-Fi Nintendo, gamer diminta untuk berhenti menggunakannya.

nintendo wireless 0ced6

Konektor USB Wi-Fi dan Adaptor Jaringan Wi-Fi, yang hanya tersedia di Jepang, diluncurkan pada tahun 2005 dan 2008, era ketika Wi-Fi tidak lazim seperti sekarang dan banyak rumah masih mengandalkan koneksi ethernet koneksi. Perangkat USB dicolokkan ke PC dengan internet broadband, dan konsol Nintendo Wii dan DS kemudian dapat terhubung ke internet melalui adaptor. Ini memungkinkan orang untuk mengakses fitur online konsol, seperti Wii dan DS.Namun era ini tampaknya segera berakhir.

Lewat akun resmi Twitter, Nintendo memposting peringatan bahwa penggunaan Konektor USB Wi-Fi atau Adaptor Jaringan Wi-Fi tidak disarankan. Cuitan ini juga menyertakan tautan ke utas berisi penjelasan lebih lengkap. Pada intinya Nintendo mengantisipasi periferal jadul dapat membuat gamer terbuka terhadap virus atau akses tidak sah ke jaringan. Oleh karenanya, pemilik konsol disarankan untuk segera berhenti menggunakan adaptor dan beralih ke perangkat yang lebih modern untuk online.

BACA JUGA: Modder Berhasil Migrasikan CS:GO ke Port Nintendo DS

Konektor USB Wi-Fi dan Adaptor Jaringan Wi-Fi untuk Wii dan DS menggunakan protokol keamanan WEP, yang masih paling banyak digunakan di dunia tetapi telah lama dilampaui oleh WPA, WPA2, dan WPA3 2018. WEP sendiri diketahui memiliki beberapa masalah keamanan, mudah diretas, dan dapat mengakibatkan pelanggaran keamanan yang tidak terduga bagi pemilik Nintendo Wii dan DS.

Konektor USB berhenti dikirimkan oleh Nintendo pada tahun 2010, dan Adaptor menerima perlakuan yang sama pada tahun 2013. Oleh karena itu, tidak mungkin banyak orang masih menggunakan kedua aksesori tersebut, karena sebagian besar sudah beralih ke koneksi Wi-Fi yang lebih aman.  Namun demikian, mungkin masih ada beberapa gamer pendukung yang sangat terikat dengan Wi-Fi Wii atau dongle DS mereka, dan sayangnya, bagi mereka, mungkin ini saatnya untuk mengucapkan selamat tinggal.

usb wifi 29af8

Gamer sudah bersiap untuk mengucapkan selamat tinggal pada eshop Nintendo Wii U dan 3DS yang akan ditutup untuk selamanya pada 27 Maret 2023. Pemain tidak lagi dapat menambahkan dana ke wallet atau eshop setelah 29 Agustus 2022.  Beberapa game di platform ini tidak akan tersedia secara digital di platform lain, dan versi fisiknya semakin mahal dari hari ke hari. Apakah ini benar-benar pertanda akhir dari sebuah era?

Ikuti terus berita esports dan game terbaru di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

Mario Strikers: Battle League Rilis Versi Digital, Hadir di Switch 10 Juni 2022

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!