Leslao: Tidak Ada Batas Umur Untuk Player Dota 2 Profesional

by Zili
Leslao: Tidak Ada Batas Umur Untuk Player Dota 2 Profesional

Musim kompetitif Dota 2 di dunia mulai kembali. DPC regional sudah dijadwalkan akan dimulai serentak pada tanggal 9 Juni nanti. Dengan demikian pemain-pemain pun bersiap untuk melakoni musim baru yaitu Tour 3 DPC seluruh regional. Pemain yang bermain di DPC memang memiliki jenjang umur yang beragam. OG, sebagai pemenang Stockholm Major 2022 sendiri memang memiliki amunisi pemain muda, tetapi masuknya Sebastian “Ceb” Debs sebagai stand-in kembali mematahkan teori “Age Really Matters”. Pria berumur 30 tahun ini dengan sangat mengejutkan masih memiliki aura yang sama pada saat mereka memenangkan The Internantional 2019 lalu.  

Walaupun sudah memutuskan untuk pensiun, Sebastian “Ceb” Debs memutuskan untuk kembali dan membantu mantan timnya yaitu OG untuk berkompetisi bersama di gelaran Stockholm Major 2022. Hal ini pun dijelaskan oleh salah satu pemain dari tim Quincy Crew yaitu Rodrigo "LESLÃO" Santos. Ia beropini bahwa umur bukanlah suatu hal yang mempengaruhi performa suatu pemain profesional. Tidak ada bedanya dengan merekrut pemain muda dan pemain yang sudah cukup berumur. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing masing.

Pemain muda cenderung memiliki inovasi-inovasi yang fresh tetapi terkadang mentalnya belum siap untuk bertarung di kompetisi teratas. Sedangkan pemain veteran, mereka memiliki segudang pengalaman yang bisa digunakan didalam tim tetapi mereka miskin inovasi baru.

BACA JUGA: 

Hal tersebut ia jelaskan melalui livestream di laman twitch pribadinya. Ia secara pribadi memberikan opini bahwa umur bukanlah penimbang kapan karir suatu pemain Dota 2 harus berhenti.

LES-2_e8155.jpg

“I don’t think the younger you are the better you are. I don’t think it has to do anything with anything. I think age just doesn’t matter. Maybe the idea of teams like - oh maybe let’s pick up some new players because the way they look at the game is different than how old players look at the game. And that’s fine. That’s a good line of thought. Just because you are going to pick someone up because he is younger, you think he is a better player, it just doesn’t make any sense. That’s not how it works.”

“Saya tidak berpikir semakin muda Anda, semakin baik Anda. Saya tidak berpikir itu ada hubungannya dengan apa pun. Saya pikir usia tidak masalah. Mungkin ide tim seperti - oh mungkin mari kita ambil beberapa pemain baru karena cara mereka bermain sangat inovatif dan fresh, dan itu bagus. Itu pemikiran yang bagus. Hanya karena Anda akan memilih seseorang karena dia lebih muda, Anda pikir dia adalah pemain yang lebih baik, itu tidak masuk akal. Bukan begitu cara kerjanya.”

“I think the biggest difference with the age thing is that the older you get the less interest you have in the game. And the less you play, the less enthusiastic you are about it because you have other things to do in life.”

“Saya pikir perbedaan terbesar dalam hal usia adalah semakin tua Anda, semakin sedikit minat yang Anda miliki dalam permainan. Dan semakin sedikit Anda bermain, semakin tidak antusias Anda tentang hal itu karena Anda memiliki hal-hal lain untuk dilakukan dalam hidup.”

Ia juga menyinggung pemain-pemain veteran yang berhasil walaupun sudah menginjak umur kepala tiga seperti Clement “Puppey” Ivanov dan Kuro “KuroKy” Salehi. Walaupun demikian, mereka masih mampu bersaing di kompetisi teratas Dota 2 yaitu DPC regional Western Europe walaupun Nigma Galaxy harus terpaksa turun ke divisi 2 musim lalu.

Ikuti terus info terbaru seputar Dota2 dan berita esports terlengkap di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya:

Serba-Serbi The International 11 di Singapore, Jadwal dan Prediksi Harga Tiket

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!