SirActionSlacks Ingin Lebih Banyak Tutorial Dota 2 Untuk Komunitas

SirActionSlacks

Mendidik pemain baru Dota2, lalu...? Yeap, selama bertahun-tahun, salah satu keluhan utama seputar komunitas Dota 2 adalah bahwa game tersebut tidak memiliki tutorial yang komprehensif, yang melampaui dasar-dasarnya dan membantu pemain baru untuk benar-benar belajar dan menguasai game battle arena ini. Baru-baru ini Jake “SirActionSlacks” Kanner meminta komunitas untuk berkumpul dan membantu membuat tutorial Dota2 bagi calon pemain baru.

Harus diakui kalau Dota2 masih dianggap game paling bergengsi di jagad esports. Prize pool hadiah besar, persaingan bergengsi tim papan atas, scene pertempuran epic para pro player dan para legendaris, strategi hingga micro skill setiap hero dan tentu banyak lagi. Salah seorang caster yang kebetulan pernah "mencoba" berkarier sebagai pro player Dota2 pernah berbagi cerita. Menurutnya memang tidak mudah untuk mempelajari atau mulai bermain Dota2. Apalagi jika ingin meraih impian menjadi pro player. Berjam-jam latihan dan bermain, yang bahkan bisa menyita 2/3 waktu dalam sehari. Selanjutnya tentu mencari teman, lalu coba membantuk tim (tentu dengan modal materi yang  tak sedikti), hingga bergabung dengan organisasi yang sudah mapan.

inyourdream 1 d4a92

dota2 indo tournament d21e1

Well, seperti kita tahu, untuk di Indonesia, tim maupun organisasi yang tebrilang mapan di scene Dota2 pun bisa dihitung jari. Alhasil, dari sekian banyak yang mencoba meraih impian menjadi pro player, banyak yang lantas berguguran. Meski menepi, namun mereka tetap menjadi penikmat setia Dota2. Well, tak berlebihan jika sahabat saya tadi menyebut Dota2 sebagai "racun". Pertanyaannya sekarang, apakah Dota2 hanya akan "menciptakan" atau membentuk calon penonton saja? Keresahan ini juga menjadi benang merah yang ditarik oleh SirActionSlacks.

SirActionSlacks Ingin Lebih Banyak Tutorial Dota 2 Untuk Komunitas 6f30a

Status dan kedudukan Dota2 sebagai scene esports telah mapan dengan agenda turnamen rutin mulai dari tingkat regional hingga internasional. Belum lagi ribuan tourney komunitas. Putaran seri kometisi DPC , Major hingga ajang akbar TI (The International) seringkali mendadak memicu lonjakan pemain Dota2.

OG juara The Itnternational e68a4

Yes! Ketika hype dan demam menyaksikan para bintang bermain di ajang bergengsi, banyak player bermain Dota2 untuk, setidaknya, menikmati racun Dota2 yang sama. Namun, Slacks melihat kalau lonjakan jumlah pemain ini kebanyakan pemain lama yang kembali bermain daripada pemain baru. Ini tentu mengkhawatirkan. Yang perlu digarisbawahi adalah soal regenerasi. Tidak adanya player baru, menurut Slacks, membuat tim Valve berhenti mengerjakan sistem tutorial Dota2.

“Tidak ada pemain baru secara besar-besaran,” kata Slacks. “Kebanyakan orang yang bergabung ke Dota, menurut saya, diajak oleh teman atau pemain berpengalaman. Saya pikir itulah bagaimana mengajak teman untuk bermain Dota2 sebenarnya adalah cara mendapatkan pemain baru. ”

BACA JUGA: KuroKy Kapten Tim Nigma: Sistem Baru Dota Pro Circuit Bagus Untuk Penggemar

Di sisi lain, baru-baru ini Valve juga menyiapkan film DOTA: Dragon's Blood, sebuah anime yang berbasis Dota universe yang diproduksi bersama Netflix. Ini adalah beberapa kampanye nyata Valve di luar scene esports secara global yang bisa menarik banyak pemain baru ke dalam permainan.

Ini tentu sebuah momentum potensial untuk membuka pintu bagi mereka yang ingin bermain Dota 2. Namun, Dota2 adalah game dinamis yang berubah drastis setiap beberapa bulan, jadi tutorial standar tidak mungkin dilakukan tanpa tim khusus yang akan mengulanginya dengan setiap pembaruan besar, menurut Slacks. Inilah mengapa Slacks mendorong agar lebih banyak tutorial Dota 2 untuk komunitas.

siractionslacks 2e f2867

Ini termasuk mengajak pemain baru lewat chat, menunjukkan kepada mereka cara memilih panduan untuk pembuatan item, dan banyak hal lain yang perlu mereka ketahui sebelum masuk ke dalam permainan..

“Kita bisa saja menjadi bias, tapi tetap menyenangkan, dan kita bisa melakukan apapun yang kita inginkan karena kita adalah komunitas,” kata Slacks. Dan itu adalah satu-satunya cara yang sebenarnya untuk membuatnya berhasil.

 Untuk mencapai tujuannya mempersiapkan calon pemain DOta2, Slacks menyarankan adanya match mode melawan bot di meta saat ini. Slacks mengatakan dia ingin meluncurkan kampanye crowdfunding untuk membayar modder, artis, dan materi iklan lainnya untuk membuat tutorial, yang harus diselesaikan hanya dalam waktu singkat kurang lebih sebulan.

Salah satu kendala terbesar adalah saat ini Valve tidak mengizinkan pemain yang berkompetisi kurang dari 30 pertandingan untuk bermain di mode custom game. Untuk saat ini, Slacks telah membuat membuat crowdfunding sambil terus menerima umpan balik dari komunitas.

Ikuti terus info terbaru seputar Dota2 dan berita esports terlengkap di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian! 

Baca selanjutnya: 

Inilah Daftar Tim dan Jadwal Dota Pro Circuit ONE Esports Singapore Major 2021

 

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!