Fans CS2 Sambut Fitur Penyewaan Skin,  Berharap Jangan Menuju Model 'Langganan'  

Kini bukan lagi senjata, tetapi skin CS2  bisa disewa. Pemain dan penggemar CS2 Sambut Fitur Penyewaan skin yang hadir pada pembaruan Counter-Strike 2 pada 24 Mei. Tersedia dalam koleksi pertama sekuelnya, Kilowatt Case, pemain dapat menyewa skin selama seminggu dengan harga case dan kunci seharga $2,50 USD. Komunitas tampaknya menyambut model baru Valve ini dengan hati-hati.

Skin senjata telah menjadi tulang punggung model pendapatan Counter-Strike sejak 2013. Namun, hingga pembaruan Kilowatt Case, Anda harus mengeluarkan uang untuk kunci untuk membuka case demi mendapatkan skin senjata yang diinginkan—kecuali Anda membeli skin tertentu dari pasar komunitas atau situs web pihak ketiga. Bergantung pada tingkat drop skin tertentu dalam sebuah case, dan kemudian tingkat drop case itu sendiri, tidak jarang terlihat skin yang sangat dicari diperdagangkan dengan harga ratusan dolar. Sekarang, layanan penyewaan skin memungkinkan pelanggan mengakses semua skin dalam koleksi selama seminggu dengan harga tetap.

Fitur penyewaan skin untuk Kilowatt Case di CS2
Apakah Anda lebih suka menyewa atau membeli? Screenshot oleh Dot Esports
Pemain CS2 berbagi perspektif mereka tentang fitur yang baru diperkenalkan ini dalam thread di subreddit game pada 25 Mei. Sebagian besar mendukung model ini karena membuka kesempatan untuk bermain dengan skin langka yang baru dirilis dengan biaya nominal. Namun, pemain juga waspada terhadap "model langganan" yang mungkin memiliki dampak lebih luas pada ekonomi skin CS2 yang kompleks.

CS2 kilowatt case skin rental feature 863ff

"Saya melihat strategi di balik ini dan saya tidak menentang langganan selama saya masih bisa membeli dan memiliki apa yang saya inginkan," kata salah satu pemain. Bagaimanapun, skin—disewa atau tidak—tidak mengurangi pengalaman inti Counter-Strike. "Ini tidak mempengaruhi pengalaman saya sedikit pun, jadi saya pikir ini adalah tambahan yang bagus bagi mereka yang ingin menggunakannya," kata pemain lain, mengomentari dugaan penjagaan dari pedagang skin veteran yang disebutkan oleh penulis pos.

Sisi lain dari argumen ini juga memiliki bobot. "Ini adalah model langganan yang mungkin mengatur harga skin sehingga cukup turun," kata pemain lain. Jika permintaan turun, harga mungkin turun meskipun pasokan lebih sedikit. Ini mungkin mengakibatkan harga pisau menjadi semakin tidak masuk akal," kata seorang pemain, menarik dampak pada rasio penawaran-permintaan skin jika sistem penyewaan ini diterima oleh sebagian besar pemain CS2.

Kemudian, tentu saja, ada pandangan yang lebih distopian tentang perkembangan ini. Dalam video game dan lainnya, kita telah menyaksikan industri perangkat lunak secara keseluruhan cenderung fokus pada pendapatan berbasis langganan, mengabaikan model pembelian satu kali tradisional.

Meskipun skin Kilowatt Case masih dapat dibeli, beberapa pemain CS2 khawatir Valve akan bergerak ke arah itu.

Ikuti terus berita terbaru seputar CS:GO dan skena esports lainnya di Ligagame Esports! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian. 

Baca selanjutnya:

Inikah Skin Termahal CS2? Skin Ultra Rare AK 47 Ditaksir Senilai $1 Juta Setelah 10 Tahun Dirilis

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!