Fenomena Serbuan Pro Player China Main di Server SEA, Ada Apa?

by Zili
Fenomena Pro Player China Yang Bermain di Server SEA

Akhir-akhir ini jagat netizen Dota 2 dihebohkan dengan pemain-pemain China yang berpindah haluan untuk bermin di server SEA. Hal ini disinyalir terjadi dikarenakan di server China banyak sekali kejadian “MMR Actor”. Istilah ini berarti ketika seseorang dengan sengaja mengalah untuk membuat salah satu orang di tim lain mendapatkan point MMR. Ini sama saja abusing dan sangat membuat para pemain di server China frustasi. Fenomena ini kian terus terjadi dan memaksa para pemain China untuk berpindah dari severnya sendiri dan merelakan bermain di ping cukup tinggi di server Asia Tenggara.

Hal ini bisa dapat kita lihat melalui livestream yang dilakukan oleh salah satu streamer Indonesia yaitu Rusman “Rusman” Hadi. Di perjalanannya menuju MMR 10.000, ia seringkali bertemu dengan para pemain pro China seperti Cheng "NothingToSay" Jin Xiang, Zhang “Faith Bian” Ruida dan kawan-kawan. Hal ini justru menjadi tantangan dan batu loncatan tersendiri bagi pemain pemain Asia Tenggara. Secara tidak langsung mereka dapat mempelajari dan mengerti cara bermain melawan tim tim China. Hal ini juga dikemukakan oleh sang midlaner muda asal Bandung yaitu Tri Daya "MamangDaya" Pamungkas. Ia sering kali bertemu Cheng "NothingToSay" Jin Xiang di livestreamnya.

BACA JUGA: Pemain Rusia Terancam Tidak Main di Arlington Major Texas, Apa Pasal?

Fenomena ini memang cukup merugikan banyak pemain Dota 2 di server China. Walaupun tidak semua pro player China pindah ke Asia Tenggara, tetapi jumlah pro player yang bermain di server Asia Tenggara memang cukup banyak. Keterbatasan bahasa menjadi salah satu halangan yang ditemui pemain asal Asia Tenggara ketika pemain asal China ini menjadi rekan satu timnya. Terkadang banyak sekali miss komunikasi yang terjadi diantara tim yang menyulitkan para pemain tersebut.

cHINA-2_38981.jpg

Para pemain tersebut juga bermain di server SEA untuk mempelajari playstyle yang pemain-pemain SEA jalani. Salah satu pemain dari PSG LGD yaitu Zhang “y`” Yiping sempat berbicara di salah satu interview bahwa ia bermain di server SEA untuk mendapatkan informasi tentang META di regionnal ini.

BACA JUGA: N0tail Ungkap Kapan Akan Kembali ke Scene Kompetitif Dota 2

”There are quite a few aspects to this. But, primarily there are two reasons.During the morning and afternoon, it is difficult to find matches on the chinese server. Also, there are a large number of high skill players in sea servers. So, we want to learn from their playstyle. There are some interesting ideas and unique playstyle.”

“Ada beberapa aspek dalam hal ini. Tapi, terutama ada dua alasan. Pada pagi dan sore hari, sulit untuk menemukan match di server Cina. Juga, ada sejumlah besar pemain dengan keterampilan tinggi di server Asia Tenggara. Jadi, kami ingin belajar dari gaya bermain mereka. Ada beberapa ide menarik dan gaya bermain yang unik.”

Setiap regional Dota 2 memang memiliki server khusus mereka sendiri. Tentu saja, China memilikinya sendiri dan pemain dari wilayah lain tidak dapat bermain di server CN. Tapi, pemain China bisa sebaliknya. Meskipun pemain pro SEA dan CN kadang-kadang bermain Liga regional Dota 2 bersama-sama, alasan sebenarnya untuk pemain Cina di server SEA tentu saja berbeda. Stay grind, stay green!

ligagame home of dota2 indonesia 7b308

Ikuti terus info terbaru seputar Dota2 dan berita esports terlengkap di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya:

3 Pro Player Dota 2 Asal Indonesia yang Sukses Jadi Streamer

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!