Anneke Lourens, Ibu Guru Juara Clash Royale Bicara Esports di Afrika Selatan

anneke lourens afrika selatan

Anneke Lourens, seorang guru dari Hoërskool Klerksdorp di Afrika Selatan dinobatkan sebagai Mind Sports SA (MSSA) untuk game Clash Royale. Harus diakui perkembangan eSports di beberapa negara semakin pesat seiring semakin meratanya infrastruktur dan jangkauan layanan internet. Di sisi lain, pandemi global COVID 19 turut mempengaruhi interaksi hingga bentuk olahraga tradisional maupun event offline. ESports pun mulai bergeliat di Afrika Selatan yang secara volume kompetisi dan jumlah organisasi masih belum sebesar Amerika Utara, Eropa, dan Asia.

anneke lourens s south africa 6e2d5

Setelah berhasil meraih juara Clash Royale, Anneke Lourens menyampaikan pandangannya soal masa depan esports di Afsel saat wawancara dengan Gsport. Anneke bercerita tentang awal ia bermain game dan bagaimana terlibat dalam olahraga elektronik ini. Esports bertransformasi menjadi industri bernilai miliaran dollar, mengubah para gamer yang bersemangat menjadi selebriti internasional.

Selain tournament, team dan atlet maupun player, sektor broadcast dan streaming juga tumbuh dan mendukung industri eSports di Afrika Selatan. Komunitas streaming terutama untuk game-game terkenal diantaranya PUBG, Fortnite, CS: GO, Dota 2, FIFA 20, dan Overwatch.

lacupdafricana2 d0a6b

Setelah berada dalam bayang-bayang, eSports menemukan waktunya untuk bersinar, yang semakin mendapat dukungan. SInyak positif juga terrbit setelah hasil diskusi Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang akan menyertakan eSports sebagai cabang resmi pada Olimpiade.

Berikut petikan wawancara dengan Anneke seperti dikutip dari Gsports.
Hai Anneke! Selamat atas gelar juara nasional! Kapankah Anda mulai bermain game?
Saya sudah bermain game selama beberapa tahun, tetapi baru mulai bermain Clash Royale tahun lalu, ketika saya memasukkan siswa dari sekolah kami untuk kompetisi. Saya memutuskan untuk memotivasi mereka dan akhirnya juga mendaftarkan diri. Bermain game tidak hanya membantu saya untuk rileks, tetapi juga meningkatkan kemampuan berpikir dan mencari solusi.

Bagaimana dunia eSports tumbuh di Afrika Selatan sejak Anda mulai bermain secara kompetitif?
Dunia eSports telah berkembang pesat, tetapi ada lebih banyak potensi untuk berkembang. Ini adalah olahraga baru di Afrika Selatan dan bagi siswa yang tidak dapat atau tidak tertarik untuk berpartisipasi di olahraga fisik, mereka memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam eSports.

BACA JUGA: Belgia Masukkan Game dalam Kurikulum Sekolah

Apa peran Anda di Hoërskool Klerksdorp?
Saya adalah guru Teknologi Informasi di Hoërskool Klerksdorp dan bertanggung jawab atas pengembangan eSports di sekolah.

Siapakah gamer wanita terbaik di Afrika Selatan?
Saya tidak tahu pemain wanita kecuali mereka yang bermain Counter-Strike: Global Offensive (CS: GO). Ada juga Meldee Nel ‘Melicorn1991’ dari Amanzimtoti.

Bagi mereka di Afsel yang tidak memahami dunia eSports, dapatkah Anda memberi penjelasan singkat tentang cara memasukinya?
Saat Anda mengunjungi situs web Mind Sport SA, Anda akan menemukan semua dokumentasi yang Anda perlukan tentang cara mendaftar. Setelah Anda menemukan klub yang cocok, Anda mendaftar dengan klub terdaftar di wilayah Anda (nama-nama klub terdaftar ini tersedia di situs web MSSA).
Semua game yang dihosting sebagai game eSports dapat ditemukan di situs web MSSA. Setelah itu tinggal tentukan game dan mendownload. Kemudian - latihan, latihan, latihan! Itu menyenangkan dan menantang otak Anda.

 esports afsel 42e33

Bagaimana prospek esports untuk gamers wanita?
Ini menguntungkan, karena meskipun pria dan wanita bermain melawan satu sama lain, hasilnya, pria dan wanita dibagi menjadi dua kategori berbeda.

Tantangan apa yang Anda hadapi saat mulai bermain game?
Menemukan waktu untuk berlatih, karena perlu waktu untuk mempelajari permainan secara mendalam! Saya perlu memiliki komputer game sendiri, dan itu tantangan bagi saya. Khususnya Clash Royale - eSports masih muda di negara ini, jadi menemukan peserta lokal pada awalnya cukup sulit.

Nasihat Anda untuk gadis-gadis muda lainnya yang ingin bermain game?
Mulailah bermain! Jangan takut untuk mengatakan Anda adalah seorang gamer. Bermain melawan pria dan wanita - mereka akan membantu Anda mencapai yang terbaik. Dan jangan menyerah! Anda akan memenangkan beberapa dan Anda akan kehilangan beberapa, tetapi apa pun yang Anda lakukan, nikmati saja hobi baru Anda.

Peluang karir apa yang tersedia untuk gadis-gadis muda dalam bermain game, selain bermain?
Ada cukup banyak, antara lain wasit eSports selama kompetisi, gamer profesional, fasilitator / mentor untuk pembelajar, serta mengembangkan dan membuat game sendiri.

Afrika Selatan berpotensi menjadi komunitas eSports terbesar di benua itu, yang akan menarik perhatian brand dan organisasi eSports global. Dengan pendekatan dan perhatian yang tepat hanya soal waktu investasi datang mendukung dan mempromosikan atlet esports lokal sejak usia muda. Dan yang lebih menggembirakan lagi adalah game yang bersifat sepenuhnya inklusif juga membuka pintu bagi lebih banyak gamer wanita baru setiap hari.

Baca selanjutnya: Listy Chan Jadi Brand Ambassador XCN Gaming

Ikuti terus info terbaru seputar Clash Royale dan berita esports terlengkap di Ligagame Esports! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian! 

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!