Ternyata Ini yang Bikin Puppey Reuni dengan MidOne, Plus Boyong Coach Ah Fu dari Team SMG

by Rex "Regum" Rusman

Bursa transfer Dota 2 jelng bergulirnya musim baru tahun ini mulai menghangat. Salah satu rotasi roster yang paling banyak dibicarakan setelah musim The International 12 (TI12) adalah kembalinya Yeik "MidOne" Nai Zheng dan Miroslav "BOOM" Bičan ke Team Secret.

Pentolan sekaligus captain Team Secret, Clement "Puppey" Ivanov menjelaskan reuninya dengan MidOne. Yup, Puppey menyambut kembalinya Yeik Nai "MidOne" Zheng yang pernah menjadi carry tim Secret di periode 2016 hingga 2019 sebelum pro player asal Malaysia hengkang ke OG. Selain bereuni dengan  MidOne, Team Secret juga merekrut  "ah fu" Soon Chuan dari Team SMG sebagai pelatih baru.
Puppey menyebutkan bahwa berlatih dengan Team SMG sebelum TI12 menjadi kesempatan untuk mengapresiasi ide-ide yang dibawa oleh MidOne dan ah fu, yang membuka gaya permainan yang berbeda.
Puppey juga berbicara tentang bagaimana MidOne telah dewasa setelah melalui banyak situasi yang menantang.

Dalam sesi  podcast yang dibagikan oleh ESL selama ESL One Kuala Lumpur 2023, kapten Secret Clement "Puppey" Ivanov mengungkap kisah mengapa bereuni dengan MidOne. Puppey menjelaskan bagaimana scrim dengan Tim SMG sebelum TI12  menjadi moment baginya untuk terbuka dan memahami ide-ide yang dibawakan MidOne dan coach ah fu. 

Sebelum TI12, dilaporkan bahwa Puppey akan menggantikan posisi lima pemain Tim SMG Jaunuel "Jaunuel" Arcilla, yang mengalami masalah visa. Namun, sang pemain berhasil mendapatkan visa di menit-menit terakhir, sehingga Puppey tidak ikut bepergian bersama tim untuk TI12 meski telah bermain scrim selama dua minggu terakhir.

dota 2 team secret puppey header ae59a

Meski begitu, Puppey mengapresiasi pembelajaran yang didapatnya dari ah fu dan MidOne karena mereka menampilkan gaya bermain berbeda yang berbeda dari pengalamannya di tahun sebelumnya.

“Kau tahu, aku menikmati beberapa perspektif yang dimiliki ah fu dan MidOne selama kami bermain di SMG. Dan meskipun mereka sendiri meraih prestasi yang sangat buruk di TI, namun perbincangan yang terjadi di sana sangat berbeda dibandingkan sepanjang tahun yang saya alami. Saya merasa seperti saya belajar banyak hanya dengan bermain bersama mereka dan berbincang tentang beberapa hal. Jadi bagi saya ini sudah merupakan peningkatan dari posisi saya saat ini, setidaknya seberapa banyak saya belajar.”

 

Puppey menambahkan bahwa bermain dengan SMG memiliki aspek yang menarik baginya baik dari segi mental maupun strategis. Dia secara khusus menyoroti perspektif ah fu dan sinergi yang dia bagikan dengan MidOne.

“Semuanya, sungguh. Hanya potongan-potongan di mana-mana. Yang terpenting adalah bagaimana seseorang memandang permainan tersebut, dan bagaimana permainan itu harus dimainkan, bagaimana gerakan-gerakan yang harus dilakukan. Sebagian besar berasal dari ah fu dan secara keseluruhan ah fu dan MidOne memiliki tampilan yang sangat mirip dalam game ini, tetapi saya merasa ah fu sendiri memiliki perspektif yang sangat bagus. Saya sangat menyukainya karena itu saya merasa ada peluang bagus di sini untuk bermain bersama dan mewujudkan sesuatu yang baik.”

Turut hadir dalam diskusi tersebut, BOOM, offlaner Secret, berkomentar bahwa MidOne telah memberikan kepercayaan diri yang besar kepada tim serta kepercayaan terhadap pendapat dan ide orang lain.

Puppey soal perbedaan MidOne antara tahun 2019 dan 2023
MidOne menjadi terkenal selama tiga tahun bertugas bersama Team Secret dari 2016 hingga 2019, di mana ia memenangkan Major dan turnamen penting lainnya. Sekarang Puppey kembali bersamanya setelah empat tahun, dia berkomentar tentang bagaimana karir MidOne telah mendewasakan dirinya melalui banyak situasi yang menantang.

midone team secret 028d4

“Maksud saya, dia sudah sedikit dewasa karena dia harus menjalani gaya hidup tidak menghadiri turnamen dan juga harus menjadi kapten timnya dan juga membuat timnya dan juga sedikit drama jadi itu membuat seseorang merasa rendah hati tapi juga - Aku tidak tahu.

Tentu saja, dia semakin tua sehingga waktu telah berlalu tetapi saya merasa dia langsung frustrasi dengan hal-hal yang terjadi selama waktu itu karena membuat sebuah tim membuat frustrasi. Sungguh membuat frustasi untuk terus menjadi kaptennya. Sungguh frustasi menghadapi drama dan hal-hal seperti itu jika semuanya salah Anda ketika semuanya hancur. Jadi, tidak semua orang bisa menghadapinya.”

Puppey dan MidOne akan menghidupkan kembali semangat yang hilang untuk bahupmembahu bersama roster Team Secret yang lebih muda kembali ke puncak. Permainan skuad kurang baik akhir-akhir ini, tetapi mereka bertujuan untuk meningkatkannya pada turnamen tingkat satu seperti DreamLeague Musim 22 dan BetBoom Dacha yang dijadwalkan dalam dua bulan ke depan. Well, layak dinanti bagaimana reuni ini bagi kiprah Team Secret di 2024. 

ligagame home of dota2 indonesia 7b308 c7191

Ikuti terus info terbaru seputar Dota2 dan berita esports terlengkap di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya:

Tundra Esports Rombak Roster, Whitemon Stay Ungkap Calon Rekan Baru

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!