Ketika Gamers Alami Lucid Dream, Pertanda Baik atau Buruk?

Apakah setiap gamers pernah mengalaminya?
lucid dream mimpi dan gamers

Universitas Oxford baru-baru ini merilis sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa bermain video game memberi manfaat bagi kesehatan mental. Tim Oxford Internet Institute bekerja sama dengan  Electronic Arts dan Nintendo America, melakukan studi untuk menganalisa "perilaku bermain game" dan mengumpulkan data obyektif.

Studi LiveScience menemukan “ada hubungan antara game dan kesadaran”. Memainkan video game sebelum tidur memberi tingkat kesadaran dan kendali yang tidak biasa dalam mimpi.

lucid dream 33 cfb82

Salah satu sumber LiveScience adalah jurnal penelitan dari Jayne Gackenbach, psikolog dan pakar di Grant MacEwan University di Kanada. Gackenbach merupakan salah satu periset awal yang meneliti hubungan antara mimpi dan perilaku bermain game. Ia mengamati mengapa bermain game bisa sampai terbawa mimpi?
Apakah video game membuat seseorang mampu mengendalikan mimpi dalam tidur? Apa itu yang kemudian disebut sebagai 'Lucid dream'?

lucid dream 1 3fb7d

Gackenbach pertama kali tertarik pada video game pada 1990-an, ketika ia melihat putranya berulang kali mencium konsol game Nintendo baru dalam perjalanan pulang dari Toys "R" Us. Dia lalu fokus mempelajari Lucid dream, di mana orang memiliki kesadaran berada di dalam mimpi.

Mimpi dan video game secara esensi sama-sama mewakili realitas alternatif. Namun, Gackenbach menunjukkan bahwa mimpi muncul secara biologis dari pikiran manusia, sementara video game secara teknologi dihasilkan komputer atau konsol game.
"Jika Anda menghabiskan berjam-jam selama seharian dalam realitas virtual, dan tidak melakukan hal lain, itu akan menjadi satu-satunya kenyataan secara praktik," ujar Jayne Gackenbach.  "Gamer terbiasa mengontrol lingkungan game yang dimainkan, sehingga itu bisa diterjemahkan menjadi mimpi," ujarnya.

BACA JUGA: Viktor "GeneRaL" Nigrini mencapai 10k MMR dalam Dota 2

Pertanyaan menarik selanjutnya adalah sejauh mana dan seperti apa kemampuan seorang gamer ketika mengalami lucid dream?
Bagaimana mereka membentuk realitas alternatif dunia mimpinya? Tentu sangat terkait dengan game yang ia mainkan.
Bermain game MOBA, boleh jadi ia akan memproyeksikan scene war, hero, role atau skill apa yang mesti dikeluarkan. Atau jika bermain FPS, bisa jadi ia memainkan ulang game yang ia mainkan, posisi rekan setim, map, pergerakan musuh dan lain-lain. 

lucid dream dota 00e21

Demikian juga bagi gamer yang bermain MMORPG. Bisa jadi dalam mimpi mereka bagaimana quest harus ditempuh, mount, weapon, looting hingga absen ke guild. 

Gackenbach lalu menemukan persamaan antara gamer dengan orang yang mengalami lucid dream. Baik pemimpi lucid maupun pemain game tampaknya memiliki keterampilan spasial yang lebih baik dan lebih punya kontrol terhadap gerakan. Tak heran jika lucid dream dapat membantu seseorang mengatasi mimpi buruk atau bahkan trauma mental.

lucid dream gamers g 879e5

Studi Lucid Dream 

Hal ini mendorong Gackenbach melakukan penelitian di tahun 2006 pada dua kelompok yakni gamers hardcore dan bukan gamer.
Kedua kelompok partisipan menunjukkan fokus dan tingkat konsentrasi yang lebih tinggi, termasuk saat mengalami lucid dream atau melalui berjam-jam yang dihabiskan untuk melawan musuh virtual untuk mencapai level berikutnya dalam sebuah game.

lucid game fps a0776

Studi pertama menunjukkan bahwa orang yang sering bermain video game lebih cenderung mengalami Lucid dream, mereka bisa menjadi pengamat atas mimpi mereka atau melihat diri mereka sendiri dari luar tubuh mereka (sudut pandang orang ketiga) saat di dalam mimpi, hingga bisa mengontrol atau mengubah dunia mimpi mereka- yang mana sama seperti halnya mengendalikan aksi karakter di dalam game.
Studi kedua mencoba mempersempit kemungkinan dengan memeriksa mimpi yang dialami peserta dari malam sebelumnya, dan lebih fokus pada gamers. Hasilnya ditemukan bahwa gamers cenderung lebih mudah mengalami lucid dream.

Para gamers bisa lebih sering beralih view dari sudut pandang orang pertama dari dalam tubuh dan sudut pandang orang ketiga dari luar diri mereka sendiri. 

Gackenbach beberapa kali mereplikasi temuannya tentang lucid dream dan video game dengan mahasiswa sebagai subjek, dan menyempurnakan metodenya dengan mengendalikan faktor-faktor seperti frekuensi mengingat mimpi.

"Apa yang terjadi dengan gamer adalah sesuatu yang belum sepenuhnya dapat dijelaskan," ujar Gackenbach.  "Mereka (gamers) tidak lari saat menghadapi sesuatu dalam mimpi, mereka berbalik dan melawan. Mereka lebih agresif daripada orang normal," ujarnya.

Nah, apakah ligagamers pernah mengalami lucid dream? Sesering dan seseru apa? Simak ulasan tentang Lucid dream di artikel selanjutnya. Ikuti info terbaru seputar game dan berita esports terlengkap di Ligagame Esports.

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!