3 Pro Player Dota 2 Asal Indonesia yang Sukses Jadi Streamer

by Zili
3 Pro Player Dota 2 Asal Indonesia yang Sukses Jadi Streamer

Perkembangan zaman memang memaksa beberapa orang untuk terus memutar otak agar namanya tetap eksis di scene Dota 2, entah sebagai pemain pro player, analyst ataupun caster. Banyak para persona Dota 2 diseluruh dunia yang menggunakan platform YouTube ataupun Twitch agar tetap eksis dan tetap dapat menjalin komunikasi antar pro player dan fans. Salah satu persona Dota 2 yang sukses menjadi streamer setelah sukses menjadi pemain antara lain Topias Miikka "Topson" Taavitsainen, Wehsing "SingSing" Yuen dan juga Henrik "AdmiralBulldog" Ahnberg. Di Indonesia sendiri ada nama nama yang sukses menjadi pro player dan juga streamer.

Twitch, YouTube dan platform livestream lain memang sudah menjadi salah satu pemasukan sampingan untuk beberapa pro player di game lain seperti Mobile Legend, Valorant maupun PUBG : Mobile. Sudah banyak video-video yang membahas tentang fenomena ini. Pro player Dota 2 pun bak tidak ingin kalah, mereka pun akhirnya melakukan livestream secara rutin. Berikut adalah 3 orang pro player Dota 2 yang pernah, atau masih aktif di scene kompetitif yang akhirnya memutuskan untuk melakukan livestream secara regular. Check it out!

1. Rusman “Rusman” Hadi

Live-2_311ed.jpg

Salah satu persona paling sukses di YouTube Dota 2 saat ini adalah si carry bayangan alias Rusman “Rusman” Hadi. Setelah sukses melakukan subathon dengan durasi kurang lebih satu bulan, akhirnya dia memutuskan untuk membuat subathon part 2. Kesuksesan Rusman “Rusman” Hadi di dunia livestream memang dibilang sangat sukses. Dengan durasi stream yang bervariasi, ia bisa menghasilkan kurang lebih 5 sampai 10 juta perhari yang ia dapat dari Saweria para viewersnya. 2000-4000 viewers dapat ia kumpulkan setiap kali ia melakukan livestream di chnanel pribadinya.

Rusman “Rusman” Hadi sendiri pernah aktif menjadi pemain pro pada beberapa tahun lalu di tim rakasasa asal Indonesia yaitu Rex Regum Qeon. Ia sempat menjuarai beberapa turnamen lokal dan sempat bersaing di scene kompetitif South East Asia. Walaupun karirnya kurang secemerlang pemain-pemain lain seperti Matthew “Whitemon” Filemon atau Andrew "Drew" Halim, skill Rusman “Rusman” Hadi tidak dapat di sepelekan. Ia secara mengejutkan masih dapat bertahan di rank top 70 South East Asia ditengah kesibukannya menjadi livestreamer di YouTube chhanel pribadinya.

2. Muhammad “InYourdreaM” Rizky

Live-4_3d57e.jpg

The god of Indonesian Dota ini adalah salah satu pemain profesional Dota 2 yang saat ini sedang dibangku cadangkan di tim Nigma Galaxy SEA. Setelah sempat menghebohkan dunia Dota 2 seluruh dunia karena menolak ajakan OG, Muhammad “InYourdreaM” Rizky akhirnya kembali menjadi pro player setelah sempat beberapa tahun vakum. Ia bergabung dengan salah satu tim asal Dubai yaitu Nigma Galaxy SEA bersama dengan Tri “Jhocam” Kuncoro. Setelah sempat secara regular melakukan livestream, akhirnya Muhammad “InYourdreaM” Rizky sempat memutuskan untuk vakum livestream beberapa saat dan fokus melakukan grinding dan latihan demi menyambung DPC SEA Tour 3 2021/2022.

Muhammad “InYourdreaM” Rizky memang memiliki karir yang sangat gemilang. Ia sempat memasuki tim top dunia seperti Fnatic, TNC Tigers dan juga T1. Saat ini dia masih bertahan di top 20 rank Asia Tenggara dan selevel dengan nama nama top seperti Carlo "Kuku" Palad, Randy Muhammad "Dreamocel" Sapoetra dan Vincent "AlaCrity" Hiew Teck Yoong. Viewers yang dapat ia kumpulkan sekali livestream adalah sekitar 3000-5000 orang setiap kali livestream.

3. Randy Muhammad "Dreamocel" Sapoetra

Live-3_ed43a.jpg

Pemain profesional esentrik satu ini memang sudah memiliki fanbase yang lumayan besar. Setelah berhasil melakukan Subathon di YouTube, ia sekarang aktif menjadi salah satu streamer di platform Twitch. Ia memiliki base viewers yang cukup banyak yaitu sekitar 1000-2500 di YouTube dan 1000-1500 di Twitch. Saat ini ia bermain sebagai Stand In di tim Nigma Galaxy SEA menggantikan Babang Muhammad “InYourdreaM” Rizky.

Perseturuan yang terjadi antara Randy Muhammad "Dreamocel" Sapoetra dan Rusman “Rusman” Hadi memang masih menjadi topik yang kerap dibicarakan. Walaupun kejadiannya sudah berlangsung cukup lama, tetapi masih saja banyak komentar-komentar soal mereka ketika keduanya bermain ranked dan livestream bersama.  Walaupun demikian, keduanya sepakat untuk tidak membahas hal tersebut lagi dan fokus untuk bermain.

Kira kira streamer mana yang menjadi favorit LigaGamers? Apakah ada di list diatas? Stay grind, stay green!

Baca selanjutnya:

Dota 2 Player Highlights: Mikoto Indopride Sang Raja Midlaner SEA

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!